KUNJUNGAN DARI FILANDIA, UINSA SIAP KEMBANGKAN HOLISTIC EDUCATION

- 06 Mar 2018

UINSA Newsroom, Selasa (06/03/2018); Peningkatan kualitas dan mutu pembelajaran di perguruan tinggi dapat dilaksanakan melalui penguatan kemitraan baik skala nasional maupun internasional. Untuk tujuan yang sama, Selasa, 6 Maret 2018 UIN Sunan Ampel Surabaya mendapatkan kunjungan dari Allan Schneitz, salah seorang Koordinator Konsultan Pendidikan Filandia untuk Asia dan tim. Kunjungan tersebut disambut langsung Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Abd. A’la, M.Ag. Mendampingi, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag, Wakil Dekan Bidang Akdemik dan Kelembangaan FTK Dr. H. Saiful Jazil, M.Ag., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FTK Dr. Munawir, M.Ag., Wakil Dekan Bidang Akdemik dan Kelembangaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Dra. Imas Maesaroh, Dip.IM-Lib., M.Lib., Ph.D., Kepala Laboratorium FTK Dr. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag, Konsultan Program Comunity outrech dari SILE Drs. H. Nadhir Salahuddin, MA, Perwakilan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam FDK Dr. Ries Dyah Fitriyah, M.Si, dan Tim dari Laboratorium FTK UINSA.

Agenda kunjungan tersebut antara lain diskusi dan tukar pengalaman terkait strategi dan upaya memajukan madrasah, peningkatan budaya literasi di masyarakat serta kemajuan pendidikan di Indonesia maupun di Filandia.  Diskusi diawali dengan presentasi kegiatan Laboratorium FTK dari Kepala Laboratorium FTK Dr. Evi Fatimatur Rusydiyah, M. Ag. Dalam pemaparannya, Dr. Evi menjelaskan tentang program-program Laboratorium FTK penguatan pendidikan dan literasi yang telah dilaksanakan. Diantaranya (1) Program PPL 1 yang menggunakan rehersal model sebagai hasil adaptasi short course ke MSU (Michigan University) Michigan Amerika; (2) Program PPL 2 yang menggunakan converence model sebagai hasil adaptasi short course ke MSU (Michigan University) Michigan Amerika; (3) Kegiatan pengembangan reading assessment berbasis android; (4) Kegiatan pengembangan buku berjenjang yang telah mengahasilkan 77 buku yang memeiliki karakteristik berbasis NKRI dan ramah anak; (5) Kegiatan pengembangan teacher development dan training kepada kepala madrasah dan kepala sekolah, serta guru Mitra, dan (5) Pelaksanaan KKN Literasi dengan menggunakan metode ABCD sebagai keunggulan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sementara itu, dalam diskusi tersebut Allan Schneitz memaparkan, Paradigma pendidikan Finlandia yang bersifat holistic education sebagai pendekatan. Sehingga antara pencapaian kognitif, sikap, dan ketrampilan menjadi satu kesatuan. Hal tersebut berbeda dengan pelaksanaan pola pendidikan di Indonesia yang masih bersifat kognitif. Pencapaian target nilai, prestasi yang baik diukur pada lulus dan tidak lulusnya jenjang pendidikan.

“Salah satu kunci sukses literasi di Finlandia adalah penerapan holistic education, kegiatan menumbuhkan gemar  membaca dilakukan secara konsisten, melalaui kegiatan di sekolah dan keluarga tidak hanya dalam bentuk pembelajaran, namun juga pembiasaan,” ujar Allan Schneitz memaparkan. Selain itu, lanjut Allan Schneitz, kegiatan pembelajaran tidak hanya dilakukan dengan satu macam kegiatan. Namun berbagai macam kegiatan yang didesain dalam kegiatan kelas dan luar kelas.

Adapun rencana tindak lanjut dari hasil diskusi tersebut akan dilaksanakan mini workshop tentang bagaimana penerapan holistic education dilakukan dan bagaimana impact-nya sebagai hasil pendidikan. “Mini workshop tersebut rencananya akan dilaksanakan pada saat kunjungan kedua Allan Schneitz yang direncanakan pada  kisaran tanggal 13 sd 16 Maret 2018 dengan materi yang diramu dari hasil pertemuan hari ini dengan materi penerapan holistic education,” ujar Dr. Evi. (Syahru dan Desy- Tim Lab FTK)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data