RAIH JUARA III, PRODI BIOLOGI GUNAKAN FORMULA IDE DAN MENTAL

- 27 Nov 2018


UINSA Newsroom, Selasa (27/11/2018); Tim Program Studi (Prodi) Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel (FST UINSA) Surabaya raih juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional pada ajang kompetisi N-Compase 2018. Tim ini terdiri dari tiga orang mahasiswi Prodi Biologi FST UINSA semester lima.

Mereka adalah Aimmatul Maghfiroh, Ayudya Fitri arifa, dan Chumaidatul Choiriyah. Lomba ini diadakan Himpunan mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.  Terhitung ada 131 tim pendaftar abstrak dari beberapa Universitas di Indonesia, hingga ditentukan menjadi 8 tim yang dapat mengikuti babak terakhir dari perlombaan. Puncak acara berlangsung pada tanggal 24 dan 25 November 2018, yakni technical meeting finalis dan presentasi finalis.

Adapun sub tema yang diangkat Tim LKTI Prodi Biologi UINSA mengenai teknologi, berjudul ‘Deteksi Dini Demam Berdarah Dengue Menggunakan Easy Test Dengue (ETD) sebagai Inovasi Profilaksis’. “Pada karya ini, kita punya gagasan mengenai alat pendeteksi penyakit demam berdarah. Prinsipnya sama dengan alat test pack yang menggunakan antibodi sebagai pengikatnya. Jadi cara penggunaannya nanti menggunakan sampel darah, yang jika seseorang positif menderita DBD, maka stripnya akan berubah warna,” jelas Chumaidatul Choiriyah.

Tim LKTI Prodi Biologi ini memiliki kiat tersendiri dalam perlombaan. Menurut mereka, hal yang terpenting dalam sebuah perlombaan adalah kekuatan mental. “Sebenarnya kalau kita dihadapkan dengan dunia luar, bukan hanya kreatifitas ide yang dibutuhkan, tapi kekuatan mental juga menjadi modal utama kita. Bagaimana kita dapat mempertahankan argumen kita di depan juri, itu adalah poin pencapaian kita,” papar Aimmatul Maghfiroh.

Dalam perlombaan ini Tim Prodi Biologi UINSA tidak sendirian, mereka juga dibina dosen pembimbing. Mulai dari penulisan full paper hingga pada penyiapan materi presentasi. “Setelah kami lolos abstrak, kita mengajukan bimbingan ke dosen. Tapi sebelumnya kita sudah ada progres, jadi nanti dosen tinggal memberi saran,” ucap Ayudya Fitri arifa.

Yuanita R,. M.Sc., selaku dosen pembimbing menjelaskan, strategi presentasi yang digunakan Tim LKTI Prodi Biologi sudah cukup maksimal. “Materi presentasinya cukup atraktif dengan video animasi produk ETD, produk kemasan dan replika ETD. Selain itu, pemaparan integrasi Ke-Islaman sebagai penciri Prodi Biologi UINSA berbeda dengan Prodi Biologi lain juga disajikan dengan sistematis,” tutur Dosen Pengampuh Mata Kuliah Genetika dan Biologi Molekular tersebut.

Sementara itu, Ketua Jurusan Sains FST UINSA, Irul Hidayati, M.Kes mengungkapkan, dengan pencapaian ini turut memberikan apresiasinya pada tim pemenang. “Alhamdulillah, pencapaian prestasi Program Studi Biologi terbilang luar biasa di tahun 2018. Pada semester terakhir sudah empat kali menjuarai LKTI tingkat Nasional. Dua kali juara I, dan dua kali  juara III. Baik dari kompetisi yang diselenggarakan lembaga pemerintah maupun Universitas. Untuk kedepannya, kami selalu akan men-support kegiatan mahasiswa semacam ini,” ujarnya.  (Luk-Tri/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data