PROF. NUR SYAM: PEMBELAJARAN BAHASA ARAB HARUS BERKEMBANG DI ERA DIGITAL

- 26 Jul 2018

UINSA Newsroom, Kamis (26/07/2018); Kamis, 26 Juli 2018, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar Seminar Internasional yang bertajuk ‘Dauroh Tadribiyah Dauliyah Fi Tathwiril Maharotil Lughowiyah Wa Ta’limiha’. Bertempat di Gedung Amphiteather Lt. 2 UIN Sunan Ampel Surabaya. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini, Prof. Dr. H. Nur Syam, M.Si. Guru Besar UINSA Bidang Sosiologi yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jendral Kementerian Agama Republik Indonesia. Serta narasumber dari Al Mamlakah Al Arabiyyah Al Su’udiyah (Kerajaan Saudi Arabiyah), Dr. Nahla’ Al Bunyan.

Mengawali acara, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dra. Wahidah Zein Br Siregar, MA., Ph.D menekankan pentingnya pembelajaran Bahasa Arab sebagai bahasa yang digunakan dalam teks-teks Keagamaan, khususnya Islam. “Tema dalam seminar ini sangat penting bagi kita. Seperti yang kita ketahui bahwa Alqur’an menggunakan Bahasa Arab, yang artinya bahwa kita bisa mempelajari Alqur’an dengan Bahasa Arab, seistimewah itulah Bahasa Arab dalam kehidupan kita,” Ujar Dra. Wahidah.

Sementara itu, dalam sesi seminar, Prof. Dr. H. Nur Syam, M.Si., menyampaikan materi tentang Modernisasi Pendidikan Islam. Prof. Nur Syam menuturkan, bahwa dewasa ini Negara Indonesia tengah menghadapi tantangan. Tantangan yang pertama, yakni tantang kompetensi global kompetitiveness indeks. Kedua, tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Ketiga, tantangan mengenai isu revolusi industri 4.0.

Sedangkan tantangan yang sangat krusial dihadapi Negara Indonesia, menurut Prof. Nur Syam, adalah mengenai revolusi industri yang terus berkembang dari waktu ke waktu. “Fase pertama industri revolusi yakni ditandai dengan penemuan mesin, yang kedua ditandai dengan penemuan listrik, ketiga ditandai dengan penemuan teknologi informasi, dan yang keempat ditandai dengan kegiatan manufaktur yang terintegrasi melalui teknologi wireless,” Jelas Prof. Nur Syam detail.

Selain itu, Prof. Nur Syam juga menambahkan gejala-gejala transformasi di Indonesia. Diantaranya yakni model bisnis dan pekerjaan yang sudah terkena dampak dan arus era digital. “Misalnya saja, saat ini sudah banyak toko fisik yang juga memiliki marketplace, jadi dia berusaha bertahan dengan mengikuti perubahan. Kemudian ojek dan taksi konvensional yang beralih menjadi Go-jek, Grab, Uber, dan lain sebagainya,” papar Prof. Nur Syam secara rinci.

Di akhir seminarnya, Prof. Nur Syam menuturkan adanya tantangan modernisasi yang sedemikian rupa. Maka, sebagai bagian dari sektor Pendidikan Islam juga harus menghadapi perubahan tersebut. “Pembelajaran Bahasa Arab harus dapat berkembang di era industri 4.0 ini,” pungkasnya seraya mengakhiri seminar sesi pertama.

Sebagai informasi, kegiatan seminar yang digelar dalam dua sesi ini merupakan rangkaian kegiatan selama dua hari, Kamis-Jumat, 26-27 Juli 2018. Sesi kedua seminar diisi Dr. Nahla’ Al Bunyan. Selain Dr. Nahla’ Al Bunyan, pemateri dari Kerajaan Saudi Arabiyah lainnya yang juga akan mengisi seminar hari kedua di Hall Hotel GreenSA Inn Sidoarjo yakni Dr Abdullah Al Lahibi.Hadir sebagai peserta kegiatan yang terdiri dari kurang lebih 150 orang ini, Dosen Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Kopertais Wilayah IV, Dosen FTK, Dosen Intensif Bahasa Arab, Mahasiswa FTK, serta Dosen Sastra Arab Fahum UINSA. (Luk/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data