ENJOY for YOUR HEALTH : Hidup Sehat Mulai Dari Kita

Dwi Rukma Santi, SST., M.Kes - 09 Nov 2018

 

ENJOY for YOUR HEALTH : Hidup Sehat Mulai Dari Kita   

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 pada tanggal 12 November 2018 merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif. Tema tahun 2018 adalah “AKU CINTA SEHAT ” Tema tersebut sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, yaitu mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Saat ini, sebagian orang masih beranggapan bahwa kesehatan itu tidak penting dan mereka baru sadar bahwa kesehatan sangat berharga bila sudah jatuh sakit. Pada saat sakit itulah ia benar-benar merasakan kehilangan nikmat sehat.

Sebagai contoh, gaya hidup orang jaman sekarang ini disebut sebagai gaya hidup pragmatisme (gaya hidup serba instan), yakni seseorang lebih menyukai hal-hal yang praktis, tidak repot dan cepat saji. Gaya hidup yang demikian misalnya mengonsumsi makanan siap saji (fast food, soft drink), penggunaan bumbu penyedap yang mengandung bahan kimiawi sintetis serta bahan pengawet, sangat tidak baik bagi kesehatan. Kandungan bahan pengawet sedikit demi sedikit akan menumpuk dalam tubuh dan menimbulkan penyakit di kemudian hari. Menurut pakar kesehatan Andrew Weil, m.d., tubuh manusia seperti mesin yang terdiri dari suku cadang dan pendukungnya. Sebagian besar “suku cadang“ tubuh kita dirancang layak pakai, bergaransi atau produktif dan tidak bermasalah selama 80 tahun, asalkan syarat dasar bagi pemeliharaan dan pencegahan ditaati. Kini, gaya hidup yang serba santai, anak-anak di dunia modern duduk khusuk berjamaah di depan tv, gadget atau video game playstation, sambil mengunyah jajanan renyah sehingga mereka tumbuh obesse (gemuk). Akibatnya, kini fenomena anak berusia di bawah 10 tahun menderita diabetes mellitus tipe 11 mulai bermunculan.

Semua manusia pasti menginginkan tubuh yang sehat. Sebagai umat islam, kita juga harus bangga dan bersyukur karena mempunyai sosok manusia terbaik dan teladan yang dapat kita contoh dalam segala kegiatan apapun yang beliau lakukan. Beliau adalah Rasulullah SAW yang telah Allah utus untuk menyampaikan ajarannya yaitu agama Islam. Salah satu ajaran beliau yang begitu berharga salah satunya adalah mengajarkan bagaimana cara hidup sehat menurut Islam. Rasulullah sangat menjaga kesehatan tubuhnya. Rasulullah SAW telah memberikan contoh hidup yang sehat, sebagaimana firman Allah SWT, yang artinya: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al Ahzab 33:21).

Berikut ini adalah cara hidup sehat menurut islam yang dicontohkan Rasulullah SAW:

  1. Memakan makanan yang halal dan baik

Rasulullah mengajarkan kepada kita untuk memakan makanan yang halal juga baik seperti: buah-buahan (buah tin, kurma, delima, anggur, zaitun), ikan laut segar, daging, madu, susu dan gandum. Pada waktu pagi hari, beliau sarapan dengan segelar air yang dicampur dengan sesendok madu. Madu sangat kaya akan manfaat, selain dapat menjaga daya tahan tubuh, juga dapat menjadi obat bagi segala macam penyakit. Berdasarkan penelitian, madu dapat menyembuhkan sembelit, membersihkan lambung, menyembuhkan wasir, peradangan dan lain-lain. Ketika telah masuk waktu dhuha, Rasulullah SAW makan dengan tujuh butir kurma ajwa. Mengonsumsi kurma selain dapat menyehatkan juga dapat menangkal dan menetralisir racun.

  1. Tidak berlebihan ketika makan

Mungkin tidak semua orang bisa makan dengan beberapa suapan seperti halnya Rasulullah. Imam Syafi’i menjelaskan bahwa Imam Asy-Syafi’I rahimahullah menjelaskan bahwa “kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, sering tidur dan lemah untuk beribadah”. Makan yang berlebihan akan mengganggu sistem pencernaan dan sistem saraf.

  1. Tidur di awal malam dan bangun di akhir malam

Waktu tidur yang ideal adalah 8 jam. Dalam pembagiannya dari 24 jam, untuk 1 hari dan 1 malam, 1/3 digunakan untuk bekerja, 1/3 digunakan untuk beribadah dan 1/3 digunakan untuk istirahat (tidur yang cukup). Berdasarkan hasil penelitian,  pada waktu 1/3 malam adalah waktu pengeluaran hormon endorfin (kebahagiaan) dan hormon cinta lainnya.

  1. Berolahraga secara rutin

Rasulullah SAW adalah sosok yang gemar berolahraga, bahkan beliau mengajak istrinya Aisyah r.a dan menganjurkan anak-anak untuk dilatih memanah, berkuda dan berenang. Selain olahraga berkuda, memanah dan berenang, beliau juga melakukan jenis olahraga lain.

  1. Rajin berpuasa sunnah

Beberapa puasa yang biasa dilakukan Rasulullah yaitu puasa senin kamis, ayyamul bidh ( 3 hari dalam sebulan) atau puasa daud (puasa selang-seling). Berdasarkan penelitian, banyak manfaat yang akan didapatkan ketika berpuasa, selain menyehatkan, puasa juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti : gangguan lambung (maag), diabetes, hipertensi, dan sebagainya.

Masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat dibutuhkan baik di pusat maupun daerah. Kebiasaan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran segar dapat membantu untuk mencegah berbagai penyakit menular (PM) maupun penyakit tidak menular (PTM).  AYO HIDUP SEHAT MULAI DARI KITA!

 

 

 

Referensi :

-          Kemenkes RI. 2018. Buku Panduan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 Tahun 2018. Jakarta

-          JBSB Cahyono. 2008. Gaya Hidup dan Penyakit Modern. Jakarta : Penerbit Kanisius

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data