SAMBUT KEGIATAN MI 2018, UINSA GELAR PRESS CONFERENCE

- 02 Mar 2018


UINSA Newsroom, Jumat (02/03/2018); Kendati hujan deras mengguyur, tak mengikis semangat para wartawan menghadiri konferensi pers yang digelar UIN Sunan Ampel Surabaya, Jumat, 2 Maret 2018.  Jumpa pers yang diadakan di Ruang Layanan Informasi Gedung Twin Tower A Lt. 1 tersebut dalam rangka menyambut kegiatan ‘Mengaji (Mengasah Jati Diri) Indonesia’ yang akan diselenggarakan pada Senin, 5 Maret 2018 pukul 19.00 WIB. Diselenggarakan secara outdoor di Halaman Gedung Twin Towers UIN Sunan Ampel Surabaya, kegiatan ini menargetkan pengunjung sebanyak 7000 orang. Terdiri dari civitas akademika UIN Sunan Ampel Surabaya, Masyarakat umum, undangan dari unsur pemerintahan, dan tokoh masyarakat.

Hadir dalam acara konferensi pers tersebut Muchammad Helmi Umam, S.Ag, M.Hum selaku Ketua Panitia Mengaji Indonesia, Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Abd. A’la, M.Ag., dan Dr. Sanuri, S.Ag., M.Fil.I. mewakili Ketua UINSA Halal Centre (UHC).

Helmi Umam dalam pembukaannya memaparkan, bahwa kegiatan Mengaji Indonesia merupakan kegiatan jilid dua dari UINSA Mengaji Indonesia yang pernah digelar UIN Sunan Ampel Surabaya pada Agustus 2017 lalu. Acara tersebut berubah nama setelah pihak Kementerian Agama RI tertarik dengan model kegiatan dan berkehendak menjadikannya sebagai Program Kemenag RI secara nasional.

Rencananya, lanjut Helmi Umam, ‘Mengaji Indonesia’  (MI) ini akan disebarluaskan sebagai Program Resmi Perguruan Tinggi Agama Negeri maupun Swasta di seluruh Indonesia. “Sebagai bentuk legalisasi dari kementerian agama maka, selanjutnya kegiatan Mengaji Indonesia akan diikuti Perguruan Tinggi lainnya, dan dilakukan setiap tiga bulan sekali ini,” ujar Helmi Umam.

Ditambahkan Prof. A’la, bahwa kegiatan MI adalah program yang sangat signifikan dengan keadaan Indonesia saat ini. “Indonesia itu kaya akan bangsa, kaya akan kearifan lokal, Indonesia juga negara yang paling taat beragama. Tetapi NKRI sudah menjadi perjanjian antar anak bangsa, kita harus paham betul tentang Indonesia,” jelasnya.

Disamping itu, dalam satu agenda pendukung kegiatan ‘Mengaji Indonesia’, UIN Sunan Ampel Surabaya juga akan menyelenggarakan Seminar Launching UINSA Halal Center (UHC). Dr. Sanuri menjelaskan, bahwa UHC dibentuk sebagai upaya UIN Sunan Ampel Surabaya membantu pemerintah dalam mengimplementasikan UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan produk Halal. Baik dalam hal riset dan pengembangan berdasarkan kajian mengintegrasikan sains dan Islam terkait produk, proses, manajemen, promosi, edukasi, dan life style halal. “Beberapa jenis layanan yang kita sediakan diantaranya pengujian, riset produk halal, peningkatan SDM, konsultasi, serta halal care. Kedepan, cakupan kerja UHC meliputi bidang riset, makanan, fashion, pendidikan, komunikasi, wisata, dan ekonomi,” terang Dr. Sanuri.

Selain itu, terkait kegiatan MI 2018, akan hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini antara lain KH. Ahmad Mustofa Bisri (Budayawan dan Guru Bangsa), Rosiana Silalahi (Direktur Pemberitaan Kompas TV), serta mewakili tuan rumah Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Abd. A'la, M.Ag. Bertindak sebagai host adalah Menteri Agama RI, Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin.

Dalam kesempatan berbeda, Helmi Umam menyampaikan, Kegiatan MI dilatarbelakangi keprihatinan akan fenomena kebangsaan yang cukup rumit akhir-akhir ini. Percepatan informasi yang tidak terverifikasi melahirkan budaya baru yang dipenuhi berita bohong (hoax), sikap intoleran (extreme), serta perilaku kekerasan yang menajamkan ego sektarianisme. “Kondisi ini memaksa UINSA untuk melakukan langkah nyata membantu negara menjaga komitmen kebangsaan dengan cara memperkuat Indonesia yang rukun dan damai,” tegasnya. (Luk/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data