GANDENG DIKTIS, UINSA PERKUAT KELEMBAGAAN JELANG VISITASI APT

- 31 Oct 2018

UINSA Newsroom, Rabu (31/10/2018); Dalam rangka mempersiapkan visitasi re-Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar Workshop Quality Assurance Pengembangan SOP (Standar Operasional Prosedur) dan Formulir SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal). Workshop yang diselenggarakan di Ibis Style Malang ini, dihadiri oleh Drs. Agus Sholeh, M.Ed, pendamping proses akreditasi dari Diktis.

Kegiatan yang digelar pada 26-28 Oktober 2018 ini, hakikatnya bertujuan untuk merumuskan SOP dan formulir SPMI dalam rangka melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Semua Lembaga dituntut untuk mempunyai SPMI. Beberapa dokumen SPMI diantaranya adalah SOP dan Formulir. “Keberadaan SOP sangat dibutuhkan sebagai kelengkapan dokumen APT”, ungkap Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag, Ketua LPM Uinsa. 

Urgensi diadakannya kegiatan ini, lanjut Ali Mudlofir, adalah adanya petunjuk arah bagi fakultas, pascasarjana, program studi, bagian, dan unit. Sehingga mereka tidak berjalan sendiri-sendiri tanpa standarisasi. Dengan melaksanakan SOP, berarti kita telah melaksanakan penguatan SPMI dari hulu hingga hilir, dari rektor hingga prodi. ”Saya harap, dari forum ini terlahir SOP yang operasional, jelas, terukur dan praktis. Sehingga Siapapun pemangku jabatan, di level manapun akan sama standarisasi mutunya”, harap mantan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uinsa ini.

Hadir pula di kesempatan yang sama, Wakil Rektor I Uinsa. Wahidah Zein Br. Siregar, MA., Ph.D, dalam sambutannya di Opening Ceremony kegiatan ini menyatakan bahwa penguatan kelembagaan adalah salah satu tugas utamanya sebagaimana termaktub dalam Organisasi dan Tata Kerja (Ortaker) Uinsa. Penguatan kelembagaan tersebut berupa pengembangan Fakultas, Jurusan, dan Program Studi. “yang menjadi salah satu kegelisahan saya adalah masih adanya benturan antara Kebijakan level atas, dengan implementasi di lapangan”, keluh perempuan asal Medan ini. Ia berharap kedepan Uinsa mempunyai kejelasan SOP atas semua layanan termasuk surat menyurat, sehingga tidak akan terjadi keterlambatan penyampaian surat. “Saya harap ada kerjasama yang baik antar komponen”, tukasnya penuh harap.

Point penting dalam Workshop Quality Assurance ini adalah terlaksananya monitoring dan evaluasi SOP UIN Sunan Ampel Surabaya, pengembangan SOP dan penyusunan Formulir SPMI. Pengembangan dan penyusunan SOP dilaksanakan dengan berbasis regulasi yang ada, antara lain Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2015 tentang SN-Dikti dan KMA Nomor 168 tahun 2010 tentang Penyusunan SOP di lingkungan Kementerian Agama. Workshop selama tiga hari ini dihadiri oleh 75 peserta dengan komposisi Wakil Rektor, ketua LPM, sekretaris LPM, Kepala Pusat di LPM, Kasubag LPM, JFU LPM, Wakil Dekan, Wakil Direktur, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua dan Sekretaris Prodi, Kepala Bagian, Kepala Subbagian, Kepala Pusat, Ketua Unit, Tim Auditor Mutu Internal, dosen dan JFU UIN Sunan Ampel Surabaya.

Dalam kesempatan ini, Pendamping Akreditasi Diktis, Drs. Agus Sholeh, M.Ed, menyampaikan bahwa dalam rangka mensupport penuh perguruan tinggi, PD Dikti melaksanakan pendampingan terhadap LPM PTKIN 4 kali dalam setahun. Dua kali diselenggarakan di Diktis, dua kali digelar di kampus. Dalam proses akreditasi, basis data harus jelas. Semua database kampus harus seirama dengan penjaminan mutu. Strategi itu penting dalam proses akreditasi. Tetapi yang jauh lebih penting adalah komitmen pimpinan dalam proses penjaminan mutu perguruan tinggi.

Di tahun 2019, ditargetkan seluruh UIN se-Indonesia APTnya terakreditasi A. Dari 14 Perguruan Tinggi yang didamping oleh Diktis dalam proses pengajuan akreditasi, diprediksi 7 perguruan tinggi mendapat akreditasi A, dan 3 perguruan tinggi berpotensi terakreditasi A. “Kemenristekdikti dan Diktis sangat berharap UIN Sunan Ampel terakreditasi A”, tegas pria asal Malang ini. (Alful/humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data