MAHASISWA BIDIKMISI UIN MATARAM BELAJAR BISNIS KE UINSA

- 04 Dec 2018

UINSA Newsroom, Senin (03/12/2018); Senin, 3 Desember 2018, Mahasiswa Bidikmisi angkatan 2015 UIN Mataram berkunjung ke UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Kegiatan ini berlangsung pukul 13.30 WIB, bertempat di Ruang Amphitheater Lt. 2 Gedung Twin Towers UINSA.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Mataram, Dr. Nurul Yakin dalam sambutannya menjelaskan, bahwa kunjungan yang dilakukan dalam rangka pembelajaran dan pengembangan bisnis bagi mahasiswa.  “Kami berharap mahasiswa kami banyak belajar mengenai entrepreneur, terutama dalam pengembangan bisnis. Hal ini tentunya sebagai bentuk kesiapan mereka pula untuk hidup bermasyarakat,” papar Dr. Nurul.

Mengawali sesi materi, disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. H. Ma’shum, M.Ag., mengenai pola pembinaan pada kegiatan mahasiswa. “Kegiatan yang dimaksud disini ada dua macam, yakni intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Adapun kegiatan intrakurikuler ditempuh melalui kegiatan perkuliahan. Sementara kegiatan ekstrakurikuler dilakukan melalui pemberdayaan organisasi mahasiswa,” jelas Prof. Ma’shum.

Melengkapi materi, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dra. Wahidah Zein Br. Siregar, MA., Ph.D. dalam paparan menyampaikan kiat-kiat meningkatkan kreatifitas dan inovasi untuk masa depan yang sukses. Untuk membentuk kreatifitas, menurut Wahidah, Ph.D.,  seseorang harus memiliki kualitas atau kekuatan menciptakan. Seseorang juga harus memiliki orisinalitas pemikiran dan imajinatif, serta produktif untuk menghasilkan karya. “Biasanya kita bisa menciptakan sesuatu, jika kita sudah mengetahui sesuatu tersebut, sehingga kita dapat mengembangkannya. Saya yakin bahwa sekarang ini, banyak hal yang sudah kita ketahui. Sehingga ke depannya dapat kita kembangkan untuk menciptakan pengatahuan yang baru,” jelas Dra. Wahidah.

Selanjutnya, mengenai pengembangan entrepreneurship di kalangan mahasiswa disampikan Kepala Pusat Pengembangan Bisnis UINSA, Moch. Zainul Arifin, S.Ag,.M.Pd.I. Moch. Zainul mengatakan, bahwa tujuan berwirausaha adalah untuk menciptakan relasi. Moch. Zainul pun mengutip perkataan Renald Kasali, salah seorang entrepreneur dan motivator, “Tujuan menjadi wirausaha sosial (social entrepreneur) adalah semata-mata bukan untuk menjadi kaya. Kewirausahaan sosial sejatinya adalah cara melatih kepekaan untuk berbagi terhadap sesama,” jelasnya.

Selain itu, Moch. Zainul juga menegaskan, bahwa dalam mengembangkan bisnis, Pusat Pengembangan Bisnis UINSA banyak melibatkan peran mahasiswa didalamnya. “Kami memberikan peluang penuh bagi mahsiswa kami untuk menciptakan ide-ide kreatif mereka untuk mengembangan bisnis. Bahkan pada tahap marketing pun kita serahkan kepada mahsiswa,” jelasnya. Adapun beberapa unit bisnis yang dikelola Pusat Pengembangan Bisnis antara lain, UINSAMart, Persewaan Gedung SportCenter, Fitnes center, dan lain sebagainya. (Luk-Nur/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data