RACANA UINSA MENGABDI DI DESA

- 07 May 2018


UINSA Newsroom, Senin (07/05/2018); Kegiatan Bakti Desa Perkemahan Wirakarya Pergutuan Tinggi Keagamaan ke XIV tahap pertama telah usai. Dilaksanakan mulai tanggal 3-6 Mei 2018. Diantara Perwakilan Racana UIN Sunan Ampel Surabaya pada tahap pertama adalah Rachel Apriliani, A'hassa Rasyad Hamdani, dan Moh Supaedi yang dikirim ke Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau.

Rachel dalm laporannya menjelaskan, setelah perjalanan sekitar dua jam dari Bumi Perkemahan (Buper) yang berlokasi di UIN Suska, para peserta yang berjumlah sekitar 40-50 orang per kelompok disambut orang tua angkat (induk semang) masing-masing. Satu induk semang terdiri dari 3-4 orang dari kontingen yang berbeda-beda. “Hari pertama, ba’da maghrib, ada briefing singkat dari panitia untuk kegiatan bakti tiga hari ke depan. Setelah itu istirahat,” terang Rachel.

Hari kedua, yakni tanggal 4 Mei 2018, kegiatan diawali dengan senam. Setelah itu kembali ke homestay dan berkumpul lagi di lapangan kelurahan sebagai titik kumpul pemberangkatan bakti. Kegiatan bakti berupa bakti fisik membersihkan lingkungan sekitar. Dibagi menjadi tiga titik, yaitu di bagian paling barat, tengah, area sekitar dan dalam masjid.

Setelah selesai tugas di maisng-masing titik, seluruh peserta berkumpul di bagian paling barat untuk melakukan penanaman pohon di dekat Sungai Siak. Karena bertepatan dengan Hari Jumat, kegiatan pun dilanjutkan usai Shalat Jumat, dengan kegiatan bakti fisik di lingkungan sebelah timur Adapula kelompok yang ditugaskan membuat perencanaan gapura selamat datang dan mencari bambu. Setelah maghrib, para peserta disambut dengan kegiatan ramah tamah bersama warga, sesepuh, pengurus masjid, dan induk semang (orang tua angkat) di Masjid Al Ihsan.

“Hari ketiga (Tanggal 5 Mei 2018) kegiatan bakti dibagi menjadi 3 titik. Titik pertama menata dan memperbaiki taman bunga, titik kedua seharusnya melanjutkan kembali penanaman pohon di dekat sungai siak namun karena kondisi air sedang pasang, kelompok kedua digabung dengan kelompok pertama, menata dan meperbaiki taman bunga. Titik ketiga, memperbaiki gapura wisata pancing alami Desa Okura,” jelas mahasiswi Semester 6 Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSA tersebut.

Masih di hari ketiga, pada malam hari terdapat Festival Budaya Okura yang menampilkan berbagai Seni Kebudayaan Masyarakat Okura. Juga melibatkan peserta dari setiap kontingen untuk ikut menampilkan kebudayaan dari masing-masing daerah.

Rachel beserta seluruh peserta lainnya mengaku sangat menikmati kegiatan bakti di desa tersebut. Hari terakhir, pada saat perpisahan pun diwarnai isak tangis dari peserta juga induk semang, serta warga yang lain. Turut hadir pula, Lurah serta Tim Waslitev (Pengawasan, Penelitian, & Evaluasi). “Senang sekali. Dari homestay jalan kaki ke titik kumpul di lapangan makan waktu sekitar 15 menit, dan itu harus bolak balik. Tapi karena jalan kakinya gak sendiri-sendiri jadi seru. Ibu angkat kami juga baik banget, jadi waktu perpisahan tadi juga sedih,” tutur Rachel haru.

Selain itu, Rachel juga menuturkan, mempelajari banyak hal selama kegiatan bakti ke desa. Diantara tentang kuliner khas Masyarakat Okura, yang meskipun diakui tidak banyak berbeda secara taste bagi Lidah Jawa-nya. “”Pertama kali juga saya tahu kangkung merah. Apalagi rumah yang saya tempati itu juga masih rumah panggung, jadi masih terasa kental sekali adatnya. Gaya bicara, bahasa melayu terkadang ada beberapa yang tidak saya ketahui jadi harus diulang ketika ngobrol,” pungkas Rachel mewakili rekannya yang lain. (Nur/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data