PASCASARJANA UINSA GELAR WORKSHOP METODE PENELITIAN

- 11 Oct 2018

UINSA Newsroom, Kamis (11/10/2018); Bertempat di Aula lantai 3 Pascasarjana, UIN Sunan Ampel Surabaya, Rabu, 10 Oktober 2018 mengadakan Workshop Metode Penelitian.  Kegiatan ini dilaksanakan Program Studi (Prodi) dalam naungan Ilmu Ushuluddin di Pascasarjana, yaitu Magister Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), Ilmu Hadits (ILHA),  dan Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IQT).

Workshop ini dimaksudkan untuk memberi  bekal pengetahuan kepada mahasiswa Program Magister  AFI, ILHA, dan TQT tentang metode penelitian, khususnya pada Ilmu Ke-Islaman. Tujuan penting lainnya adalah memberikan skill berupa kompetensi metode penelitian dalam rangka meningkatkan kualitas thesis yang sedang atau akan dilakukan.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Prof. Noorhaidi, MA, M.Phil, Ph.D, Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, dengan moderator Kaprodi Magister AFI, Dr. Syamsul Huda M.Ag. Sasaran utama kegiatan ini adalah mahasiswa semester 3 dan 5 dari ketiga prodi.

Dalam sambutannya, Wakil Direktur Pascasarjana, Dr. Ahmad Nur Fuad, MA.,  menekankan pentingnya acara ini, mengingat problema utama penulisan thesis dan disertasi di pascasarjana adalah masalah metodologi. Karenanya, managemen Pascasarjana UINSA menyambut baik acara yang diharapkan memberi manfaat besar pada civitas pasca, khususnya mahasiswa.

Dalam paparannya sebagai narasumber, Prof Noorhaidi menekankan pentingnya meningkatkan Kapasitas Mahasiswa Pascasarjana dalam Pengembangan Academic Excellence dan Penelitian Berbasis Inter dan Multidisiplin. Semua perguruan tinggi di Indonesia memiliki amanah untuk meningkatkan academic excellence dan daya saing dalam peta akademik global. Melalui peningkatan daya saing, pendidikan tinggi diharapkan dapat menjadi ‘sumber inovasi dan solusi’ bagi pertumbuhan dan pengembangan bangsa.

“Terkait upaya mewujudkan  academic excellence, dapat dilihat bahwa perguruan tinggi-perguruan tinggi terbaik di dunia menempatkan riset sebagai prioritas utama. Dalam konteks ini, dosen pada hakikatnya peneliti yang mengajar. Dosen mengajarkan pada mahasiswa cara-cara meneliti atau memproduksi ilmu pengetahuan, sehingga pada saatnya akan menjadi peneliti mandiri,” ujar Prof Noorhaidi.

Lebih lanjut alumni  S2 Leiden Uni dan S3 Ultrech Uni ini memberikan contoh tentang NUS (National University Singapore) yang merupakan universitas terbaik ASEAN bahkan Asia dan masuk jajaran 20 besar dunia, terwujud  berkat pengembangan riset berkualitas. Karena itulah menurut Prof Noorhaidi, belenggu-belenggu birokrasi dan administrasi harus dikurangi sedemikian rupa demi komitmen menyeluruh terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. “Hal lain adalah penghargaan terhadap publikasi internasional diberi penekanan dalam universitas riset karena diyakini merupakan faktor penting dalam evaluasi keunggulan penelitian,” imbuh Prof Noorhaidi.

Selanjutnya, dijelaskan Prof Noorhaidi, dalam konteks penelitian, mahasiswa pascasarjana memainkan peran yang amat penting. Mahasiswa pascasarjana pada hakikatnya adalah calon peneliti, yang merupakan produsen utama ilmu pengetahuan. Peneliti, demikian tutur Prof Noorhaidi, selalu terobsesi dengan upaya menjelaskan fenomena sosial, budaya, agama, pendidikan, ekonomi, sains dan lain sebagainya yang ada di sekitar dengan cara yang sistematis, terukur, dan empiris.

“Mereka, para peneliti,  menemukan penjelasan baru atas realitas, hasil penggalian yang gigih (eksplorasi), pemahaman interpretatif yang mendalam (thick description), dan penjelasan kausalitas yang meyakinkan (causal explanation). Dan akhirnya, Keberhasilan sebuah penelitian ditentukan pertama-tama oleh kemampuan peneliti memproblematisasi masalah,” tukas Prof Noorhaidi. (An/Pasca)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data