HARI INI, 6485 CAMABA JALUR UMPTKIN JALANI TES DI UINSA

- 22 May 2018

UINSA Newsroom, Selasa (21/05/2018); Setelah minggu pertama Bulan Mei UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) rampung memfasilitasi tes sekitar 5440 camaba Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Kini, giliran camaba Jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN). Sebanyak 6485 camaba dari 149.140 camaba nasional akan mengikuti ujian tulis di UINSA, Selasa, 22 Mei 2018, mulai pukul 07.30 WIB.

UINSA yang merupakan Panitia Lokal 530 telah menyiapkan sebanyak 43 titik tempat ujian di 23 lokasi yang tersebar di kampus yang berlokasi di Jl. A. Yani No. 117 Surabaya tersebut. Selain ruang ujian, disiagakan pula sebanyak 23 Penanggung Jawab Lokasi (PJL), 166 Penanggung Jawab Ruang (PJR), dan 319 Pengawas.

Dr. H. Syamsul Huda, M.Fil.I., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, dalam rapat Pengarahan PJR dan Pengawas, sehari sebelum ujian digelar menyampaikan, jumlah pendaftaran di jalur tes PTKIN tahun 2018 mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Total lebih dari 20 peren peningkatan terjadi dari 96ribu pendaftar pada tahun 2017 meningkat menjadi 140ribu lebih pada tahun 2018. Hal ini, menurut Dr. Syamsul Huda, mengindikasikan bahwa PTKIN semakin diminati. Disamping juga, semakin masifnya peralihan status PTKIN.

“Di Jatim, nyaris sudah tidak ada lagi STAIN. Semua telah beralih status menjadi IAIN. IAIN menjadi UIN. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi setiap PTKIN,” ujar Dr. Syamsul Huda mengawali pemaparan.

Selain itu, Dr. Syamsul Huda juga menjelaskan, bahwa UINSA sebagaimana sebelumnya dalam setiap penerimaan harus menjalani proses seleksi yang ekstra ketat. Mengingat, dari total pagu yang disediakan sekitar 1600 kursi, ada 16 ribu pendaftar yang mengikuti seleksi. “Kita tentu berharap, memiliki input dan output yang terbaik. Sehingga proses penjaringan maba pun harus dilakukan dengan baik. UINSA dalam empat tahun terakhir menawarkan beasiswa tahfidz dan bibit unggul untuk menjaring camaba berprestasi,” ujar Dr. Syamsul Huda.

Sebagai Informasi, peserta UMPTKIN yang terdaftar mengikuti seleksi esok hari terbagi menjadi 6173 pendaftar IPS, 104 IPA, dan 208 IPC. Dari total tersebut, sebanyak 140 pendaftar akan menjalani tes berbasis komputer, Computer Based Test (CBT) yang berlokasi di Laboratorium terintegrasi UINSA.

Terkait penambahan jumlah pendaftar, UINSA juga telah menambahkan sedikitnya dua lokasi untuk ditempati ujian, yakni gedung Auditorium dan Sport Center and Multipurpose. “Auditorium akan dipakai sebanyak 280 peserta dengan 14 setting ruang, dan Sport Center sebanyak 420 peserta dengan 21 setting ruang,” imbuh Drs. Abdullah Rofiq Mas'ud, MM., Kepala Bagian Akademik UINSA menambahkan.

Terkait peserta difabel, Drs. Rofiq menjelaskan, berdasarkan data yang masuk terdapat sekitar 19 pendaftar dengan kebutuhan khusus. Setelah dilakukan komunikasi awal pada akhir minggu lalu, sebanyak lima nomor tidak bisa dihubungi dan belum mengkonfirmasi kehadiran, tiga peserta positif membutuhkan fasilitasi pendamping, dan beberapa peserta dengan kebutuhan khusus, seperti tuna netra dan kebutuhan khusus lainnya. “Ada pula yang salah persepsi tentang apa itu berkebutuhan khusus. Setelah dikonfirmasi by telpon menyampaikan dalam kondisi fisik normal, sehingga tidak memerlukan perlakuan khusus. Seluruh peserta dengan kebutuhan khusus, telah kami siapkan ruang ujian di lt. 1 masing-masing lokasi,” terang Drs. Rofiq.

Disamping itu, tes UMPTKIN akan menjadi ritme terakhir dari seleksi nasional yang akan dilakukan UINSA sebelum seleksi Jalur Mandiri. Seleksi ini akan dilanjutkan tahap pengumuman hasil tes pada 10 Juli dan proses pengisian borang UKT pada 12-14 Juli. Proses verifikasi sendiri akan dilakukan pada 14-18 Juli, dan diumukan hasilnya pada 20 Juli. Ditutup dengan jadwal Registrasi Jalur UM PTKIN pada 30 Juli 2018. (Nur/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data