POPPY AMALIA: UINSA, PERDANA GELAR SEMINAR MIKROEKSPRESI DI INDONESIA

- 07 Nov 2018

UINSA Newsroom, Rabu (07/11/2018); Sabtu, 03 November 2018, menjadi hari penting bagi mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel (FPK UINSA) Surabaya. Pasalnya, hari tersebut berlangsung serangakaian acara Dies Natalis FPK Ke-III, setelah Sayembara Logo dan Opening Ceremony.

Memasuki Gedung Auditorium UINSA, banner bertuliskan “Seminar Mikroekspresi: Mengupas Tuntas Kebohongan lewat Mikroekspresi bersama Poppy Amalia,” menyambut sekitar 996 peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur. Iringan alunan musik keyboard hasil aransemen pribadi pemain, Merlyn Laras, mahasiswa dari Jurusan Psikologi Semester V UINSA pun memecah keheningan.

Moch. Irfan Hadi selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, mewakili dekan yang berhalangan hadir, membuka acara seminar tersebut. Tari Saman dari Aceh tak lupa menjadi tambahan penyemarak  seminar memperingati Dies Natalis FPK yang kini berusia empat tahun tersebut.

Poppy Amalia, Psikolog Perempuan asli Aceh yang sekarang sedang naik daun tersebut memulai seminar dengan mengatakan, metode untuk memverifikasi sebuah informasi itu tidak hanya berfokus pada body languange, tapi juga dengan mengobservasi ekspresi dan perubahan otot-otot wajah.Mikroekspresi sendiri adalah gerakan wajah singkat yang mengungkapkan emosi bahwa seseorang mencoba untuk menyembunyikan. Ekman, penemu teori tersebut berhasil menggagas hal itu, karena pada tahun 1969 menganalisis video wawancara dari pasien depresi yang mencoba bunuh diri dan menemukan ekspresi mikro.Belajar mengenai psikologi tidak melulu menyusahkan karena harus banyak referensi dan teori,” ujar psikolog bergelar master hipnoterapi tersebut.

Pemaparan Poppy yang lugas dan mudah dipahami, berhasil membuat audience menerima materi yang dapat diaplikasikan secara langsung. Hal ini disampaikan Zaki Zamani, Psikolog yang juga dosen di UINSA, “Jadi ini ilmu praktis dan bisa langsung dipraktikan, untuk menambah jam terbang, oke banget itu,” tutur Zaki.

 Selain dari sisi materi yang aplikatif bagi masyarakat umum, acara seminar ini juga dianggap edukatif bagi para mahasiswa jurusan lainnya. Salah seorang peserta dari IAIN Tulungagung, Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi menyatakan, memang ingin mengikuti seminar ini karena merupakan satu-satunya seminar yang membahas mikroekspresi, “Selama saya ikut seminar-seminar tentang psikologi maupun psikoterapi itu mikro ekspresi ya baru ada disini, jadi tertarik (red, belajar psikologi, mikro ekspresi),” ungkap Ajeng.

Adi, selaku Ketua Dies Natalis mengaku semua ini diluar dugaannya, “Luar biasa, diluar ekspetasi kami, antusiasmenya lebih. Tagetnya memang kami ingin branding dulu dan dengan branding yang mengedukasi tentunya,” tambah pria asal Sidoarjo tersebut.

Perayaan serangkaian acara Dies Natalis ini menjadi yang kedua kali, setelah tahun lalu, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FPK berhasil mendatangkan Kak Seto sebagai narasumber seminar. Herliyana Isnaeni, dosen FPK UINSA yang juga mengikuti kegiatan Seminar Kak Seto tahun lalu, mengaku merasakan banyak perkembangan yang sudah dilakukan Panitia Dies Natalis tahun ini, “Luar biasa, mengalami peningkatan tiap tahunnya. Saya sebagai salah satu dosen mereka tentunya ikut merasa bangga dengan perkembangan mereka,” imbuh Herliyana.

Mengiringi kesuksesan acara, Meutia Ananda, moderator seminar berharap, agar di tahun depan dapat lebih baik lagi. “Mungkin bisa ditambah dari sisi time keeper, bagaimana supaya semua sesuai jadwal yang direncanakan. Sangat sulit membuat acara yang memang on time dan on schedule. Terutama dengan peserta yang banyak, panitia harus solid masalah waktu dan jadwal, kalau memang bisa mengondisikan lebih disiplin dengan jadwal. Kedua, bisa ditambah untuk setting ruangan, sehingga citra UINSA di mata orang luar bisa semakin baik, serta mengundang narasumber lain yang bermanfaat untuk masyarakat umum, khususnya untuk mahasiswa psikologi itu sendiri,” tutup Perempuan Kelahiran Aceh itu memberikan masukan. (Cc/Sfk)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data