TAHUN KEDUA UINSA TUAN RUMAH ASESMEN JPT PRATAMA KEMENAG RI

- 04 Jul 2018

UINSA Newsroom, Kamis (05/07/2018); Rabu, 4 Juli 2018 bertepatan dengan 19 Syawal 1439 H, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali dipercaya Kementerian Agama (Kemenag) RI untuk menggelar Asesmen Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama. Asesmen ini digelar dalam rangka mengisi 20 formasi JPT dan diikuti sebanyak 101 Pejabat Eselon III dari seluruh Indonesia. bertempat di Ruang Meeting Guru Besar UINSA Lt. 9 Twin Tower A.

Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI, Drs. H. Ahmadi, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan, bahwa proses kenaikan pangkat JPT Pratama meliputi empat tahapan. Mulai dari Pendaftaran, Seleksi administratif, wawancara, hingga penetapan. Drs. Ahmadi menilai, bahwa secara garis besar para pejabat eselon III yang mengikuti uji kompetensi tentu telah memenuhi standarisasi. Mengingat, sebagian besar telah memiliki rekam jejak pengabdian di berbagai formasi. “101 Orang yang mengikuti uji kompetensi ini ada fakta menarik dan tidak menarik. Yakni dari 101 hanya ada sekitar 9 orang perempuan. Tentu ini bukan bagian dari rekayasa tapi memang itulah kenyataan di lapangan,” ujar Drs. Ahmadi.

Drs. Ahmadi juga menjelaskan bahwa berbagai tahapan asesmen akan dilalui para peserta. Salah satunya Tes Psikologi yang bekerjasama dengan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA. “Setiap formasi jabatan tentu memiliki standar penilaian tersendiri. Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan baik. Terima kasih karena sudah meluangkan waktu. Ini bukanlah perjuangan, tapi sebuah perjalanan yang memang harus kita lalui,” ujar Drs. Ahmadi memungkasi sambutan.

Sementara itu, atas nama tuan rumah, Rektor UINSA, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D., mengucap syukur atas kepercayaan yang diberikan kepada UINSA untuk menjadi tempat diselenggarakannya uji komptensi tersebut. Hal itu, menurut Prof. Masdar menjadi sebuah kehormatan tersendiri bagi UINSA. “Mudah-mudahan ini menjadi majlis yang baik, yang memberkati kita semua,” ujar Prof. Masdar penuh harap.

Prof. Masdar menjelaskan, bahwa dalam perubahannya UINSA terus berusaha menyediakan sarana dan prasarana yang representatif, khususnya untuk kebutuhan akademis. “Mumpung di Surabaya, jangan lupa untuk berwisata di Kota Pahlawan. Kulinernya pun banyak. Rujak cingur, Bebek Sinjay, Songkem, dan lain-lain. Ke Surabaya tanpa mencoba kuliner, seperti pergi haji tanpa ke Arofah,” ujar Prof. Masdar dengan guyonan renyah.

Melengkapi sesi sambutan utama disampaikan Inspektur Jenderal Kemenag RI, Prof. Dr. Phil. H. M. Nur Cholis Setiawan.  Dalam sambutannya, Prof. Nur Cholis banyak memberikan nasehat tasawuf kepada para peserta, kaitannya dengan pentingnya memperkuat ikhtiyar (usaha, red) dalam upaya mencapai apa yang dicita-citakan. Setiap usaha, menurut Prof. Nur Cholis, tidak akan berakhir sia-sia. “Setiap orang memiliki espektasi. Meskipun seringkali kenyataan tidak sesuai dengan espektasi. Kita hanya diwajibkan berusaha, hasilnya, bentuk dan waktunya Tuhan Yang Tentukan,” ujar Prof. Nur Cholis.

Selain itu, terlepas dari papaun hasil yang diterima, Prof. Nur Cholis secara pribadi menyampaikan apresiasi mendalam terhadap para peserta. Prof. Nur Chlolis berharap, semua dapat menjalankan setiap sesi dalam keadaan prima, sehat jasmani dan rohani. “Semoga ini menjadi bagian dari amal sholeh kita bersama,” pungkas Prof. Nur Cholis. (Nur-Chy/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data