EVALUASI PMB, UINSA GELAR FGD SPAN-UM PTKIN 2018

- 30 Jul 2018

UINSA Newsroom, Senin (30/07/2018); Lima jalur penerimaan mahasiswa baru UIN Sunan Ampel Surabaya telah usai. Jadwal selanjutnya, adalah pengumuman hasil tes tulis SPMB Mandiri berbasis CBT pada Kamis, 2 Agustus 2018. Menjelang pengumuman tersebut, Tim yang terdiri dari unsur pimpinan, yakni Rektor, Wakil Rektor, dan Dekan, menggelar rapat terbatas guna penentuan kelulusan SPMB Mandiri Tahun 2018. Agenda ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan Focused Group Discussion (FGD) Evaluasi Pelaksanaan SPAN-UM PTKIN Tahun 2018 yang digelar di Panderman Ballroom 1 Royal Orchids Garden Kota Batu, Senin, 30 Juli 2018.

Dibuka secara resmi bersama Rektor UINSA, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D., menyampaikan apresiasi atas kerja keras tim yang terdiri dari berbagai unsur dalam melaksanakan rutinitas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) setiap tahun. Pada kesempatan ini, Prof. Masdar menjelaskan, pentingnya mengevaluasi kembali design penerimaan yang sesuai standarisasi. Hal itu, menurut Prof. Masdar, penting dalam rangka memastikan UINSA memiliki input (maba), proses, hingga output (alumni) mahasiswa yang baik.

“Kita patut bangga, bahwa para alumni kita telah banyak mengisi ruang-ruang kehidupan dengan berbagai prestasi. Tentu itu tidak lepas dari kontribusi Perguruan Tinggi. Tapi apakah itu memiliki korelasi dengan sistem penerimaan kita? Atau hanya by accident sebagai hasil dari External Exposure mereka,” ujar Prof. Masdar melontarkan diskusi mengawali FGD.

Prof. Masdar juga menegaskan, bahwa diakui atau tidak, UINSA masih kerap menjadi destinasi alternatif bagi camaba yang tidak diterima di kampus lain. Sehingga terdapat kecenderungan, input yang diterima UINSA memiliki kapasitas akademik yang kurang. Mengatasi hal ini, Prof. Masdar, tantangan kedepan adalah bagaimana input yang kurang tersebut dapat dimaksimalkan melalui proses yang optimal dan menjadi output yang kompetitif.

Lebih lanjut terkait kompetititf, Prof. Masdar juga mengingatkan pentingnya memahami visi UINSA yang salah satunya adalah menjadi kampus yang kompetitif bertaraf Internasional. Bertaraf Internasional, bagi Prof. Masdar, bukan sekedar tentang tingginya frekuensi ke luar negeri atau adanya kelas berbahasa asing. Setidaknya, ada dua poin penting yang menurut Prof. Masdar mendukung upaya menjadi bertaraf internasional, yakni Indeksinasi dan Publikasi Internasional, serta Internasional outlook.

“Iklim kompetisi untuk meningkatkan publikasi internasional harus hidup, serta banyaknya maba asing yang kuliah di UINSA. Mudah-mudahan kita segera memiliki mekanisme penerimaan yang standar, tracer study yang pas, sehingga kita benar-benar layak menyandang gelar World Class University (WCU)” tukas Prof. Masdar memungkasi sambutan.

Usai pembukaan yang dilakukan Prof. Masdar, agenda kegiatan pun dilanjutkan dengan sesi presentasi pelaksanaan SPAN-UM PTKIN yang disampaikan Drs. Abdullah Rofiq Mas’ud, MM., Kabag Akademik. Dilanjutkan dengan pemaparan dari Dr. Helmi Syaifuddin, M.Fil.I., Koord Pokja CBT SPAN-UM PTKIN Nasional, kaitannya dengan gambaran pelaksanaan SPAN-UM PTKIN secara nasional. Serta pemaparan terakhir yang diisi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dra. Wahidah Zein Br. Siregar mengenai Kebijakan UINSA dalam Penerimaan Mahasiswa Baru melalui SPAN-UM PTKIN.

Diakhir paparan, Dra. Wahidah secara khusus menyampaikan beberapa catatan untuk menjadi bahan evaluasi. Diantaranya seperti prosentase penerimaan, penelitian terhadap prestasi mahasiswa baik akademik maupun non akademik, tracer study alumni, hingga fasilitasi sarana dan prasarana untuk mahasiswa difable.

Sesi paparan pun ditutup dengan diskusi pembahasan evaluasi pelaksanaan SPAN-UM PTKIN yang dibagi menjadi tiga grub. Grub I membahas mengenai kebijakan SPAN-UM PTKIN, Grub II terkait evaluasi pelaksanaan SPAN PTKIN, dan Grub III membahas evaluasi pelaksanaan UM PTKIN. Acara dipungkasi sekitar pukul 22.30 WIB, yang secara detail akan dilanjutkan pada Selasa, 31 Juli 2018 di tempat yang sama dan akan ditutup dengan presentasi hasil diskusi dan rekomendasi dari masing-masing grub. (Nur-Chy/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data