UINSA AJAK MAHASISWA ASING BELAJAR BUDAYA INDONESIA

- 03 May 2018

UINSA Newsroom, Kamis (03/05/2018); Sekitar pukul 7 pagi , weather forecast di layar ponsel masih menunjukkan angka di bawah 30ºC. Para mahasiswa asing yang memilih UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai tempat untuk melajutkan studi mulai beranjak meninggalkan Kota Surabaya. International Office mendampingi mereka pergi mengunjungi daerah lain di Jawa Timur, tepatnya di Pusat Pendidikan Alam dan Budaya Kaliandra Sejati yang berada di Prigen, Pasuruan adalah untuk kegiatan International Student Camp #3.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dibuat untuk memperkenalkan budaya Indonesia yang merupakan negara multikultur. Tujuannya agar para mahasiswa baru dari luar negeri mampu beradaptasi di lingkungan tempat tinggal baru mereka dan saling menjalin keakraban antar sesama mahasiswa asing di UINSA. Sesuai dengan tema yang diusung tahun ini, yakni ‘Menjalin Keakraban, Memacu Kreativitas.’ Kegiatan pada tahun ini diselenggarakan tak jauh berbeda dari agenda tahun lalu, yakni dua hari, Jum‘at-Sabtu, 27-28 April 2018 dengan diikuti 50 mahasiswa asing yang seluruhnya berasal dari Negara Malaysia.

Setibanya di sana, pada sekitar pukul 10.00 pagi, rombongan langsung disuguhi menu tradisional salah satunya wedang secang. Selanjutnya, para mahasiswa asing dengan dipandu tim pemandu dari Kaliandra mendapatkan informasi tentang di mana tempat mereka berada saat itu. Yakni di kaki Gunung Arjuna dengan berbagai potensi alam dan manusia di sekitarnya.

Kegiatan selanjutnya adalah bermain berbagai permainan yang mampu menambah keakraban mereka satu sama lain yang dilaksanakan di pendopo hingga waktu istirahat salat Jum‘at. Disusul permainan yang melibatkan banyak gerak kaki dan tangan yang mampu menguji kekompakan para mahasiswa asing yang sebelumnya telah dibagi menjadi dua kelompok, antara tim perempuan dan laki-laki yang dilaksanakan di ruang terbuka. Di sini mereka juga sambil saling berbagi pengetahuan mereka tentang bahasa seperti Malaysia, Mandarin, dan Korea.

Dua kelompok dari para mahasiswa asing kemudian bergantian menantang adrenalin dengan outbound dan flying fox, serta belajar mengenai alat musik gamelan, baik cara memainkannya hingga makna filosofis di baliknya. Seperti makna cara memainkan gamelan yang dilakukan dengan duduk bersila yang bermakna andap ansor atau sopan santun. “Saya senang bisa main gamelan. Kalau saya biasa hanya tahu bunyinya, sekarang saya sudah bisa memainkan dan bahkan mengerti maksud di baliknya dengan dikaitkan Budaya Indonesia dan Nilai Islam,” tutur Safrizaman, salah satu mahasiswa asing.

Kegiatan malam hari pun diisi dengan memberikan pengetahuan para mahasiswa asing tentang Islam Indonesia khususnya terkait materi Islamisasi Budaya bersama Dr. H. Jainuddin, M.Si. Dr. Jainuddin menjelaskan tentang adat istiadat Jawa yang sudah ada sebelum masuknya Islam ke Nusantara. Serta bagaimana para wali mengemas Nilai Islam dalam Budaya Jawa yang masih dikenal dalam masyarakat. Seperti sungkeman, siraman hingga akad dalam upacara pernikahan yang disebutkan masuk dalam masa pra-konsepsi. Selanjutnya merupakan masa konsepsi, seperti acara walimatul haml dan tedak siti atau turun tanah. Selain itu, para mahasiswa asing juga diajak mengenal nasi tumpeng dan makna filosofis yang terkandung di balik penyajiannya. Setelah seluruh kegiatan pada hari pertama selesai, giliran dua kelompok mahasiswa asing saling unjuk gigi menampilkan kreasi mereka dalam suatu penampilan seni.

Di hari kedua, sejak pukul 6 pagi, para mahasiswa asing sudah bersiap untuk kegiatan tracking dan berkeliling wilayah green house di Kaliandra. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengenalan batik dan mencanting. Termasuk belajar seni pembuatan gerabah atau praktik membuat kreasi dari tanah liat. Semua hasil karya hasil tangan yang dihasilkan dapat mereka bawa pulang sebagai kenang-kenangan. Kegiatan ditutup dengan forum evaluasi dan penyampaian kesan pesan baik dari UINSA, perwakilan mahasiswa asing, serta pihak Kaliandra. (Nin/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data