SEMINAR INTERNASIONAL PERDANA FPK UINSA, USUNG TEMA PROMOSI KESEHATAN BERKELANJUTAN

- 10 Oct 2018

UINSA Newsroom, Rabu (10/10/2018); Kegaduhan di tengah masyarakat menjadi cermin kondisi kesehatan mental suatu Negara. Indonesia yang Mayoritas Muslim menjadi bagian penting dari eksistensi masyarakat. Namun, apakah masyarakat kita telah benar-benar sehat, baik mental maupun spiritual?

Pertanyaan besar nan mendasar itulah yang menjadi cikal bakal digagasnya Seminar Internasional tentang masyarakat sehat dalam konsep Islam. Acara digelar Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel (FPK UINSA) Surabaya pada Selasa-Kamis, 9-11 Oktober 2018, di GreenSA Inn Hotel Juanda Surabaya. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini yakni, ‘International Conference On Sustainable Health Promotions (Icoshpro) 2018; Promoting Health for Sustainable Development Goals 2030 for Islamic Civilization.’

Dekan FPK UINSA, Dr. dr. Hj. Siti Nur Asiyah, MAg, menjelaskan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin mengingatkan kaitan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) telah menjadi bagian dari program yang didukung pemerintah.

“Sejak diadopsi di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Bulan September 2015, Indonesia telah mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Pemerintah telah menunjukkan komitmen yang kuat dan mengambil tindakan awal, termasuk menghubungkan sebagian besar target dan indikator SDGs,” kata Siti Nur Asiyah.

Dalam seminar internasional perdana yang digelar FPK UINSA ini, menghadirkan sejumlah pembicara. Seperti Dr. Khadizah Binti Haji Abdul Mumin dari Universitas Brunei Darussalam dan Prof. Dr. Jas Laile Zuzana Binta Jaafar Dari Univeritas of Malaya, Malaysia.

Sementara itu, pembicara lainnya antara lain Prof Dr Ir Hardinsyah MS dari ITB Bogor, Prof Dr Ridwan Amiruddin dari Universitas Hasanuddin, Makassar, Dr Ede Surya Darmawan, SKM, M.DM dari Universitas Indonesia, Jakarta.

Bertindak sebagai Keynote Speaker pada pembukaan acara yang dilaksanakan pada Selasa, 9 Oktober 2018, pukul 19.00 WIB, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Jawa Timur, dr. Kohar Hari Santoso.  Sedang secara keseluruhan materi seminar berlangsung Rabu-Kamis, 10-11 Oktober mulai Pukul 08.00 WIB.

“Dalam seminar internasional ini, juga menyangkut subtema seperti Kesehatan dan Nutrisi, Kesehatan Ibu dan Anak, Kesehatan Mental dan Kesehatan Masyarakat. Kami ingin membantu terwujudnya peradaban masyarakat Muslim yang sehat, cerdas dan berkualitas, serta mempu mendukung pelaksanaan pembangunan di Negara kita sebagai bagian dari masyarakat dunia,” kata Siti Nur Asiyah, didampingi sekretaris panitia Romyun Alvy Khoiriyah, M.Si.

Sementara itu, Rektor UINSA, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D., dalam sambutan menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada FPK atas kerja kerasnya menyiapkan seminar internasional tersebut. Tak lupa, kepada para narasumber yang telah dengan kesediaan hati mengisi acara dan berbagi pengetahuan bersama segenap peserta seminar.

Seminar Internasional dengan tema Promosi Kesehatan Berkelanjutan tersebut, menurut Prof. Masdar, sangat relevan untuk diangkat dan dijadikan bahan diskusi. Mengingat kesadaran akan kesehatan di Indonesia belum cukup baik. “Meskipun dibandingkan Negara-Negara Muslim lainnya, Indonesia sudah lumayan,” imbuh Prof. Masdar.

Lebih lanjut disampaikan Prof. Masdar, pengetahuan dan praktek hidup sehat perlu mendapat perhatian serius. Diantara isu besar mengenai kesehatan seperti tingginya angka kematian ibu melahirkan, gizi buruk, usia harapan hidup masayarakat, hingga defisit dana BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). “Kita tentu tidak bisa hanya bertumpu pada pemikiran bahwa hidup dan mati adalah urusan takdir. Sehingga tidak ada upaya untuk meningkatkan kualitas kehidupan,” ujar Prof. Masdar.

Karena itu, khususnya bagi generasi muda, perlu dibekali pengetahuan tentang kesehatan dan seminar internasional kesehatan tersebut merupakan langkah awal untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan serta mempromosikannya. “Menghadapi Bonus Demografi yang akan terjadi pada 2020-2035, maka pemuda memiliki peran penting. Mereka harus dibekali tentang apa itu makna kesehatan dan juga kehidupan,” tegas Prof. Masdar memungkasi sambutan.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan Keynote Speech. Kemudian ditutup dengan sesi penyerahan tanda mata dari UINSA yang disampaikan Rektor kepada Kadinkes Jatim serta foto bersama dengan jajaran pimpinan serta panitia (Nur-Alf/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data