KITA PANCASILA: BERSATU, BERBAGI, BERPRESTASI

- 04 Jun 2018

UINSA Newsroom, Senin (04/06/2018); Genap setahun, setelah disahkan, tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila pada Tahun 2017 lalu. Upacara peringatan pun digelar berbagai instansi di Indonesia secara serempak. UIN Sunan Ampel Surabaya pada kesempatan ini menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Senin, 04 Juni 2018 di Halaman Gedung Twin Towers UINSA pukul 07.30 WIB. Upacara tersebut dipimpin langsung Dekan FEBI/FISIP UINSA, Prof. Dr. Akh. Muzakki,M.Ag, Grad.Dip.SEA,M.Phil, Ph.D.

Membacakan Sambutan  Presiden  RI Dalam Rangka Upacara  Peringatan  Hari Lahir Pancasila yang digelar di Gedung Pancasila, kompleks Kementerian Luar Negeri, Jakarta pada Jumat, 1 Juni  2018, Prof Zaki mengingatkan bagaimanaPancasila telah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia selama 73 tahun. Selama itu pula, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi­ ideologi lain  yang  berusaha  menggesernya.  “Selama  73  tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Prof. Zaky dalam amanat upacara.

Dalam amanat tersebut, presiden juga secara tegas menyatakan, bahwa Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha  Esa kepada  Bangsa Indonesia,  melalui  perenungan,  pergulatan pemikiran  dan  kejernihan  batin  para  Founding  Fathers  Indonesia. Dimana Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal  1 Juni  1945, yang kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri  bangsa, lanjut Prof. Zaky, berasal dari  berbagai  kelompok, golongan, dan  latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Rangkaian proses besar tersebut, menurut Prof. Zaky, harus selalu diingat, didalami semangatnya serta dipahami rohnya.

“Adalah tugas dan tanggung jawab  kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi,” tegas Prof. Zaky.

Sebab, Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat   persatuan  merupakan  pilar  utama  dalam   kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga  merupakan sebuah keharusan. “ Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi. Semangat gotong royong yang merupakan  budaya  luhur bangsa  harus terus  kita  pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat,” ujar Prof Zaky, mengingat upacara digelar bertepatan denga suasana Ramadhan, tepatnya tanggal 19 Ramadhan 1439 H.

Memungkasi pembacaan Amanat Presiden, Prof. Zaky kembali mengingatkan agar momen Peringatan Hari Lahir Pancasila di manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Mengingat, kemajemukan Indonesia kerapkali dibayang-bayangi risiko intoleransi, ketidak-bersatuan dan ketidak-gotongroyongan.  “Pada kesempatan  yang mulia ini, saya ingin mengajak  para ulama dan tokoh  agama,  para  guru  dan  ustad,  para  politisi  dan jajaran  aparat pemerintahan,   para anggota  TNI dan  Polri,  para pekerja  dan  pelaku ekonomi,   serta   seluruh   komponen    bangsa   untuk   bersama-sama mengamalkan   Pancasila  dalam  keseharian  kita.  Semangat  bersatu, berbagi  dan berprestasi  akan meneguhkan  derap langkah  kita dalam membawa  Indonesia  menuju negara yang maju dan jaya,” pungkasnya.

Selamat Hari Lahir Pancasila! Kita bersatu! Kita berbagi! Kita berprestasi! (Nur-Chy/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data