Pres Release

MENGAJI INDONESIA, ISLAM INDONESIA PENEBAR KEDAMAIAN 

UINSA Newsroom, Jumat (02/03/2018); Setelah sukses menggelar kegiatan bertemakan kebangsaan dengan tajuk UINSA Mengaji Indonesia pada Agustus 2017. Untuk kali kedua, UIN Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Kemeterian Agama RI akan menggelar kegiatan serupa bertajuk ‘Mengaji (Mengasah Jati Diri) Indonesia’, pada Senin, 5 Maret 2018 pukul 19.00 WIB. Diselenggarakan secara outdoor di Halaman Gedung Twin Towers UIN Sunan Ampel Surabaya, kegiatan ini menargetkan pengunjung sebanyak 7000 orang. Terdiri dari civitas akademika UIN Sunan Ampel Surabaya, Masyarakat umum, undangan dari unsur pemerintahan, dan tokoh masyarakat.

Disamping penyampaian kajian kebangsaan bersama tokoh-tokoh nasional, kegiatan yang mengangkat tema, ‘Islam Indonesia: Penebar Kedamaian ini juga akan diikuti rangkaian acara  launching UINSA Halal Center. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini antara lain KH. Ahmad Mustofa Bisri (Budayawan dan Guru Bangsa), Rosiana Silalahi (Direktur Pemberitaan Kompas TV), serta mewakili tuan rumah Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Abd. A'la, M.Ag. Bertindak sebagai host kegiatan ini adalah Menteri Agama RI, Drs. Lukman Hakim Syaifuddin

Helmi Umam, Ketua panitia pelaksana kegiatan Mengaji (Mengasah Jati Diri) Indonesia menyampaikan, kegiatan serupa akan dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan setiap tiga bulan sekali. Sebagai upaya menguatkan NKRI yang Agamis dan Pancasilais, dijelaskan Helmi Umam, kegiatan ini bertujuan menghubungkan keterlibatan perguruan tinggi dengan masyarakat luas melalui peran tri dharma. “Sebagai bentuk dialog kebangsaan, narasumber kegiatan ini memang adalah tokoh-tokoh nasional di Indonesia. Khususnya narasumber dengan reputasi sebagai tokoh pemersatu bangsa, guru bangsa, atau yang konsen pada isu-isu Pancasila dan kesatuan bangsa,” terang Helmi Umam.

Hal itu, menurut Helmi Umam, berangkat dari fenomena kebangsaan yang cukup rumit akhir-akhir ini. Percepatan informasi yang tidak terverifikasi melahirkan budaya baru yang dipenuhi berita bohong (hoax), sikap intoleran (extreme), serta perilaku kekerasan yang menajamkan ego sektarianisme. “Kondisi ini memaksa UINSA untuk melakukan langkah nyata membantu negara menjaga komitmen kebangsaan dengan cara memperkuat Indonesia yang rukun dan damai,” tegasnya.

Selain itu, UINSA melalui aset intelektual di bidang kajian Islam bisa dimanfaatkan guna meluaskan kampanye kesatuan bangsa sesuai dengan segmentasi Islam Indonesia. Terlebih menyadari bahwa Muslim Indonesia adalah yang terbesar di dunia. Sehingga kajian Ke-Islaman harus lebih bertanggung jawab menjamin perilaku muslim lebih konstruktif bagi bangsa. “Hal ini sebagaimana Seruan Pak Menteri (Menag RI, red) agar semua Perguruan Tinggi Agama Islam terlibat dalam penguatan Pancasila dan NKRI,” pungkasnya. (*)

 

Rundown dan Pengisi Acara

19.00-….

Musik Pra Acara

Komunitas Jaguar Nusantara, The Nazimiyya Whirling & Shalawat (Tari Sufi)

19.30-….

Pembukaan

Semua tamu disilahkan duduk di panggung utama. Seluruh acara diterjemahkan dalam bahasa isyarat (Bahasa Difabel)

 

Pembacaan Ayat Suci Al-Quran

Imam Baihaqi

Juara I MTQ Jawa Timur

Cabang Tuna Netra

 

Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars UINSA, Hymne UINSA,

Pembacaan bersama seluruh peserta dipandu petugas

 

Pembacaan Sholawat UINSA

Pembacaan bersama seluruh peserta dipandu petugas

 

Laporan Panitia

Wakil Rektor II

Dr. Zumrotul Mukaffa,M.Ag

 

Sambutan Rektor

Launching Halal Center UINSA

Prof. Dr. Abd A’la, M.Ag

 

Pembacaan Do'a

Prof. Dr. Ali Aziz, M.Ag

20.00-….

Acara Utama

Menteri Agama

Lukman Hakim Saifuddin

20.30-….

Rosianna Silalahi

Testimoni pengalaman seorang jurnalis tentang perdamaian dan kesatuan bangsa

20.50-….

Musik

Komunitas Jaguar Nusantara

21.00-….

Gus Mus

Ceramah Kebangsaan; Pelajaran perdamaian, motivasi persatuan dan kesatuan Umat Islam Indonesia

21.50-….

Closing Statemen Host

Statemen Penyimpul dari Bapak Menag, Puisi, dan Pesan Kebangsaan.

22.00-….

Musik Pengiring Pasca Acara

Komunitas Jaguar Nusantara, The Nazimiyya Whirling & Shalawat (Tari Sufi)

 

Konfirmasi Informasi

Ketua Panitia: M. Helmi Umam (081553641863/WA)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data