MENUMBUHKAN SIKAP KOMPETITIF, BERKARAKTER, DAN BERAKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK

- 25 May 2018


UINSA Newsroom, Jumat (25/05/2018); Perilakua agresif, kerapkali dimiliki anak-anak memasuki usia remaja, ataupun perlihan dari remaja menuju dewasa. Sebuah proses penacarian jati diri yang kerapkali menciptakan ketegangan dalam bersikap. Mengatasi hal ini Musyawarah Guru BK (MGBK ) Kabupaten Tuban, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Cabang Dinas Pendidikan Tuban menggelar Seminar Pendidikan “Penanggulangan Perilaku Agresif Peserta Didik Menuju Sikap Kompetitif, Berkarakter Dan Berakhlakul Karimah” yang diampu langsung, Dr. Arif Ainur Rofiq, S.Sos.I.,MPd.,Kons. Konselor dari UIN Sunan Ampel Surabaya pada Rabu, 09 Mei 2018.

Digelar di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, seminar ini dibuka Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein ini, dihadiri 575 Peserta seminar terdiri dari Guru, siswa jenjang SD, SMP, SMA se Kab.Tuban, Anggota MGBK Tuban, Pejabat Dinas Pendidikan Tuban Nur Khamid (Gus Khamid), Pejabat Cabang Dinas Tuban Edy Sukarno, dan Komite sekolah.

Dalam penyampaian materinya, Dr Arif menjelaskan, bahwa agresif adalah istilah yang konotasinya negative. Yakni perilaku menyerang orang lain sehingga menyebabkan orang lain merasakan tersakiti, baik dalam bentuk verbal (perkataan) maupun non verbal (perbuatan/action/ pukulan). Sifat Agresif sendiri, menurut Dr. Arif, dapat dipengaruhi dua faktor, indogen dan eksogen (keturunan dan situasional). Lebih lanjut dijelaskan, Agresif karena faktor keturunan misalnya ADD /ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Adapun yang disebabkan faktor situasional seperti adanya kecemburuan, kekecewaan, dan frustasi.

Dalam kaitannya dengan penanganan ataupun penanggulangan sifat agresif pada diri peserta didik, Dr. Arif menjelaskan,  dilakukan dengan cara preventif yaitu bimbingan klasikal dengan materi pengembangan nilai-nilai kebaikan (virtues). Bisa juga melalui mata pelajaran di kelas dengan menyisipkan pesan tentang nilai-nilai kebaikan, untuk menumbuhkan sikap Altruistik (pengorbanan), Kompetitif (bersaing secara sehat dan bijak), serta akhlakul karimah, “dengan dasar pengendalian amarah, dan berkata-kata yang baik dan jika perlu diam daripada menimbulkan mafsadah (sesuai sabda Rosulullah Muhammad S.A.W),” imbuh Dr. Arif. (*)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data