UINSA KUKUHKAN 478 SARJANA PADA WISUDA KE-83 PERIODE MEI

- 12 May 2018


UINSA Newsroom, Sabtu (12/05/2018); Melengkapi ritme kedua dari empat kali wisuda dalam setahun, UIN Sunan Ampel Surabaya kembali menggelar sidang terbuka senat pada Sabtu, 12 Mei 2018. Bertempat di Gedung Sport Center and Multipurpose, Wisuda ke-83 Periode Mei Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 tersebut diikuti sebanyak 478 wisudawan.

Terdiri dari 10 Wisudawan Program Doktor dan 45 wisudawan Program Magister. Sedangkan pada Program Sarjana terbagi menjadi 80 wisudawan dari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), 44 dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF), 106 dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), 95 dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), 24 dari Fakultas Adab dan Humaniora (Fahum), 3 dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST), 27 dari Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK), 30 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), dan 14 dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Terbaik Akademik Program Doktor diraih Dr. Ihwan Agustono dari Prodi Ilmu Ke-Islaman dengan IPK 3,74. Pada Program Magister, predikat terbaik diberikan pada Mohammad Sholeh, M.Pd., dari Prodi Pendidikan Agama Islam dengan IPK 3.89. Sedangkan pada Program Sarjana predikat terbaik dari masing-masing fakultas disematkan pada Ahmad Arif Masdar Hilmy, S.H., dari Prodi Hukum Keluarga FSH dengan IPK 3.87, Musdalifah, S.Pd., dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) FTK dengan IPK 3.82, Khobirul Amru, S.Ag., dari Prodi Alquran dan Tafsir FUF dengan IPK 3.81, Syahidatul Ulya, S.Si., dari Prodi Biologi FST dengan IPK 3.80, Nila Audini Oktavia, S.Psi., dari Prodi Psikologi dari FPK dengan IPK 3.76, Kiky Dzakiyah, S.E., dari Prodi Ekonomi Syariah FEBI dengan IPK 3.74, Athiatul Maula, S.I.Kom., dari Prodi Ilmu Komunikasi dan Zahra Nisaul Azizah , S.Sos., dari Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam FDK dengan IPK 3.73, Dzhilaal Al Baqi Bahalwan, S.Hum., Sejarah Peradaban Islam Fahum dengan IPK 3.72, dan Rohmana Fatmawati, S.Sos., dari Prodi Sosiologi FISIP dengan IPK 3.69.

Selain itu, pada kesempatan ini diberikan pula penghargaan bagi wisudawan tebaik non akademik. Kategori tahfidz Alquran 30 juz misalnya, yang tercatat sebanyak delapan wisudawan. Antara lain, Khobirul Amru dan Rofiatul Adamiyah dari FUF, Mas Moh. Imam Bastomi Basyaiban, Muhammad Khanafi, dan M. Jauharotut Taqiyah dari FTK, Siti Mukaromah, Ulya Ardhia Cahyani Aahmad, dan Neila Sakinah dari FSH, serta Cholifatus Sya’diyah dari FPK.

Selanjutnya, ada pula Nila Audini Oktavia yang pernah menjadi Juara I dalam Semar Peper Competition Festival Ilmiah Mahasiswa di Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Juara II lomba Karya Tulis Ilmiah pada Pekan Ilmiah olahraga, Seni dan Riset di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Edmu Yulfizar Abdan Syakura dari FTK sebagai Juara II MTQ di UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta dan Juara II MTQ Mahasiswa Tingkat Jawa Timur di Unijoyo Madura. Lalu, dua mahasiswa dari FSH atas nama Moh. Bagus, Juara I Debat Hukum Perguruan Tinggi Se jawa Timur di Universitas Narotama Surabaya  dan Victor Albadi’I Ratib dari FSH sebagai Juara I Kompetisi Debat Piala Mohammad Natsir Dalam rangka UII Law Fair 2018 di Jogjakarta.

Tak ketinggal, lima wisudawan dari FDK, seperti St. Nur Alfiana Wulandari atas prestasi Juara terbaik I pengajar Al-Qur’an dengan Mualaf Serawak Malaysia, Juara 2 lomba presenter se Jawa Timur di Surabaya, dan Juara III lomba New Anchor tingkat Jawa Timur. Ulfi Nurfaiza, S.I.Kom., Juara I lomba Presenter seJawa Timur di Graha Pena Jawa Pos Surabaya, Juara II model Muslimah se Indonesia di Bandung, dan Juara I lomba Fashion Show Festival Pesantren di Surabaya. Ahmad Munir sebagai Presenter dalam acara International YouthGathering Ankara Konya Turkey, Pembicara dalam acara Silaturrami komunitas Taklim Jurnalistikdi Batu Malang, Pemateri dalam cara Schotalk3 (Hight-Schoolers Special Edition). Aliyul Himam sebagai Sebagai juara I dan Team Leader dalam acara pekan olah raga Schools Sport week competition di Sasana Vitaya Foundation School Phattalung Thailand. Isma’iyah Sholichati, Juara I lomba Vidio Instagram Revolusi Mental  diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang manusia dan Kebudayaan, Farihatun Nafi’ah sebagai Penulis Buku Antologi Cerita Anak “ Kelingking Persahabatan”  diterbitkan FAM Publising Indonesia. Pemakalah Seminar Nasional Peran Biologi dan Pembelajaran dalam mewujudkan Masyarakat Berliterasi di UMM Malang, dan   Ahmad Zulal Abu Main Juara I Lomba Diskusi Antar perguruan Tinggi Parade Cinta Tanah Air Tingkat Propinsi Jawa Timur pada Kemeterian Pertahanan.

Plt. Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Abd. A’la didalam amanatnya berpesan, agar setiap alumni UINSA mampu menjadi kader-kader bangsa dalam menyongsong era Cyber Fisical seperti saat ini. Sebagaimana semangat integrasi yang digambarkan melalui Twin Towers UINSA, para alumni pun diharapkan akan terus mengasah Kreatifitas dan inovasi, serta selalu mengkontekskan dan mendialogkan setiap disiplin keilmuan yang dimiliki dengan nilai-nilai Ke-Islaman, sosial maupun humaniora. “Saya sangat bangga dan bahagia, terutama ketika melihat ada lulusan pertama dari Prodi Biologi. Mudah-mudahan menjadi lulusan terbaik dari Biologi Perguruan Tinggi manapun. Karena ini adalah UINSA,” ujar Prof. A’la bangga.

Kebahagiaan semakin bertambah dengan adanya wisudawan yang tidak hanya berprestasi secara akademik tapi juga non akademik. Semua itu, menurut Prof. A’la merupakan anugerah bersama yang patut disyukuri. “Anda, hanya 30 persen dari orang seusia anda yang mampu duduk di perguruan tinggi. Dan Hanya sekitar 8 persen bisa melanjutkan di PTN. Karena itu, selamat. Kepada semua pihak, kami mohon mereka (wisudawan, red) didoakan. Supaya mereka berhasil, bahagia, Fid dunya wal Akhiroh. Supaya mereka menjadi intelektual yang memiliki nilai-nilai Keagamaan Indonesia, bermanfaat bagi masyarakat, dan menjadi garda depan NKRI, ” tukas Prof. A’la. (Nur/Humas)

 

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data