OPENING READING GROUP FISIP: RESPON AKADEMISI ATAS DUNIA SOSIAL

- 09 Oct 2018

UINSA Newsroom, Selasa, (09/10/2018); Bertempat di ruang Laboratorium, Kamis, 4 Oktober 2018 dimulai Reading Group Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya (FISIP UINSA). Kegiatan akademis ini ditujukan untuk me-refresh sekaligus sebagai ruang penajaman keilmuan dosen tentang perkembangan ilmu pengetahuan terkini. Reading Group Dosen FISIP ini akan dilaksanakan secara rutin tiap pekan dan menghadirkan narasumber internal dengan materi kajian yang beragam, khususnya terkait dengan kajian ilmu-ilmu sosial.

Hadir sebagai pemateri perdana adalah Prof. Akh. Muzakki yang juga menjabat sebagai Dekan FISIP. Kajian kali pertama ini menghadirkan buku berjudul “Higher Education in The Era of The Fourth Industrial Revolution” yang diedit Nancy W. Gleason. Buku tersebut menjelaskan tentang Revolusi Industri Tahap Empat yang ditandai dengan munculnya Automation Economy.

Disarikan Prof. Muzakki mengenai isi buku menjelaskan, bahwa dunia otomatis yang menandai Revolusi Industri Tahap 4 ditunjang oleh perubahan cara pandang dan cara hidup manusia. Cara berpikir manusia pada masa sekarang sudah bergeser dari yang manual menuju yang digital, dan dari yang linier menuju yang gradual. Pada dunia sosial semacam inilah muncul gejala yang disebut liberal arts. Konsep liberal arts, berargumentasi bahwa manusia yang masuk pada era revolusi industri tahap empat ini lebih suka terhadap kajian-kajian dalam domain ilmu sosial, ilmu alam, seni, dan humaniora.

Menurut Prof. Muzakki, buku tersebut juga menjelaskan bagaimana kecenderungan cara berpikir dan hidup tersebut memasuki dan mempengaruhi dunia pendidikan tinggi. Artinya, pada masa depan, pendidikan tinggi harus membentuk dirinya menjadi pencetak generasi yang siap menghadapi automation economy tersebut. “Ke depan, bila fakultas kita ini ingin memiliki kesiapan maksimal menghadapi dunia otomatis ini, maka kita harus maksimal melakukan re-desain kurikulum dan strategi pembelajaran”, ujar Prof. Muzakki.

Selain itu, Reading Group ini selanjutnya didesain bukan hanya membedah buku terbaru, tapi ke depan juga akan membedah artikel jurnal terbaru yang menyuguhkan temuan-temuan baru dalam dunia pendidikan. Reading group ini menjadi salah satu upaya mengisi amunisi keilmuan civitas akademika, khususnya dosen-dosen di lingkungan FISIP yang kemudian akan mentransformasikannya dalam proses akademik yang dijalaninya. (WD-3/FISIP)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data