UINSA RANCANG KERJASAMA DENGAN JMI DAN JNU INDIA

- 07 Apr 2018

Bersama Prof. Arun S. Kharat Director International Collaboration JNU

UINSA Newsroom, Sabtu, (07/04/2018); Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Ali Mufrodi, MA baru saja pulang dari  kunjungannya di India. Selama di India, Wakil Rektor III yang didampingi para Wakil Dekan III di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya melakukan anjangsana ke perguruan tinggi terkenal di India yaitu Jamia Milia Islam (JMI) dan Jawaharlal Nehru University (JNU). Selama kunjungan yang berlangsung pada 25-30 Maret 2018 ini, rombongan melakukan diskusi tentang pengelolaan mahasiswa dan merancang kerjasama yang memungkinkan dapat dilakukan antar universitas.

Vice Chansellor  (Rektor) JMI, Professor Talat Ahmad, dalam pernyataannya menyampaikan, bahwa JMI berdiri sejak tahun 1920 dan sekarang memiliki 9 fakultas dengan 34 jurusan. Menurutnya, kerjsama lintas universitas penting dilakukan untuk saling berkolaborasi dalam mengembangkan pengetahuan dan keilmuan. Karenanya, MoU diharapkan segera di buat, di tanda tangani, dan dilaksanakan. Diantaranya yang berisi tentang pertukaran mahasiswa, dosen, dan atau beasiswa. Sebagai Rektor JMI, Professor Talat Ahmad pun bersedia datang ke Indonesia guna penandatanganan MoU dengan UIN Sunan Ampel Surabaya. “Selama ini belum ada MoU dengan universitas-universitas yang ada di Indonesia. Jika mennginginkan beasiswa, mahasiswa dari Indonesia bisa mendapatkannya dari program ICCR India. Yang paling penting MoU harus dilakukan tidak hanya di tanda tangani,” ungkapnya.

Sementara itu, Professor. Mukesh Ranjan selaku Coordinator International Relations & Outreach Programme JMI mengatakan, bahwa  bidang akademik dapat meliputi program yang ada pada setiap fakultas yang memiliki beberapa jurusan. Sedangkan non akademik, dikelola tersendiri melalui Dean of Wilfare yang mengelola bidang ekstrakurikuler. Ada juga bagian khusus yang mengelola disiplin dan keamanan mahasiswa yaitu Proctor. Termasuk Provost yang mengelola asrama mahasiswa, dan alumni melalui Global Jamia Alumni Network.

Selanjutnya, Professor Arun S. Kharat, Director International Collaboration JNU menyampaikan, bahwa JNU sangat mengharapkan mahasiswa-mahasiswa dari luar negeri melanjutkan studi di JNU. JNU juga dapat melakukan double degree, meskipun tidak berlaku di semua program studi. Disampaikan pula, bahwa JNU memiliki program studi-program studi yang memiliki kompetensi tingkat dunia, ada ekonomi dan keuangan. Jurusan-jurusan atau program studi-program studi di JNU sudah sangat di kenal di dunia, apalagi di India. Misalnya bidang ekonomi, fisika, biologi, matematika, dan juga saintek. “JNU akan melakukan MoU dalam waktu 3 tahun, jika memiliki peningkatan perkembangan dan perubahan yang signifikan akan diperpanjang lagi dalam waktu 5 tahun,” ujar Prof. Arun.

Lebih lanjut disampaikan Prof. Arun, calon mahasiswa yang berminat kuliah di JNU mencapai 100.000 calon mahasiswa. Dari jumlah tersebut, JNU hanya menerima 2000 calon mahasiswa. Suasana kehidupan kampus di JNU pun sangat kondusif.. JNU juga menerima mahasiswa atau peserta/dosen  dari luar negeri yang ingin mendalami keilmuannya selama paling tidak 1 semester tinggal di JNU. Selain itu, JNU juga sudah memiliki MoU dengan universitas dalam dan luar negeri sekitar 200 MoU, dan akan terus diperbahaui secara berkelanjutan

Kedepan, UIN Sunan Ampel Surabaya melalui Prof. Ali menegaskan, akan segera melakukan koordinasi secara intensif untuk menidaklanjuti kerjasama yang telah dirancang tersebut. Selanjutnya kerjasama akan dikonkritkan sesuai kesepakatan kedua pihak. (wd3fdk)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data