DAKWAH TV BANGUN RELASI DAN KOMPETISI

- 09 May 2018


UINSA Newsroom, Rabu (09/05/2018); Yogyakarta-Jogja sebagai Daerah Istimewa terkenal dengan julukannya sebagai Kota Pelajar. Sebutan Kota Pelajar ini tentu karena banyaknya perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta sehingga mengundang para remaja calon penerus bangsa untuk datang ke kota tersebut dan menimba ilmu. Salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jogja adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). UAJY pun memiliki kegiatan tahunan yang cukup ramai diikuti perguruan tinggi nasional yakni Communication Interest Festival (Comminfest). Comminfest merupakan kegiatan dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMPS Kom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Memasuki tahun kelima gelaran Comminfest, tiga mahasiswa dari Unit Kegiatan Kampus (UKK) Dakwah TV hadir sebagai perwakilan dari UIN Sunan Ampel Surabaya mengikuti salah satu mata lombanya, yakni Broaday (Broadcasting Day). Broaday merupakan sebuah kompetisi feature video dengantema A Dare: Agent of Digital Era.

Dalam tahap seleksi awal, tiga mahasiswa yang terdiri atas Astari Yasmuning Dyah dari prodi Komunikasi dan Penyaran Islam, M. Hilmi Ananta dan Gufron Galuh A. Mukti dari prodi Ilmu Komunikasi tergabung dalam satu tim yang diberi nama DAV (Dakwah Audio Visual) Creative Lab. membuat video dengan judul ‘Bantu Sesama dan Lingkungan Lewat Makanan Berpotensi Terbuang’. Mengusung cerita tentang komunitas Garda Pangan yang ada di Surabaya. Video ini yang kemudian mengantarkan DAV Creative Lab. lolos ke babak final menjadi tujuh tim terbaik Broaday Comminfest 2018.

DAV Creative Lab. yang lolos final menjadi satu-satunya perwakilan dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri bersama perguruan tinggi lain seperti Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Diponegoro Semarang, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Tujuh tim ini kemudian kembali berlaga dengan membuat karya feature video di Yogyakarta. Tepatnya di Desa Wisata Lopati, Trimurti, Srandakan, Bantul. Rangkaian kegiatan final ini berlangsung di kampus 4 UAJY pada tanggal 4-5 Mei 2018.

Dengan turut mengikuti kompetisi seperti ini, diharapkan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya mampu membangun relasi dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan menambah keragaman pengalaman. Selain lomba, Dakwah TV juga melakukan kunjungan kerja ke beberapa televisi kampus yang ada di Yogyakarta seperti Suka TV UIN Sunan Kalijaga, TV UAD Universitas Ahmad Dahlan, MMTC TV Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta, dan UPN TV Universitas Pembanguan Nasional Veteran Yogyakarta. Kunjungan ini untuk membuat rencana strategis Dakwah TV selama lima tahun ke depan. Dalam kunjungan ini, Dakwah TV juga didampingi pembinanya, yakni Rahmad Harianto, S.I.P., M.Med.Kom. (Nin/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data