SINERGI DATA, UINSA GELAR EVALUASI DAN PROKER KERJASAMA

- 05 Dec 2018

 

UINSA Newsroom, Rabu (05/12/2018); Memasuki akhir tahun anggaran 2018, UIN Sunan Ampel Surabaya mulai menyiapkan langkah perbaikan guna Program Kerja Tahun 2019. Kegiatan bertajuk, ‘Evaluasi Kerjasama Tahun 2018 dan Penyusunan Program Kerjasama Tahun 2019’ digelar di Hall Lt. 5 Hotel GreenSA Inn Sidoarjo, Selasa, 4 Desember 2018.

Kegiatan yang mengagendakan jaring aspirasi dengan perwakilan pimpinan di masing-masing sektor ini dihadiri langsung Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D. Mendampingi dalam kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dra. Wahidah Zein Br. Siregar, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Prof. H. Abu Azam, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. H. Mashum, M.Ag.

Selain itu, hadir sebagai peserta kegiatan, Perwakilan Dekan, Wakil Dekan III, Kabag Akademik Fakultas, Kabag Kantor Pusat, serta Kepala Pusat UINSA. Tak ketinggalan bertindak sebagai moderator, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama, Drs. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I.

Rektor dalam kesempatan ini menyampaikan, bahwa kendati kegiatan dilakukan di penghujung tahun, tujuan utama kegiatan bukan semata akselerasi pencapaian kinerja tahunan. Akan tetapi dalam konteks evaluasi sekaligus perencanaan kedepan di Bidang Kerjasama. Kerjasama, menurut Prof. Masdar, merupakan elemen vital bagi Perguruan Tinggi. Salah satunya dalam hal peningkatan akreditasi. “Tidak ada lembaga yang berdiri tanpa kerjasama. Sehingga bagaimana mengadministrasikan kerjasama agar terekam dengan baik,” ujar Prof. Masdar mnegawali sambutan.

Tak hanya itu, melalui kegiatan ini diharapkan, setiap kegiatan kerjasama baik yang selama ini berjalan secara formal maupun non formal dapat teridentifikasi dengan baik. Selanjutnya jejaring tersebut dapat ditindaklanjuti secara bertanggung jawab, konsekuen, dan diimplementasikan penuh.

“Saya mengapresiasi kesediaan Bapak/Ibu hadir dalam kegiatan ini. Tentu semua upaya ini demi mengangkat harkat dan martabat UINSA di mata dunia. Kegiatan ini merupakan Forum Evaluasi Dan Pengumpulan Data Kerjasama di masing-masing unit untuk ditinjau ulang. Jika ada kendala, ayo seluruh komponen yang ada saling mengisi, fungsi, dan peran dimainkan dengan baik,” tuka Prof. Masdar menyampaikan beberpa poin utama tujuan kegiatan. Termasuk mengenai pentingnya pemetaan jejaring kerjasama UINSA dengan eksternal.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Mashum sekaligus selaku leading sector Bidang Kerjasama menjelaskan, bahwa sejauh ini belum ada kesatuan komando dalam hal pengdaministrasian kerjasama. Termasuk tidak adanya visi dan misi Bagian Kerjasama yang terkait dengan pelaksanaan tugas serta tujuan, sasaran, dan target yang ditetapkan universitas.

“Tidak terbangunnya komunikasi kelembagaan antar unit menyebabkan terjadi tumpang tindih tugas dan fungsi dalam penanganan kerjasama. Terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM), tidak terpetakannya Sumber Daya Modal yang dimiliki universitas, Keterbatasan anggaran, pengelolaan Data dan Informasi yang masih Manual, hingga kurangnya dukungan kebijakan,” ujar Prof. Mashum membuka forum dengan menjelaskan berbagai kendala internal di Bidang Kerjasama.

Prof. Mashum juga menyampaikan, pentingnya menyepakati kembali kewenangan di Bidang Kerjasama. “Pada kesempatan ini saya ingin bertanya, baiknya kerjasama ini diapakan? Apakah diberikan kebebasan secara otonom di masing-masing unit? Bebas tapi wajib lapor? Atau terpusat di Rektorat dengan pendelegasian teknis ke masing-masing unit?” ujar Prof. Mashum melontarkan pemikiran untuk didiskusikan.

Sesi diskusi berlangsung atraktif. Beberapa usulan dihasilkan melalui kegiatan yang ditutup pada pukul 16.30 WIB tersebut. Diantara beberapa masukan yang dihasilkan yakni, perlunya melakukan pendataan ulang serta Mapping Data Kerjasama di setiap unit; adanya pembagain kewenangan penanganan; kesepakat format pelaporan kerjasama; menyiapkan Peraturan Rektor dan SOP terkait kerjasama; membentuk tim khusus yang menangani kerjasama; serta sinergi dengan Bagian Keuangan terkait pembiayaan. (Nur-Alf/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data