Full Funded NGO International Islamic Cultural Connect Malaysia*

Siti Alfia Ayu Rohmayanti - 27 Apr 2018

Oleh: Siti Alfia Ayu Rohmayanti/G94216132

Student Exchange memang memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap orang khususnya mahasiswa termasuk saya. Alhamdulillah di semester 4 ini, saya diberi kesempatan mengikuti program kunjungan belajar melalui Program Full Funded NGO International Islamic Cultural Connect ke Malaysia selama 3 hari yakni 24-26 April 2018. Sebenarnya program ini exclude biaya tiket pesawat tapi saya sangat bersyukur sekali pihak kampus memberikan bantuan pembayaran tiket pesawat

Saya berangkat dari Bandara Internasional Juanda pukul 08.45 WIB dan sampai sekitar pukul 12.00 waktu Malaysia, Kegiatan hari pertama adalah mengunjungi Masjid Puta di wilayah Persekutuan Putrajaya. Sebagaimana Rasulullah memberikan contoh, ketika hijrah ke Madinah pertama kali yang dilakukan adalah sholat. Setelah itu, agenda makan malam dilanjutkan pergi ke KLCC Park yang merupakan icon dari Negara Malaysia. KLCC Suriah ini letaknya tidak jauh dari tempat penginapan kami di Grand Palace Hotel.

Di hari kedua, kami bangun pagi untuk sholat shubuh kemudian sarapan dengan menu nasi lemak. Subhanallah, hotel ini menerapkan prinsip syariah, dimana tamu dilarang menyisakan makanan karena itu yang diajarkan dalam Islam. Usai sarapan, kami pergi berkunjung ke Bank Negara Malaysia. Agenda ini merupakan satu dari beberapa kegiatan yang sangat saya tunggu tunggu. Karena di tempat ini, saya mendapatkan banyak sekali ilmu yang sejalan dengan program studi saya yakni materi keuangan. Disini kami tidak hanya berkunjung namun juga terdapat materi seminar dengan tema investasi. Acara kemudian dilanjutkan ke Universitas Sains Islam Malaysia (USIM). Disana kami disambut salah satu cikguyang ternyata berasal dari Surabaya. Di USIM kita berdiskusi untuk beberapa saat dan dijamu dengan jajanan ringan, kemudian dilanjutkan perjalanan ke Masjid Nasional Malaysia dan sejenak memanjakan mata di Central Market.

Hari ketiga adalah hari terakhir. Kami memiliki agenda untuk sholat tahajjud kemudian melakukan kunjungan ke Universitas Islam Internasional Malaysia di Selangor dan mengikuti kuliah umum dengan tema “Wanita dan Fitnah”. Materi berjalan dengan sangat kondisional kemudian kami dijamu makanan khas timur tengah dan sekaligus sebagai closing and farewellbagi kami.

Meskipun ini adalah kunjungan pertama saya, namun Barakallah banyak sekali manfaat yang bisa didapat. Salah satu hal yang menarik, dimana saya bisa mempelajari Ke-Islaman di negeri sebelah di mentadaburi segala nikmat yang telah Allah anugerahkan. Semoga dilain waktu saya diijinkan kembali berkunjung dan menimba ilmu di negara lain. Semoga pula semakin banyak mahasiswa UIN Sunan Ampel yang diberi kesempatan seperti saya. Aamiin Allahuma Aamiin.

*Mahasiswi Semester 4 Prodi Ekonomi Syariah/ FEBI UINSA

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.