HIKMAH TAHUN BARU HIJRIYAH

Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag. - 14 Sep 2018

Inilah ringkasan khutbah Syekh Abd Rahman Assudais di Mekah.Saya kedodoran mencatatnya, karena dibaca amat cepat, plus saya tidak mahir berbahasa Arab. Orang Mesir sebelah saya juga kesulitan mendengarkannya. Jika ada yang membetulkan, saya amat senang dan berterima kasih.

 

 

HIKMAH TAHUN BARU HIJRIYAH

Oleh: Syekh Abdur Rahman As Sudais

Disarikan dengan elaborasi oleh Moh. Ali Aziz

(www.terapishalatbahagia.net /malzis@yahoo.com)

Khutbah Jum’at Masjidil Haram,

Mekah, 07 September 2018 / 26 Dzulhijjah 1439 H pukul 24:00 WAS

 

 

Assalamu’alaikum wr wb.

 

            Bertakwalah kepada Allah dengan sungguh-sungguh, dan janganlah kamu mati kecuali telah menjadi muslim sejati (QS. Ali Imran [03]: 102).

            Kita wajib bersyukur, karena telah menyelesaikan haji dengan sukses (hajjun najihun). Dengan preStasi haji itu, kita harus terus berusaha menjadi muslim “ulul albab,” sebagaimana disebut Allah dalam surat Ali Imran [03] ayat 190-191, yaitu muslim yang memadukan kekuatan otak untuk berfikir tentang alam semesta dan kekuatan hati untuk meyakini dan menghayati agama.

            Berhati-hatilah dalam menjalani kehidupan, sebab setiap langkah kita disaksikan oleh Allah dan setiap tindakan telah ditentukan balasannya. Lebih-lebih pada masa akhir-akhir ini, yaitu meluasnya kekacauan dunia dalam berbagai bidang. Berpegang teguhlah pada Al Quran dan sunah Nabi-Nya agar kalian selamat dan dijamin tidak tersesat dalam keadaan apapun (lan tadhillu ba’daha abada).

            Untuk memasuki tahun baru yang sebentar lagi tiba, saya pesankan firman Allah, “Sungguh, Allah tidak akan merubah keadaan suatu masyarakat, kecuali jika mereka mau dan bertindak untuk berubah” (QS. Ar Ra’du [13]: 11). Kita harus berubah sebagai muslim yang lebih tangguh keimanan dan kuat keilmuan sehingga kita dan anak-anak kita tidak terpengaruh oleh dunia yang dikendalikan nafsu syahwat dan pola pikir yang menyesatkan. Itulah modal meraih kesuksesan dunia dan akhirat (as sa’adah fid dunya wal akhirah).

Tantangan kita semakin berat untuk pembebasan Masjidil Aqsha dari para penyerobot dan pembebasan Palestina dari penjajah yang jahat. Jangan berkecil hati, apalagi mundur, sebab kesungguhan kita meraih sesuatu mendatangkan petunjuk jalan dari Allah (walladzina jahadu fina lanahdiyannahum subulana) (QS. Al Ankabut [29]: 69). Allah juga menjamin, “Sungguh Allah selalu membela orang-orang yang melalukan kebaikan” (Innallaha lama’al muhsinin).

            Memasuki tahun baru hijriah, kita pasti ingat pesan Nabi kepada Abu Bakar yang cemas dalam gua Tsur ketika berhijrah menuju Madinah, yaitu:

 LA TAHZAN INNALLAHA MA’ANA (Jangan bersedih, jangan gelisah! Sungguh, Allah pasti bersama kita) (QS. At Taubah []09: 40). Ayat inilah yang harus menyemangati kita. Basahilah bibir kita dengan shalawat, sebab Nabi SAW bersabda, “Barang siapa membaca satu shalawat untuk saya, maka Allah akan memberinya sepuluh rahmat.”

 

 

 

KHUTBAH KEDUA

 

            Bertaqwalah kepada Allah, sebab pasti kelak kamu akan dikembalikan kepada-Nya dan harus bertanggungjawab atas semua perbuatanmu (wattaquu yauman turja’una fihi ilallah).  Semoga Allah memberi balasan terbaik untuk Raja Arab Saudi yang yang telah mewakafkan dirinya sebagai perawat Masjidil Haram dan Masjid Madinah, pusat tujuan terbesar bagi muslim sedunia dan memberi pelayanan terbaik kepada para tamu Allah (Allahummajzihi khairal jazaai likhadimil haramain).

            Berpuasalah pada bulan tahun baru itu. Nabi SAW bersabda, “Puasa terbaik selain Ramadhan adalah puasa bulan Muharram.” Semoga melalui doa kita, Allah membebaskan penderitaan saudara kita di Iraq, Syiria, Yaman dan memberi kekuatan para pemimpin Islam di manapun berada dalam memimpin rakyatnya. Semoga Allah menjadikan haji kita mabrur dan semua pehaji pulang dengan selamat dan bahagia. Semoga juga putra-putri kita meraih kesuksesan dunia dan akhirat.

 

CATATAN:

Pada rakaat pertama, As Sudais membaca Surat Wal Ashr dan Surat An Nashr pada rakaat kedua.

 

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data