Uinsa > Penelitian & Pengabdian > Bantuan Penelitian > Kebijakan Penelitian (prioritas & Jenis)

Kebijakan Penelitian (Prioritas & Jenis)

Sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam, UIN Sunan Ampel berada di avant garde untuk melakukan studi tentang Islam dan perjalanannya. Tiap tahun UIN Sunan Ampel  terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, demikian pula cakupan area penelitian.

Sejak tahun 2014, Pusat penelitian memasukkan aspek Community Based Paticipatory Research (CBPR) sebagai salah satu metodologi yang dapat diakses oleh semua dosen. CBPR ini merupakan varian baru dan masih terus diujicobakan, di samping metodologi yang sudah lama akrab di komunitas dosen UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sehubungan dengan kerjasama UINSA Surabaya dengan Suppotring Islamic Leadership/Local Leadership Development (SILE/LDD) di bidang pengabdian kepada masyarakat (community engagement), maka  LPPM UIN Sunan Ampel Surabaya berusaha menjadikan proyek tersebut sebagai isu utama dalam beberapa proyek penelitian kita melalui riset Participatory Action Research (PAR).

Secara garis besar, beberapa isu-isu utama yang dapat dikembangkan dalam penelitian tahun 2015 adalah:
1.Isu dan topik penelitian di bidang community engagement, yakni isu riset yang dapat memperkuat posisi kelembagaan UIN Sunan Ampel Surabaya di bidang pengabdian masyarakat dengan berbagai varian pendekatan dan metodologi.
2. Isu dan topik di bidang pengembangan kelembagaan, keilmuan dan kapasitas UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai lembaga setelah bermetamorfosis menjadi universitas.
3. Isu dan topik di bidang riset internasional, yakni riset kerja sama dengan beberapa mitra baik lembaga maupun personal di dunia internasioanl yang pada akhirnya akan menjadikan dosen dan lembaga berproses secara internasioanl dengan adanya temuan dan sinergi dengan pergumulan keilmuan di tingkat internasional.


Pada tahun 2015, ada tujuh jenis penelitian di UINSA Surabaya,yaitu:
1. Penelitian  mahasiswa
2. Penelitian individual dosen dan pegawai  
3. Penelitian kolektif dosen bersama mahasiswa
4. Penelitian unggulan untuk dosen bersama  mahasiswa pascasarjana
5. Penelitian unggulan utama dosen
6. Penelitian kolaboratif internasional
7. Penelitian kompetitif lembaga

CONNECT WITH US