BAWA MISI ISLAM WASATHIYAH, 6 MAHASISWA UINSA KKN INTERNASIONAL KE BELANDA

- 06 Jul 2018

UINSA Newsroom, Jumat (06/07/2018); Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Masdar Hilmy, S. Ag, MA, Ph. D, secara resmi melepas 6 orang mahasiswa yang akan melaksanakan KKN Internasional ke Belanda. Mereka adalah M. Yusuf (BKI/7), Mas Nur Zubaidah (KPI/7), Wahyu Auliasari (SI/7), Najwan Nada (BKI/7), Ummahatul Mukminin (BKI/7), dan Yeni Yuliani (BKI/7). Dalam sambutannya, Rektor menjelaskan, bahwa salah satu upaya UINSA menuju World Class University adalah membangun kerjasama dengan dunia Internasional. Salah satunya dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia Belanda dan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI NU) Belanda.

“UINSA sangat senang dan menyampaikan terima kasih atas terlaksananya kerjasama ini. Kami berharap semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan kerjasama terus terjalin dengan baik, serta membawa kemajuan untuk UINSA khususnya dan masyarakat pada umumnya,” tutur Prof. Masdar.

Lebih lanjut dijelaskan Fathan Aniq, selaku Plt. Kepala Pusat International Office, bahwa kecakapan berbahasa (Arab dan Inggris), memahami turast (Kitab Klasik), rencana dakwah, serta kemampuan berkomunikasi dengan baik menjadi komponen utama penilaian peserta. Kaitannya dengan pelaksanaan, pendekatan yang dipakai dalam kegiatan ini adalah Service Learning. Program pengabdian pun dijadwalkan selama 2 bulan di beberapa kota di Belanda. “Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk mengaplikasikan dan mengamalkan ilmu yang telah mereka dapat, tapi juga diharapkan dapat mengambil sebanyak mungkin ilmu dan pengalaman selama mereka melaksanakan pengabdian di Belanda,” ujar Fathan Aniq.

Disampaikan Fathan Aniq, salah satu misi penting kegiatan ini adalah bahwa melalui program ini diharapkan mahasiswa UINSA dapat berperan mengenalkan Islam Wasathiyah (Islam Nusantara) yang Rahmatal Lil ‘Alamin kepada masyarakat Muslim Indonesia di Belanda khususnya dan masyarakat Belanda pada umumnya. Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar dan kompetisi mahasiswa serta menciptakan suasana akademik yang baik di UINSA.

“Tak lupa, kegiatan ini juga bertujuan sebagai media promosi mengenalkan UINSA di Belanda dan Eropa, mengenalkan kepada mahasiswa UINSA tentang keberagaman dan pluralitas Masyarakat  Belanda secara langsung, sekaligus sebagai media membangun kerjasama yang baik dengan mitra di luar negeri,” lanjut Fathan Aniq.

Selama di Belanda, mahasiswa akan melakukan pengabdian di beberapa tempat pusat kajian budaya dan Ke-Islaman, diantaranya adalah PPME Al-Ikhlas Amsterdam dan Al-Hikmah Den Haag. Selain dengan Belanda, UINSA juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa negara lainnya seperti Thailand, Malaysia, Filiphina dan lain sebagainya.  (IO/UINSA)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data