KARAKTER UINSA, THE POWER OF ‘NGOTOT’

- 24 Nov 2018

UINSA Newsroom, Sabtu (24/11/2018); Memasuki periode awal wisuda semester gasal, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengukuhkan 223 wisudawan, Sabtu, 24 November 2018. Bertempat di Gedung Sport Center and Multipurpose, wisuda kali ini juga mengukuhkan 14 wisudawan terbaik akademik dan non akademik. Hadir dalam sesi kisah sukses alumni, H. Thoriqul Haq, S.Ag., M.ML., Alumnus IAIN SA (UINSA) Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab Tahun 1996 yang kini menjabat sebagai Bupati Lumajang.

Bupati Thoriq dalam sambutan menyampaikan rasa bangga dapat kembali ‘pulang’ ke kampus yang telah menanamkan karakter dalam dirinya. Satu karakter yang hingga saat ini terus dipegang teguh dalam menjalankan tugas dan pengabdiannya pada masyarakat, bangsa, dan Negara. “Karakter itu adalah The Caracter of ‘Ngotot’ Saya masih tidak menemukan bahasa yang pas untuk menyebut apa itu Ngotot. Ngotot ya Ngotot,” kelakar Bupati Thoriq disambut tawa seluruh tamu dan wisudawan.

Karakter Out of Mainstream inilah yang membawa dirinya survive dalam perjalanan karier di dunia politik. Diceritakan Bupat Thoriq, dirinya sempat menjabat sebagai Ketua Komisi Bidang Keuangan di DPRD Jatim. “Bayangkan, alumni Sastra Arab jadi Ketua Komisi Bidang Keuangan. Prtama kali saya tidak paham apa itu defiden, bagaimana pola pajak, tapi saya tidak patah semangat. Saya membaca, saya pelajari semua yang berkaitan dengan keuangan,” tegas Bupati Thoriq.

Sementara itu, Rektor UINSA Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D., juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kehadiran Bupati Thoriq. Prof. Masdar secara khusus menegaskan, belajar dari perjalanan dan pengalaman Bupati Thoriq bahwa UINSA tidak hanya mendidik mahasiswanya menjadi pribadi yang berilmu. Lebih dari itu, tujuan utama UINSA dalam pembelajarannya adalah bagaimana menanamkan pendidikan karakter kepada mahasiswa. “Saya tidak akan bosan mengingatkan pada adik-adik semua, bahwa Never ever underestimated your future. Jangan pernah berhenti berproses, karena hidup selamanya adalah proses menjadi,” tegas Prof Masdar menyemangati.

UINSA Kukuhkan 223 Wisudawan

Jumlah wisudawan pada Prosesi Wisuda Ke-85 Program Doktor, Magister dan Sarjana Semester Gasal Periode November Tahun Akademik 2017/2018 ini terdiri dari 15 Wisudawan Program Doktor dan 12 Wisudawan Program Magister. Sedangkan pada Program Sarjana antara lain 31 wisudawan dari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), 25 dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF), 63 dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), 17 dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), 27 dari Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), 2 dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST), 14 dari Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK), 12 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), dan 5 dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Sedangkan penghargaan sebagai wisudawan terbaik akademik pada Program Doktor diraih Dr. Abd. Muqit dari Prodi Pendidikan Islam dengan IPK 3.81 dan Program Magister diberikan pada Rohmatullah, M.Ag. dari Ilmu Al Qur'an dan Tafsir dengan IPK 3.78, Sementara Wisudawan Program Sarjana terbaik antara lain dari FSH atas nama Rizky Rosa Nur Fadilla, S.H. Prodi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) dengan IPK 3.71, FUF atas nama Muhammad Husnan, S.Ag. Prodi Ilmu al-Qur`an dan Tafsir IPK 3.68, FTK atas nama Nila Ni`matul Lailiyah, S.Pd. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IPK 3.79, FDK atas nama Aprilia Trisnawati, S.I.Kom. Prodi Ilmu Komunikasi IPK 3.71, FAH atas nama Widatul Luthfiyah, S.Hum. Prodi Sejarah Peradaban Islam IPK 3.68, FEBI atas nama Wahyu Sebrina, S.E. Prodi Ekonomi Syari`ah IPK 3.65, dan FPK atas nama Prilia Oktaviani, S.Psi. Prodi Psikologi IPK 3.66.

Sementara itu, predikat terbaik non akademik kategori Hafal Al Qur’an 30 Juz diraih Husna Atiya dari FTK, Kurnia Maulidiyah dari FSH. Terbaik lainnya antara lain Azza Agustina Rahma dari FTK Kategori Juara II MTQ pada Festival Seni Qurani Nasional di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Juara II Bintang Tilawah Qurani pada Festival Seni Islami Basional di UIN Syahid Jakarta, Valensia Fortunata Ari Ustoyo dari FTK Kategori Juara II dan 25 Kontributor terbaik pada Lomba Menulis Nge-trip Nasional dengan tema Allah Selalu Hadir di Setiap Perjalananku, Abdurrahman Malik dari FPK kategori Juara II Senior DSS Gyerogi Putra Under 63 Taekwondo Championship Rektor UPN Cup III 2018. Masing-masing wisudawan terbaik non akademik mendapatkan uang Pembinaan sebesar Rp. 400.000. (Nur/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data