MENUJU ZONA INTEGRITAS, UINSA UPGRADE SDM PEGAWAI

- 10 Mar 2018


UINSA Newsroom, Jumat (09/03/2018); Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dalam bidangnya menjadi kebutuhan primer lembaga. Sebab, SDM akan menjadi penentu keberhasilan lembaga dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi). Dalam rangka memberikan pemahaman serta pemantapan akan tupoksi inilah, UIN Sunan Ampel Surabaya kembali menggelar Diklat Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Tahun 2018, dalam rangka pembangunan zona  integritas, Kamis-Sabtu, 8-10 Maret 2018.

Setelah sebelumnya kegiatan serupa digelar di Kaliandra Eco-Resort & Organic Farm, Prigen, Pasuruan, kali ini kegiatan digelar di Ubhaya Training Centre (UTC), Trawas, Mojokerto. Diklat gelombang kedua bagi Pegawai dengan Jabatan Fungsional Umum (JFU) ini diikuti sebanyak 107 JFU dari berbagai formasi di UIN Sunan Ampel Surabaya. Para JFU ini pun terbagi dalam tiga kelompok kelas, yakni Pelatihan Pelayanan Prima, Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP), dan Sistem dan prosedur Pertanggungjawaban Keuangan. Hadir sebagai narasumber dalam diklat ini utusan dari Badan Diklat Prov. Jatim. Antara lain, Dra. Tutik Purwaningsih, M.Si., Ramliyanto, S.P., M.P., dan A. Kustoro Yuni D., S.E., M.A.

Dr. Hj. Zumrotul MUkaffa, M.Ag., dalam laporan mewakili panitia menyampaikan terkait teknis kegiatan. Salah satunya, kegiatan pra diklat yang diisi dengan Pendalaman Terapi Shalat Bahagia bersama Prof. Dr. H. Ali Aziz, M.Ag. Kemudian workshop sebagaimana pembagian kelas, serta beberapa kegiatan pendukung guna melatih pengetahuan dan kekompakan peserta diklat. “Kegiatan ini penting dalam rangka penguatan kompetensi sesuai tupoksi. Harapan kami, setelah pulang dari diklat ini, Bapak/Ibu bisa berkinerja lebih baik sesuai tupoksi,” ujar Dr. Zumrotul dalam sambutannya.

Sementara itu, mewakili Badiklat Prov Jatim, Nawang Ardianti, SH., MSi., menyampaikan terima kasih pada UIN Sunan Ampel Surabaya kaitannya dengan kerjasama dengan Badiklat Prov. Jatim. Nawang berharap, melalui kegiatan tersebut tujuan bersama dalam upaya terciptanya Good Governance dalam birokrasi dapat tercapai. “Dengan kemitraan yang kita miliki ini tentunya akan semakin memperkaya kazanah kita serta mentransfer knowledge yang dimiliki,” ujar Nawang.

Tak hanya itu, dijelaskan Nawang, kemitraan dengan UIN Sunan Ampel Surabaya juga merupakan bagian dari upaya mempercepat tercapainya kategori smart birokrat yang ditargetkan pada 2025. Dimana Badiklat dalam fungsinya, bertugas sebagai Provider Facilitator dalam mengatasi kesenjangan kompetensi di setiap lembaga. “Kesenjangan harus diatasi. Tenaga yang mumpuni pun harus segera dipersiapkan,” tegas Nawang.

Senada dengan Nawang, Prof. A’la juga berharap, agar melalui diklat ini kompetensi SDM Pegawai UIN Sunan Ampel Surabaya semakin meningkat. “Dalam hal tata kelola birokrasi, kita tentu sadar bahwa kita masih kalah dengan negara tetangga. Karenanya, melalui kegiatan ini, kita berharap agar ada reformasi birokrasi dalam hal managemen maupun pelayanan publik,” ujar Prof. A’la.

Sebelum memungkasi sambutan dalam ceremony pembukaan, Prof. A’la berpesan kepada segenap peserta, agar sebaik mungkin memanfaatkan kesempatan diklat ini untuk mengasah jati diri guna mencapai kinerja yang lebih baik. “UINSA bukan milik perorangan atau kelompok. UINSA adalah milik negara yang harus kita jaga. Dan hal itu, tidak mungkin kita lakukan sendiri. Kita harus bekerjasama. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari karakter kita yang tidak pernah puas dengan ilmu. Ini adalah bagaimana kita merasa diri kita banyak kekurangan sehingga perlu terus banyak belajar,” pungkas Prof. A’la. (Nur/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data