PERKUAT PENDAMPINGAN HUKUM, UINSA TEKEN KERJASAMA DENGAN KEJATI JATIM

- 08 Nov 2018


UINSA Newsroom, Kamis (07/11/2018); Permasalahan hukum bisa dialami siapapun. Tak terkecuali instansi pendidikan yang secara langsung melayani masyarakat. Sehingga pendampingan di bidang hukum pun mutlak dibutuhkan. Dalam upaya ini, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menjalin kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Kegiatan Ceremony bertajuk, ‘Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Bidang Data dan Tata Usaha Negara Antara UIN Sunan Ampel Surabaya dengan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur,’ digelar Kamis, 8 Nopember 2018 di Ruang Pertemuan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Lt. 3.

Mewakili UINSA, Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dihadiri langsung Rektor, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D., didampingi Kabiro AAKK, Drs. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I. serta Kabag di lingkungan Biro AAKK. Sementara itu, mewakili Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Dr. Sunarta, SH., MH., Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur didampingi jajaran asisten beserta staf.

Dibuka dengan pembacaan naskah Perjanjian Kerjasama, Prof. Masdar dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kejati Jatim beserta jajaran atas sambutan hangat yang diberikan. Prof. Masdar juga menegaskan, bahwa pertemuan tersebut pada hakikatnya adalah menjalin silaturahmi antar dua lembaga. “Secara geografis kita ini tetangga, hanya dipisahkan jalan protokol serta beda kementerian. Saya dan keluarga bahkan sering sholat di Masjid Kejaksaan,” ujar Prof. Masdar mengawali sambutan.

Lebih lanjut terkait Perjanjian Kerjasama, Prof. Masdar sepenuhnya berharap pendampingan serta bimbingan dari Pihak Kejati Jawa Timur. “Kami ini awam hukum. Kami sadar bahwa ada pihak-pihak yang lebih kompeten, lebih tahu, mohon untuk terus diarahkan,” harap Prof. Masdar.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Masdar juga menyampaikan terkait Rencana Pembangunan Kampus II UINSA di Gununganyar melalui skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). “Agar semua itu berada pada koridor hukum, serta berjalan sesuai prosedur, pendampingan Kejati sangat kita butuhkan,” tegas Prof. Masdar.

Sementara itu, Dr. Sunarta menanggapi penyampaian Prof. Masdar menjelaskan beberapa hal yang melatarbelakangi disepakatinya perjanjian tersebut. Salah satunya manfaat di bidang Data dan Tata Usaha Negara (Datun), yakni bahwa melalui kerjasama tersebut UINSA akan memiliki fleksibilitas dalam hal bantuan, pertimbangan, hingga tindakan hukum lain yang mungkin dihadapi dari Kejati Jawa Timur. Perjanjian Kerjasama ini pun berlaku selama dua tahun setelah ditandatangani.

“Selain itu, di bidang TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pembangunan Pemerintah Daerah) sebagai contoh mengenai Pembangunan Kampus II. Kami siap membantu melakukan pengawalan, mulai dari perencanaan, tender, hingga pelaksanaan. Agar pembangunan berjalan pada relnya. Kalaupun ada miss dibelakang kami akan semprit untuk kemudian diluruskan agar tidak terjadi penyimpangan,” terang Dr. Sunarta.

Di akhir, Dr. Sunarta menegaskan, bahwa Pihak Kejati juga sangat terbantu dengan adanya Perjanjian Kerjasama dengan UINSA. Seperti halnya bantuan dalam pembinaan spiritual melalui siraman rohani, kegiatan lokakarya, workshop, dan lain sebagainya. “Pada dasarnya kita saling menutupi kekurangan karena memang tidak ada yang sempurna. Perjanjian ini hanya formalitas, Insyaallah kedepan kita akan terus menjalin silaturahmi yang baik,” pungkas Dr. Sunarta. (Nur-Chy/Humas)

 

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data