ISTIGHOSAH KEBANGSAAN MEMBUKA PROGRAM MA’HAD 2018

- 14 Sep 2018


 

UINSA Newsroom, Jumat (14/09/2018); Kamis, 13 September 2018 menjadi hari perdana dibukanya Program Peningkatan Kompetensi Keagamaan Mahasiswa Tahun Akademik 2018/2019. Dua programnya antara lain Program Peningkatan Kompetensi Keagamaan Mahasiswa (P2KKM) dan Program Peningkatan Kompetensi Baca Tulis Al-Qur'an dan Kompetensi Keagamaan Praktis (P2KBTA dan KKP).

“Diakhir program, mahasiswa akan diberikan syahadah/sertifikat bagi mereka yang lulus. Dimana sertifikat tersebut menjadi berkas penunjang akademik yang harus dimiliki mahasiswa sebelum mengajukan skripsi,” terang Bahtiyar Rifa'i, M.Pd.I., Koordinator Bidang Asrama Pusat Ma’had Al-Jami’ah.

Lebih lanjut disampaikan Dr. Wasid, SS., M.Fil.I., Koordinator Bidang Akademik Pusat Ma’had Al-Jami’ah, P2KKM akan digelar selama dua semester dengan jadwal program setiap Hari Selasa dan Kamis pukul 16.00-17.00 WIB. Sedangkan Ujian P2KBTA dan KKP akan digelar pada Selasa, 18 September 2018. “Bagi yang dinyatakan tidak lulus dalam ujian ini akan diberikan pembinaan selanjutnya dengan durasi 20 kali tatap muka. Seminggu empat kali pertemuan, kelas pagi dan sore, bertempat di Masjid Ulul Albab,” terangnya.

Selain itu, Dr. Wasid juga menjelaskan, bahwa dalam ujian tersebut, beberapa materi yang akan diujikan seperti halnya kemampuan Baca Tulis Al-Quran, Hafalan surat-surat pendek, Doa harian, Praktek Ibadah seperti Shalat, Wudlu, Tayammum, Memandikan Jenazah, dan lain-lain.

Sementara itu, dalam sambutan kegiatan bertajuk Pertemuan Akbar dan Sosialisasi Program Peningkatan Kompetensi Keagamaan Mahasiswa Tahun Akademik 2018/2019, Kepala Pusat Ma’had Al-Jami’ah, Drs. Abd. Mujib Adnan, M.Ag., menyampaikan, kegiatan tersebut sengaja dibuka dengan dzikir dan doa bersama demi kemaslahatan UINSA, serta bangsa pada umumnya. Drs. Abd. Mujib juga merasa bangga bisa berada di hadapan para Maba UINSA, yang diyakini sebagai bagian dari orang-orang yang teguh dalam menuntut ilmu.

Thoifatun liyatafaqqahu fiddin. Serta kelak akan menjadi generasi yang liyundziru qoumahum, idza roja'u ilaihim la'allahum yahdzaruun. Yakni generasi yang memberi pembelajaran dan masyarakat mendapat pembelajaran baik dari anda semua,” imbuh Drs. Abd. Mujib mengutip QS. 9 At Taubah ayat 122.

Selanjutnya, mewakili Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Abu Azam Al Hadi, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ma’had sangat penting dalam rangka meningkatkan kemampuan keagamaan mahasiswa. Mengingat tidak semua maba dapat ditampung untuk tinggal di Pesantren Putra maupun Putri. Sehingga, mahasiswa yang tidak tinggal di pesantren juga mendapat pengetahuan keagamaan yang sama.

Tak lupa, Prof. Azam juga berpesan, agar mahasiswa senantiasa belajar dengan baik dan dapat lulus tepat waktu. “Pahami apa yang dipelajari, Kerjakan tugas yang diberikan dosen, jika tidak bisa tanyakan, berdiskusilah dengan dosen, banyaklah membaca. Saya yakin anda semua akan menjadi orang sukses,” ujar Prof. Azam memotivasi.

Memungkasi sambutan, Prof. Azam berharap, bahwa kegiatan tersebut sekaligus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, Agama, Nusa, dan Bangsa. Penabuhan bedug pun menandai dibukanya Program Ma’had yang akan diikuti sekitar 4437 Maba dari Sembilan fakultas tersebut. (Nur-Alf/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data