INTEGRITAS, KUNCI SUKSES BERPRESTASI

- 06 Apr 2018

UINSA Newsroom, Jumat (06/04/2018); Usai ceremony pembukaan di Ruang Sidang Senat Lt. 9 Twin Towers A UIN Sunan Ampel Surabaya, rombongan UIN Mataram dipandu dalam kegiatan City Tour, ziarah ke Makam Sunan Ampel dan Jembatan Suramadu. Malam harinya, para peserta beserta pendamping secara khusus disambut Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Abd. A’la, M.Ag. Dilanjutkan sesi materi bersama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. H. Ali Mufrodi, MA., yang digelar di Hall Lt. 5 Hotel GreenSA Inn Surabaya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Mataram, Dr. H. Nurul Yakin, M.Pd. dalam sambutan pembukaan menyampaikan harapan agar melalui kegiatan student mobility, para mahasiswa memiliki tambahan pengetahuan. Khususnya dalam pengembangan soft skill. Sebab, disamping hard skill yang didapat melalui belajar dan mendengar, soft skill menjadi kunci utama kesuksesan seseorang. “80% kesuksesan seseorang itu adalah karena soft skillnya,” tegas Dr. Nurul.

Salah satu bentuk soft skill, menurut Dr. Nurul, yang perlu dikembangkan mahasiswa adalah praktek keilmuan serta kecerdasan emosional. Khusus mengenai kecerdasan emosional, Dr. Nurul menegaskan, bahwa akhlaqul karimah harus menjadi hal yang dijunjung tinggi mahasiswa. Karena dengan adanya akhlaqul karimah seseorang akan dihargai dalam kehidupannya. “Orang hebat bukan karena ilmunya, tapi karena akhlaqnya. Sebab, mereka yang berilmu tapi tidak ber-akhlaqul karimah niscaya Allah akan menutup keilmuannya. Begitupun, mereka  yang berilmu kurang tapi punya akhlaqul karimah akan ditutupi oleh Allah ketidaktahuannya,” ujar Dr. Nurul.

Senada dengan apa yang disampaikan Dr. Nurul, Prof. A’la dalam kesempatan tersebut menambahkan, pentingnya seseorang menjaga akhlaqul karimah atau yang disebut dengan Integritas. Sebagai calon pemimpin masa depan, tegas Prof. A’la, integritas menjadi modal kuat meraih setiap mimpi di masa depan. “Kita semua musti bersyukur, bahwa adik-adik adalah satu dari sekian banyak mahasiswa yang diberikan kesempatan terbaik. Syukur tidak cukup dengan mengucap Alhamdulillah tapi harus dibuktikan dengan menggunakan kenikmatan tersebut dengan sebaik-baiknya,” tutur Prof. A’la.

Lebih lanjut, disampaikan Prof. A’la, bahwa kunci keberhasilan seseorang bukanlah kecerdasan melainkan ketekunan. Prof. A’la pun mencontohnya bagaimana perbedaan prestasi yang diraih kedua putra dan putrinya. Putri Prof. A’la cenderung lebih berprestasi meskipun secara kecerdasan masih kalah dengan sang putra. Hal ini, karena diakui Prof. A’la, sang putri memang seorang yang tekun dan berkemauan keras. “Menjadi pintar itu penting. Tapi ketekunan tetap yang utama. Jangan pernah bilang tidak bisa. Tidak ada yang kita tidak bisa. Hanya satu yang kita tidak bisa, menjadi Tuhan,” Ujar Prof. A’la filosofis.

Memugkasi sambutan, Prof. A’la yang secara khusus hadir di tengah kesibukan usai menghadiri kegiatan di Jakarta pun menyempatkan diri menyambut rombongan UIN Mataram dan menyampaikan ucapan terima kasih. Sekaligus berharap, bahwa kegiatan tersebut akan memiliki tindak lanjut serta meningkatkan silaturahmi antara kedua kampus. Bagi para mahasiswa, Prof. A’la berpesan, agar selalu bersemangat dan tidak pernah puas untuk menimba ilmu. “Selamat melanjutkan perjalanan ke UIN Malang, terima kasih atas kunjungannya ke UINSA. Semoga mendapatkan banyak ilmu dan semakin berkah,” pungkas Prof. A’la.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan sesi paparan bersama Prof. Ali Mufrodi mengenai Pengembangan Karakter Mahasiswa Menghadapi Era abad 21 atau Globalisasi. Pada sesi ini, Prof. Ali menyampaikan mengenai karakter yang harus dibangun dan dimiliki seorang mahasiswa. UIN Sunan Ampel Surabaya dalam upaya membangun karakter mahasiswa yang baik pun menetapkan berbagai kebijakan program tambahan diluar jam kuliah. Seperti halnya pogram ma’had (pesantren), intensif bahasa, serta kegiatan pengembangan keterampilan lewat UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).

Dalam kesempatan yang sama, Taufik, M.Pd.I., Kepala Pusat Pengembangan Bisnis UIN Sunan Ampel Surabaya menjelaskan, kegiatan student mobility Mahasiswa Bidikmisi angkatan 2014 UIN Mataram difasilitasi langsung Pusat Pengembangan Bisnis UINSA yang bertindak sebagai event organizer. Fasilitasi yang disediakan Pusat Pengembangan Bisnis UINSA antara lain dalam penyediaan akomodasi hotel, konsumsi, transportasi dan tour leader sebagai bagian dari bisnis jasa akademik.

Tour Leader diambil dari mahasiswa aktif dan Alumni UINSA yang akan menemani tamu mulai dari bandara, greensa inn, kampus, ziarah ke Makam Sunan Ampel, Jembatan Suramadu dan perjalanan ke Malang pada hari berikutnya menuju kampus UIN Malang dan beberapa destinasi wisata di Kota Batu,” terang Taufik, M.Pd.I. menjelaskan mengenai rundown kegiatan yang dimulai tanggal 4-7 April 2018. (Nur-Chy/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data