UNM BERTANDANG KE UINSA

- 27 Nov 2018


UINSA Newsroom, Selasa (27/11/2018); Kunjungan ke kampus UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya yang biasanya didominasi sekolah menengah dalam rangka pengenalan, kini sedikit berbeda dengan hadirnya rombongan dari Universitas Negeri Makassar (UNM). Senin, 26 Nopember 2018, kunjungan yang diarahkan secara khusus pada Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) ini disambut di Gedung Amphiteater Lt. 2 Twin Towers UINSA. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan ragam penampilan dari UINSA dan UNM mulai dari musikalisasi puisi hingga tari-tarian.

Saling berbalas pantun juga mengiringi kegiatan para calon sastrawan dan Budayawan ini. “Ke pasar beli semangka, Semangka punya Pak Marwan. Hai apa kabar semuanya, Selamat datang para tamu undangan,” ujar Dekan FAH, Dr. H. Agus Aditoni, M.Ag. memberi pantun sambutan. Pada kesempatan tersebut Dr. Agus Aditoni juga menyampaikan rasa syukur karena merasa mendapat kehormatan atas kunjungan UNM.

Kunjungan tersebut, menurut Dr. Agus Aditoni juga merupakan salah satu bentuk menyambung silaturahmi. Dimana silaturahmi diyakini dapat menjadi jalan dilancarkan rizki serta panjang umur. “Selamat datang di UINSA. Inilah kampus kami. Ambillah yang indah-indah dan baik-baik untuk dikenang,” tukas Dr. Agus Aditoni.

Sementara itu, mewakili UNM, Dr. Nensilianti, S.Pd., M.Hum., Kaprodi Bahasa dan Sastra menyampaikan, bahwa kedatangan UNM adalah dalam rangka belajar ke Pulau Jawa khususnya UINSA. Mengingat, sejauh ini banyak sekali pakar dan buku-buku literasi yang berasal dan dihadirkan dari Tanah Jawa. “Sehingga daripada kami cuma kenal lewat buku dan literatur, kami pikir, kenapa kami tidak belajar langsung pada pakarnya di Tanah Jawa,” ujar Dr. Nensi.

Dr. Nensi juga menjelaskan dan meminta maaf apabila ada sikap dari dirinya maupun para mahasiswa yang kurang berkenan. Terutama karena adanya perbedaan kultur dan kebiasaan di Jawa dengan Makassar. “Common sense Makassar memang nada bicaranya keras, tegas. Sehingga seringkali kami dijuluki kompor meleduk. Tapi Insyaallah didalam hati kami sejatinya halus,” ungkap Dr. Nensi disambut gemuruh setuju para mahasiswa UNM maupun UINSA.

Disampaikan Dr. Nensi, UINSA menjadi kampus pertama yang dikunjungi dalam rangkaian study tour ke Tanah Jawa. Kampus lain yang juga akan dikunjungi diantaranya UGM, UIN Malang, dan UIN Yogyakarta. Keramahan dan kesantunan sambutan yang diberikan Pihak FAH dan mahasiswa diharapkan Dr Nensi dapat menjadi contoh bagi anak didiknya dalam membangun karakter diri. Diakui Dr. Nensi, bahwa sebagai kampus yang lahir dari IKIP, tentu untuk karakter Ke-Islaman harus belajar banyak dari kampus-kampus Islam.

“Kami berharap bisa mendapatkan langkah-langkah surga di kampus ini. Sehingga karakter anak-anak kami yang transparan dan terbuka bisa menjadi adem. Se-adem sambutan santun para mahasiswa UINSA pada kami. Semoga menginspirasi anak-anak kami untuk bisa mengadopsi, syukur-syukur mengadaptasi apa yang dimiliki UINSA,” harap Dr. Nensi.

Kegiatan kunjungan tersebut pun dilanjutkan dengan pengenalan kampus khususnya Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia UINSA bersama Kaprodi, Dr. Asep Abbas Abdullah, M.Pd dan Sekprodi, Siti Rumilah, S.Pd, M.Pd. Paparan selanjutnya mengenai kegiatan kemahasiswaan yang dalam hal ini diwakili Dewan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Dema FEBI). (Nur-Alf/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data