17 TUJUAN INI BISA BUAT INDONESIA LEBIH MAJU

Moh.Ilham Anshory - 03 Sep 2018

Berikut 17 Tujuan SDGs tersebut :

Pada tanggal 25 september 2015, Kurang lebih 193 perwakilan Negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) hadir mengesahkan Agenda 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai momentum keberlanjutan dari platform Millennium Development Goals (MDGs) yang berakhir pada tahun 2015.

Dengan mengusung tema "Transforming Our World: The 2030 Agenda for Sustainable Development", SDGs yang berisi 17 Tujuan dan 169 Target merupakan rencana aksi global untuk 15 tahun ke depan (berlaku sejak 2016 hingga 2030), guna mengakhiri kemiskinan, melindungi lingkungan dan mengurangi kesenjangan. SDGs berlaku bagi seluruh negara (universal), sehingga seluruh negara tanpa kecuali negara maju memiliki kewajiban moral untuk mencapai Tujuan dan Target SDGs.

Indonesia bersama dengan negara-negara lain di dunia memiliki waktu selama 15 tahun sejak tahun 2015 untuk bisa mencapai manifesto SDGs. Artinya, Indonesia membutuhkan tiga kali pemilihan presiden untuk dapat mewujudkannya. Presiden Jokowi sendiri telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) SDGs Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Adanya perpres tersebut merupakan bentuk komitmen dukungan dalam pencapaian tujuan dan target SDGs.

Tidak Meninggalkan Satu Orangpun merupakan Prinsip utama SDGs. Dengan prinsip tersebut artinya 17 SDGs tidak akan bisa dijalankan hanya oleh seorang saja. Jadi perlu adanya kolaborasi dari semua elemen sosial baik dari pemerintah, NGO, akademisi dan pastinya seluruh lapisan masyarakat yang menginginkan Indonesia lebih baik. Jadi kalau bukan kita siapa lagi ?

Berbagai program untuk mempromosikan SDGs di Indonesia terus dilakukan agar tujuan dari program ini terwujud dan dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya program yang saya ikuti adalah Great Indonesian Leaders Summit (GILS) yang dilaksanakan oleh Inovator Nusantara pada tanggal 21-23 Juli 2018.

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data