UINSA GELAR SERTIJAB REKTOR DAN HALAL BI HALAL

- 21 Jun 2018


UINSA Newsroom, Kamis (21/06/2018); Hari pertama kerja pasca liburan Hari Raya Idul Fitri, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar acara Halal Bi Halal di Gedung Sport Center and Multipurpose, Kamis, 21 Juni 2018. Kegiatan Halal Bi Halal bertajuk Pembinaan SDM Pegawai ini berlangsung pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB.

Hadir secara khusus mengisi ceramah agama dalam kegiatan ini,  KH. Yahya Cholil Staquf Anggota Dewan Pertimbangan Presiden dan KH. Dr. Abd. Ghafur Maimun, MA., Ketua STAI Al Anwar Sarang Jawa Tengah. Pada kesempatan yang sama dilakukan pula serah terima jabatan secara simbolis dengan penyerahan Rencana Induk Universitas dari Prof. Dr. H. Abd. A’la, M.Ag. kepada Rektor terpilih Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D.

Prof. A’la dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada segenap pimpinan dan pegawai yang telah mendampingi dirinya selama memimpin UINSA. Prof. A’la pun berharap, bahwa kedepan UINSA semakin maju dan menjadi rujukan PTKIN maupun Ke-Islaman di Jatim, Indonesia, dan dunia (World Class University).

Sementara itu, Prof. Masdar dalam kesempatan perdananya mewakili pimpinan memberi sambutan pada kegiatan Halal Bi Halal menyampaikan, bahwa momen tersebut sangat istimewa. Tak hanya karena kehadiran kedua kyai serta tamu undangan, namun juga adanya nuansa kebersamaan dalam keluarga besar UINSA. “Kehadiran Bapak/Ibu merupakan bentuk ikut mangayubagyo (merayakan kebahagiaan). Acara ini spesial, sekaligus mengharukan. Sebagaimana disampaikan Prof. A’la, betapa berat menjadi Rektor UINSA. Begitu banyak pencapaian yang telah dicapai Prof. A’la. Mohon doanya, mudah-mudahan saya bisa melanjutkan pencapaian baik tersebut, serta mengemban amanah ini dengan baik,” ujar Prof. Masdar penuh harap.

Tak lupa, Prof. Masdar juga menyampaikan permohonan maaf, baik atas nama pribadi maupun pimpinan. Serta berharap, bahwa kebersamaan yang ada saat ini terus dijaga. “Mewakili segenap keluarga besar UINSA, saya mengapresiasi dan berterimakasih atas pencapaian yang dilakukan Prof. A’la. Kita tahu, bahwa merintis pencapaian tersebut bukanlah hal yang mudah,” pungkas Prof. Masdar diiringi deru tepuk tangan para tamu undangan sebelum mengakhiri sambutan.

Usai prosesi sertijab serta sambutan pimpinan, agenda dilanjutkan dengan ceramah agama dari KH. Yahya Cholil Staquf dan KH. Dr. Abd. Ghafur Maimun, MA. Masing-masing menyampaikan tentang pentingnya menjaga silaturahmi serta toleransi bahkan antar umat beragama. Sebagaimana dicontohkan KH. Yahya tentang konflik keagamaan yang meluluhlantakkan Palestina saat ini.

KH. Yahya juga mengingat, bagaimana guru beliau, KH. Abdurrahman Wachid (Gusdur), dalam sebagian besar karier aktifismenya terus berupaya mencari jalan keluar dari konflik antar agama. Sebab problem ini yang sangat dalam akarnya. Mengingat, Islam selama lebih dari 500 tahun sebagian besar memang tersebar melalui ekspansi militer.

“Banyak orang tidak suka membicarakan ini. Tapi ini masalah kenyataan. Karena peradaban berjalan dengan cara ini. Maka kemudian sejarah ratusan tahun ini membuat sebagian besar orang memiliki mindset permusuhan. Tapi, Apakah betul ini fungsi agama untuk manusia? Apakah betul agama ini adalah alasan untuk membunuh? Apakah agama membenarkan pertumpahan darah?” seru KH. Yahya bertanya. Sebagaimana pertanyaan yang dilontarkan pada forum Internasional yang dihadiri beberapa waktu lalu di Israel.

Melanjutkan sesi kedua ceramah, KH. Dr. Abdul Ghofur menjelaskan, bahwa sebagian besar perpecahan dan pertikaian muncul karena tidak adanya kemauan untuk saling mendengar. Padahal, hikmah dasar penciptaan manusia diberikan satu mulut dan dua telinga adalah agar lebih banyak belajar, mendengar dibandingkan bicara apalagi bertikai.

“Tidak saja antar umat beragama, pertikaian itu ada dalam sesama agama. Bagaimana satu golongan menyalahkan golongan lain. Problemnya satu, kurang silaturahmi,” ujar KH. Dr. Abdul Ghofur. Karenanya, KH. Dr. Abdul Ghofur mengapresiasi kegiatan yang digelar UINSA sebagai bagian dari melanggengkan kebiasaan baik silaturahmi.

Sebagai informasi, agenda tahunan yang selalu digelar usai liburan Hari Raya Idul Fitri tersebut dihadiri sekitar 934 undangan dari unsur pegawai dan dosen serta 30 orang Purna tugas UINSA. Masing-masing undangan hadir bersama pasangan dan atau keluarga. (NCA/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data