MAHASISWA PBSB 2018 SOWAN REKTOR UINSA

- 06 Sep 2018

UINSA Newsroom, Kamis (06/09/2018); Senin, 3 September 2018 Mahasiswa/mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya yang lulus Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) beserta pengelola dan panitia mengunjungi Rektor, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D. Panitia yang terdiri dari mahasiswa/mahasiwi angkatan 2017 dan 2016 yang juga lulus dari jalur PBSB bertugas membantu pengelola dalam melaksanakan kegiatan matrikulasi. Kegiatan tersebut diadakan sebagai penyambutan mahasiswa PBSB.

Para mahasiswa PBSB 2018 tersebut, ditempatkan di dua program studi, yaitu Bimbingan Konseling Islam (BKI) dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) di Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK). Prof. Masdar beserta Dekan FDK, Dr. H. Abd. Halim, M.Ag., dalam kesempatan ini memberikan wejangan kepada mahasiswa yang merupakan lulusan pondok pesantren tersebut. Dr. Abdul Halim memaparkan, bahwa sebagai manusia harus bisa bermanfaat bagi orang lain. Terutama bagi mahasiswa yang menerima beasiswa dari Kemenag, harus bisa membawa nama UINSA ke kancah internasional.

Senada dengan penyampaian Prof. Masdar  agar senantiasa menempa diri dengan berbagaiilmu pengetahuan dan keahlian. “Jangan pernah puas dengan apa yang sudah kalian raih,” ucap Prof. Masdar dalam salah satu nasehatnya.

Sebagai informasi, di UINSA terdapat 135 orang mahasiswa/mahasiswi yang lulus dari program Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Seluruhnya berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia, seperti Aceh, Sumatera Utara, Merauke, dan lain-lain. Mereka tergabung ke dalam sebuah organisasi Community of Santri Scholar og Ministry of Religious Affairs (CSSMoRA).

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, di mana Kemenag memberikan program wajib bagi mahasiswa/mahasiswi PBSB sebelum masuk kuliah secara resmi yang biasa disebut dengan kegiatan matrikulasi. Yakni kegiatan selama seminggu guna pembekalan sekaligus penyambutan bagi mahasiswa baru PBSB. Namun tahun ini, Kemenag tidak lagi memberlakukan program tersebut. Meskipun begitu, UINSA tetap membentuk panitia dan mengadakan penyambutan terhadap mahasiswa baru tersebut. Salah satunya dengan kunjungan kepada rektor..

“Menurut saya, pengelola ingin mendidik mereka (mahasiswa baru PBSB, red) untuk tetap berkhidmat kepada guru. Salah satunya dengan cara sowan ke rektor. Selain itu biar rektor tahu kalau di UINSA ada juga mahasiswa yang lulus bukan dari jalur UMPTKIN atau mandiri saja,” jelas Mia Rahmatun Nisa, Mahasiswi Prodi BKI Semester V yang merupakan Ketua Pelaksana Matrikulasi. (Dni/FDK)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data