Warung Kopi di Dalam World Class University

Achmad Teguh Wibowo, MT - 05 Jul 2018

Saat ini warung kopi adalah salah satu tempat yang nyaman untuk kita menikmati secangkir kopi. banyak sekali warung-warung kopi yang ada di sekitar kita, dari mulai warung kopi ternama sampai warung kopi pingir jalan yang tentu saja berbeda eksklusifitasnya. Tidak terkecuali di dalam kampus, warung kopi selalu ada eksitensinya dimanapun tempatnya dan kapanpun jamannya.  

UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai kampus yang bermetamorfosis menjadi kampus yang unggul, kompetitif dan bertaraf internasional telah banyak melakukan terobosan-terobosan baik dibidang akademik maupun infrastruktur penunjang pendidikan. Kita bisa melihat bagaimana gedung twin tower yang menjulang tinggi dan sekarang menjadi simbol kebanggan civitas akademik uinsa. Kita juga bisa melihat gedung fakultas syariah dan hukum yang bediri megah tepat dibalakang twin tower, belum lagi gedung tarbiyah yang tampak agung dengan posisi ditengah-tengah kampus ini, belum lagi tambahan gedung lab intergrasi, sport center dll seolah-olah merubah kampus ini dari kampus biasa menjadi world class university. Walaupun kita tahu world class university tidak hanya ditunjukan dari pembangunan infrastruktur megah dan wah tetapi juga diiringi dengan pembangunan mental seluruh civitas akademiknya sehingga muncul sense of belonging dan sense of understanding.

Seluruh pembangunan tersebut alangkah bijaknya juga menyentuh ruang publik bagi civitas UINSA terutama warung kopi/kantin. Karena warung kopi merupakan tempat yang sangat cocok untuk mengenal dan berbaur bersama, di warung kopi juga kita bisa membicarakan semua hal, di warung kopi kita juga bisa mencari inspirasi dan diwarung kopi juga kita bisa mendapatkan informasi. Warung kopi di kampus ini sebenarnya sangat berjasa besar bagi kampus, kita tahu banyak lulusan dari kampus ini telah menjadi orang penting di daerahnya dan negara. Kita masih ingat bagaimana menteri pemuda dan olahraga saat ini (Bpk. Imam Nahrawi) pada waktu kuliah juga mendapatkan asupan nutrisi dari kantin mak yam, walaupun secara tidak langsung mempengaruhi nilai akademik beliau, minimal di warung kopi ini beliau mendapatkan asupan nutrisi dan menghabiskan secangkir kopi untuk terus dapat berkarya dan hasilnya sekarang beliau adalah salah satu menteri di kabinet kerja saat ini.

Alangkah bijaknya jika motto world class university juga mencakup perbaikan fasilitas warung kopi di kampus tanpa merubah tradisi yang ada. Karena di warung kopi lah secangkir kopi yang kurang lebih hanya bervolume 200 cc mampu dihabiskan dalam waktu berjam-jam. Interaksi sosial tanpa memandang kelas berjalan begitu alami. Di tempat ini lah sarana menjalin relasi, dari sekedar bicara politik omong kosong atau sumpah serapah skala rakyat jelata sampai tempat untuk menutup sebuah transaksi, apakah itu jual beli kendaraan, rumah, bahkan batu akik pun tak ketinggalan, dan juga kita bisa menjadi tempat para pegawai melarikan diri dari tekanan pekerjaan di instansi. Warung kopi menjadi sebuah tempat netral bagi siapapun yang mau menanggalkan uniformnya, apakah itu status sosial maupuan status religinya untuk bicara apapun, apakah itu serius maupun persoalan remeh temeh. Anda diperbolehkan untuk bercengkerama, bicara, bersenada gurau, tertawa, ataupun serius. Syarat nya anda cuma harus bayar apa yang sudah anda pesan. (http://indirabudianto.blogspot.com/2017/08/filosofi-warung-kopi.html)

Wallahu A'lam Bisshawab 

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data