AKREDITASI PERDANA, PRODI ILMU KELAUTAN RAIH NILAI B

- 07 Aug 2018

 

UINSA Newsroom, Selasa (07/08/2018); Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel (FST UINSA) Surabaya yang berdiri pada tahun 2014 berhasil meraih nilai memuaskan dalam penilaian lapangan dalam proses akreditasi Program Studi Sarjana (S1). Setelah melalui proses panjang lewat Asesmen Lapangan berbasis Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi On line (SAPTO), Program Studi (Prodi) Ilmu Kelautan UINSA mendapat peringkat akreditasi B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor 2096/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2018 tanggal 1 Agustus 2018.

“Prodi Ilmu Kelautan UINSA berhasil mendapatkan nilai akhir 320 yang berarti menunjukkan lembaga pendidikan dengan kualitas sangat baik, versi BAN-PT. Ini sungguh diluar perkiraan kami,” papar Dr. Eni Purwati, MAg, selaku Dekan FST.

Dr. Eni juga menyampaikan, asesmen lapangan untuk Akreditasi Prodi Ilmu Kelautan dilaksanakan pada tanggal 23-25 Juli 2018 oleh Dua Asesor BAN-PT, yakni  Prof. Andi Niartiningsih (Universitas Hasanudin) dan Prof. Moh. Ahsin Rifai (Universitas Lambung Mangkurat).

Dalam kesempatan yang sama Wakil Dekan Bidang Kemahasiswan dan Kerjasama FST, Yusuf Amrozi, M.MT. menyatakan, bahwa sangat jarang prodi baru yang belum mempunyai lulusan bisa langsung mendapatkan nilai A. Mengingat profil lulusan juga menjadi salah satu kriteria penilaian. “Karena faktor yang belum memiliki lulusan itu sehingga tidak mungkin mendapat nilai maksimal, bahkan sebagian besar mendapat nilai C,” ujar Yusuf.

Sementara itu, menurut Asri Sawiji, M.T., M. Sc., Ketua Program Studi Ilmu Kelautan UINSA berharap, bahwa dengan adanya penilaian tersebut dapat menjadi modal bagi Prodi Ilmu Kelautan UINSA untuk menghasilkan lulusan yang unggul, inovatif, dan siap bersaing di sektor kelautan. Serta antisipatif terhadap isu-isu kesejahteraan masyarakat pesisir.

“Hal ini sesuai dengan visi dan misi Prodi Ilmu Kelautan UINSA yaitu menjadi program studi yang unggul dan kompetitif dalam bidang pengelolaan sumberdaya kelautan dan pemberdayaan masyarakat pesisir berdasarkan nilai-nilai Ke-Islaman,” ungkap Asri Sawiji.

Lebih lanjut disampaikan Prof. Dr. Daniel M Rosyid, Ketua Himpunan Ahli Pengelolaan Pesisir Indonesia (HAPPI), yang turut diundang pada asesmen lapangan selaku stakeholder terkait, bahwa Program Studi Ilmu Kelautan UINSA mempunyai metode pendekatan kepada masyarakat, terutama masyarakat pesisir yang berbeda dibandingkan universitas lain. “Hal ini menjadi keunggulan yang bisa menjadi pembeda dengan prodi sejenis lainnya,” imbuh Prof. Daniel.

Hal senada juga diungkapkan Dr. Rudy Akhwadi dari Peneliti Balitbang Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang mengapresiasi kemampuan survei laut dan menyelam yang dimiliki Mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan UINSA. “Akidah dan sikap yang Islami menjadi nilai plus ketika mereka berkecimpung dan bekerjasama di instansi dan masyarakat,” tuturnya setelah wawancara dengan asesor.

Bagi FST UINSA, prestasi tersebut merupakan keberhasilan yang kedua. Tepatnya pada 12-14 Juli 2018 juga telah dilakukan Asesemen Prodi Teknik Lingkungan, yang berdasarkan hasil Akreditasi BAN-PT mendapatkan nilai B. Hal itu sekaligus menjadi nilai tambah bagi UINSA yang sedang mempersiapkan Akreditasi Institusi (APT). “Semoga kedepan Prodi-prodi lain di FST segera menyusul dengan nilai yang lebih baik agar visi misi institusi sebagai universitas yang Unggul, Kompetitif, dan Bertaraf Internasional dapat segera terwujud. Aamiin,” ujar Misbakhul Munir, S.Si., M.Kes., Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan FST UINSA menambahkan. (FST)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data