UINSA JALIN KERJASAMA PENGEMBANGAN SDM WILAYAH TIMUR INDONESIA

- 12 Apr 2018

UINSA Newsroom, Kamis (12/04/2018); Rektor UIN Sunan Ampel  Surabaya, Prof. Dr. H. Abd. A’la,M.Ag  melakukan penandatanganan kerjasama dengan Ketua  STAIN Sorong, Dr. H. Hamzah, M.Ag. Dua Instansi Pendidikan Tinggi Islam ini melakukan kerjasama lintas pulau-provinsi dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di wilayah terluar Indonesia.  Tepatnya Rabu, 11 April 2018, bertempat di Aula STAIN Sorong Papua Barat nota kesepakatan kerjasama ditandatangani kedua pimpinan pendidikan tinggi dihadiri para pejabat di lingkungan STAIN Sorong, Papua Barat, Kakemenag Kabupaten Sorong, Kakemenag Kota Sorong, Ketua Adat, dan Tokoh Masyarakat.

Prof. Dr. H. Abd. A’la, M.Ag., Rektor  UIN Sunan Ampel  Surabaya menyatakan,  kehadiran UINSA di STAIN Sorong Papua Barat merupakan amanah dari Pasal 2, PERMENDIKBUD RI  No 24 Tahun 2014 tentang kerjasama perguruan tinggi. Yaitu kerjasama perguruan tinggi yang bertujuan meningkatkan efektivitas, efisiensi, produktivitas, kreativitas, inovasi, mutu, dan relevansi  pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan daya saing bangsa. Adanya kerjasama tersebut juga menunjukkan bahwa, perguruan tinggi adalah satu, dalam kebersamaan meningkatkan kualitas mutu pendidikan.

“Akhir-akhir ini, perkembangan teknologi dan informasi sangat pesat. Dakwah harus dapat hadir dalam fenomena perkembangan media sosial yang telah membanjir. Di era digital ini, kita tidak dapat melakukan kerja sendiri, konsep “lita’rafu” menjadi sangat urgent untuk melakukan kerjasama antar sesama,” pungkasnya.

Sementara itu, Dr. H. Hamzah, M.Ag., selaku Ketua STAIN Sorong dalam sambutannya menyampaikan, bahwa penandatanganan kerjasama merupakan bentuk kepedulian Rektor UIN Sunan Ampel terhadap pengembangan sumber daya manusia di wilayah Indonesia Timur. Melalui MoU tersebut akan terbentuk jaringan kerja yang semakin intensif antara UIN Sunan Ampel dengan STAIN Sorong dalam mengembangan sumber daya manusia. “Jaringan menjadi sangat urgent untuk meraih kesuksesan di masa depan. Kehadiran UIN Sunan Ampel akan menjadikan STAIN Sorong memiliki motivasi yang kuat seperti singa yang selalu siap mengatasi segala persoalan,” ungkapnya.

Selanjutnya, Dr. Rr. Suhartini, M.Si., selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya mengatakan, kerjasama antar UIN Sunan Ampel  dengan PTKIN  wilayah timur Indonesia perlu dimaksimalkan. Terutama di wilayah 3T; terluar, terdalam, dan tertinggal. Secara akademik, lanjut Dr. Suhartini, UIN Sunan Ampel memiliki kewajiban moral untuk terlibat dalam pengembangan wilayah Indonesia Timur sebagaimana yang telah dirintis melaui Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel ke STAIN Kupang, Nusa Tenggara Timur,  guna pengembangan keagamaan di wilayah perbatasan dengan Timor Leste (wilayah Atambua). Dilanjutkan ke wilayah Indonesia Timur bagian utara, yakni STAIN Sorong melalui kerjasama dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di wilayah kabupaten dan kota Sorong serta Kabupaten Raja Ampat. “Dengan harapan ada proses transfer  knowledge antara program studi KPI dan BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel dengan Prodi KPI dan BKI STAIN Sorong. Hal ini merupakan percepatan pengembangan kompetensi mahasiswa luar Jawa,” imbuh Dr. Suhartini dalam sambutannya. (wd3fdk)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data