KUNJUNGAN KAMPUS, WAREK I UINSA TEGASKAN NALAR KEISLAMAN

- 01 Mar 2018


UINSA Newsroom, Kamis (01/03/2018); Paradigma Integrated Twin Towers UINSA menjadi semangat utama dan mendasar peralihan status UIN Sunan Ampel Surabaya dari IAIN SA. Salah satunya adalah berupaya mengintegrasikan dua rumpun keilmuan yang kerap dianggap memiliki dikotomi, yakni sains dan keagamaan. “Yang ingin dikembangkan UINSA adalah Nalar Ke-Islaman, bukan Islamisasi Keilmuan. Sebab kami percaya, ilmu sejatinya satu,” ujar Dr. H. M. Syamsul Huda, M.Fil.I., Waki Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Sunan Ampel Surabaya dalam kunjungan sekolah yang digelar pada Rabu, 28 Februari 2018 di Gedung Amphiteather Lt. 2 Twin Towers.

Nalar Ke-Islaman, menurut Drs. Syamsul Huda, adalah bagaimana setiap keilmuan dipelajari, dikembangkan, serta diaplikasikan dalam kehidupan dengan landasan nilai-nilai keagaman. Sebab, dikotomi keilmuan menjadikan pengetahuan diterima secara timpang. “Kita saja berdoa fiddunya hasanah wal fil akhiroti hasanah. Lalu bagaimana kita dipaksa hanya belajar keilmuan umum dan meninggalkan keagamaan atau sebaliknya?” terang Dr. Syamsul Huda. Berdasar pada pemikiran tersebutlah, UIN Sunan Ampel Surabaya dengan Paradigma Integrated Twin Towers melihat keilmuan baik sains maupun keagamaan sebagai satu rumpun yang dikembangkan secara intergratif.

Disamping itu, kunjungan yang berjumlah sekitar 150 orang tersebut berasal dari dua sekolah. Yakni SMA Tarbiyatul Ulum (SMATU) Pekuwon Rengel Tuban sebanyak 120 Orang dan SMA Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo 30 Orang. Kunjungan yang digelar sekitar dua jam ini dipungkasi pukul 12.15 WIB usai sesi paparan dan tanya jawab bersama bersama siswa/siswi dan dewan guru. Mewakili pihak sekolah, M. Arifin, Wakil Kepala Sekolah SMATU Tuban menyampaikan harapan kepada anak-anak didiknya agar memanfatkan kesempatan kunjungan dengan sebaiknya. “Kami menyampaikan terima kasih kepada pihak UINSA yang dengan tangan terbuka menerima kunjungan dari sekolah kami. Semoga kiranya silaturahmi ini membawa manfaat,” ujar M. Arifin.

Lebih lanjut dalam paparan mengenai UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. Syamsul Huda juga menjelaskan dengan gamblang berbagai perubahan yang terus dilakukan. Baik dalam hal pembangunan fisik maupun tata kelola perguruan tinggi. Upaya pembangunan infrastruktur misalnya, telah dibangun berbagai fasilitas perkantoran dan perkuliahan di kampus yang berlokasi di Jl. A. Yani No. 117 Surabaya ini. Selanjutnya, dalam waktu dekat pembangunan kampus dua di wilayah Gununganyar pun akan segera direalisasikan.

Kaitannya dengan penerimaan mahasiswa baru tahun 2018, Dr. Syamsul Huda tak lupa juga menyampaikan berbagai peluang yang bisa dicoba siswa yang hendak mendaftar ke UIN Sunan Ampel Surabaya. Mulai dari jalur SNMPTN, SBMPTN, SPANPTKIN, UMPTKIN, dan Mandiri. Disamping beragamnya jalur penerimaan maba, sebagaimana disampaikan Dr. Syamsul Huda, UIN Sunan Ampel Surabaya juga memberi kesempatan bantuan pendidikan bagi mahasiswa berprestasi dan atau kurang mampu melalui Beasiswa. Jenis beasiswa yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari Bidikmisi, prestasi akademik dan non akademik, Tahfidz, dan lain-lain.

“Kalau anda bertanya bagaimana cara masuk UINSA tapi nilainya tidak tinggi. Jujur saya tidak punya formula untuk itu. Sebab dari sekitar empat ribuan lebih mahasiswa yang kita terima, semuanya melalui proses seleksi. Pesan saya, jangan berpikir bahwa kita tidak bisa. Otak kita itu luar biasa lho. Tidak ada yang namanya bodoh, yang dan itu kita malas,” tegas Dr. Syamsul Huda memotivasi. (Nur/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data