MOU DAN STUDI BANDING UIN ANTASARI BANJARMASIN KE UINSA

- 11 Oct 2018

UINSA Newsroom, Kamis (11/10/2018); Setelah resmi beralih status dari IAIN berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 2017 Tentang Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin tanggal 3 April 2017, pembenahan di berbagai bidang terus dilakukan. Salah satunya dengan menggelar MoU serta studi banding ke mapus-kampus UIN yang telah lebih dulu beralih status. UINSA menjadi salah satu Destinasi Studi Banding UIN Antasari, Rabu, 10 Oktober 2018.

Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA., bersama rombongan disambut langsung Rektor UINSA, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA, Ph.D., di Ruang Kerja Rektor Lt. 2 Twin Towers A UINSA. Turut mendampingi Wakil Rektor UINSA Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dra. Wahidah Zein Br Siregar, MA., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. H. Mashum, M.Ag., Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (AAKK), Drs. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I., dan Sekretaris Kopertais Wil.IV Surabaya, Dr. M. Yunus Abu Bakar, M.Ag.

Sementara itu, rombongan dari UIN Antasari Banjarmasin yakni Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Hj. Nida Mufidah, M.Pd., Kepala Kerja Sama, Kelembagaan dan Informasi, Dra. Hj. Fauziah Hayati, MHI, Kasubbag Kerja Sama Rahimah, S.Ag., serta Kepala Pusat Kewirausahaan dan Pengembangan Karir dan Bendahara Kopertais XI Kalimantan, Hj. Isnaniah.

Prof. Masdar menyambut baik kunjungan kerjasama UINSA dengan UIN Antasari. Hal itu, menurut Prof. Masdar merupakan upaya saling menguatkan antar dua lembaga, tidak hanya pada bidang pembelajaran, namun juga bidang lain seperti visiting professor/lecturer, pengabdian pada masyarakat dan sebagainya. “Kami senang, bahwa pertemanan secara personal saya dan Pak Rektor, bisa berlanjut menjadi pertemanan secara kelembagaan. Ini merupakan berkah sekaligus anugerah bagi kami, bagi UINSA,” tegas Prof. Masdar dalam ceremony kegiatan yang digelar di Ruang Meeting Rektor Lt. 2 Twin Towers A UINSA.

Lebih lanjut disampaikan Prof. Mujiburrahman, bahwa tujuan dari melakukan kunjungan tersebut adalah dalam rangka peningkatan wawasan akademik, layanan dan pengelolaan kelembagaan UIN Antasari Banjarmasin. Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (Memorandum of Understanding) antara UIN Antasari Banjarmasin dengan UINSA tentang Pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi dan Sumber Daya Manusia.

Dijelaskan Prof. Mujiburrahman, bahwa karakteristik Masyarakat Banjar dengan Jawa Timur memiliki hubungan yang sangat dekat, baik dari segi letak geografis, maupun kultur/budaya masyarakatnya. Sehingga kerja sama antara UIN Antasari Banjarmasin dengan UINSA kedepan dapat dilakukan dalam berbagai aspek.

Disamping Penandatanganan MoU, pada kesempatan tersebut, Rombongan UIN Antasari didampingi Dra. Wahidah, Wakil Direktur Pascasarjana, Dr. Ahmad Nur Fuad, MA., dan Kepala Pusat Layanan Internasional, Nur Fitriatin, M.Ed. secara khusus berkunjung ke Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UINSA. Site Visit ini guna melihat lebih dekat mengenai pelayanan akademik dan kemahasiswaan FISIP UINSA yang telah menerapkan Program Pelayanan One Day Service (ODS).

Sistem ODS ini merupakan sistem layanan satu pintu dalam tata persuratan untuk keperluan akademik dan kemahasiswaan. Keunggulan lainny dalam hal pelayanan akademis di FISIP UINSA adalah tersedianya ruang khusus untuk konsultasi mahasiswa dengan dosen, adanya SOP bagi mahasiswa, pimpinan, pendidik dan tenaga kependidikan yang diwajibkan melaksanakan Tadarrus Alqur’an secara bersama-sama dan berdoa sebelum memulai aktifitas pembelajaran  atau kerja.

Terkait layanan, FISIP UINSA juga menyediakan buku catatan khusus di front desk dan kotak saran di depan masing-masing kelas yang diperuntukkan bagi mahasiswa untuk melaporkan keluhan atau masukan terkait pembelajaran maupun sarana dan prasarana. Setiap keluhan atau masukan tersebut akan menjadi bahan briefing sebelum memulai tugas di pagi hari, yang diberi istilah Kopi ‘Koodinasi Pagi.’ Sedangkan kotak saran akan dibuka setiap sebulan sekali untuk kemudian ditindaklanjuti.

Tidak hanya melakukan sharing terkait layanan akademik dan kemahasiswaan, pembinaan dan pengembangan minat bakat mahasiswa, dalam kunjungan tersebut, Rombongan UIN Antasari juga dipersilahkan secara langsung melihat ruang kerja serta fasilitas layanan yang disediakan di FISIP UINSA. (Nur/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data