“BKI UINSA Menyapa Masyarakat”: Layanan Konseling saat Car Free Day di Taman Bungkul Surabaya

- 10 Dec 2018

Uinsa Newsroom, Senin (10/12/2018); Tidak sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa hal yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling itu menakutkan. Pandangan tentang konselor jahat, menyeramkan, musuh siswa, sebagai polisi sekolah yang hanya dikhususkan untuk menangani siswa bermasalah atau konselor hanya untuk orang-orang yang“sakit” dan/atau “kurang/tidak normal. Sehingga gambaran menakutkan mengenai bimbingan dan konseling maupun konselor telah menumbuhkan penolakan sebagaian masyarakat untuk berhubungan dengan konselor.

Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman kepada masyarakat bahwa konselor bukanlah orang yang jahat, menyeramkan, musuh ataupun polisi sekolah, tapi konselor adalah sahabat anak, remaja dan keluarga. Layaknya seorang sahabat dia ada untuk menemani, mendampingi di setiap masalah, tempat berbagi dari hati ke hati dan konselor sebagai kawan pengiring, pemberi informasi, pembangun kekuatan, dan pembina perilaku-perilaku positif yang dikehendaki sehingga siapa pun yang berhubungan dengan bimbingan konseling akan memperoleh suasana sejuk dan memberi harapan. Sehingga Tim Laboran BKI UINSA dan para Volunteer yang terdiri dari mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam UINSA semester 3 dan 5 yang didampingi oleh koordinator Lab Dra. Psi. Mierrina, M.Si. Dosen Prodi BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi berupaya mengadakan program Pengenalan Konseling dan Layanan Konseling saat Car Free Day di Taman Bungkul Surabaya.

Program ini, dilaksanakan 1 bulan sekali dan pertama kali telah dilaksanakan pada Hari Minggu, 9 November 2018 mulai pukul 06:15 sampai 10: 15. Dalam pelaksaan program ini, Tim Laboran BKI ,Volunteer beserta Koordinaor lab (Dra. Psi. Mierrina, M.Si.) berkumpul di titik bundaran (badug) taman bungkul . Sebagian Mahasiswa semester 5 dari Team Laboran yang di dampingi oleh Koordinaor lab (Dra. Psi. Mierrina, M.Si.) stand by duduk di dekat x benner yang bertuliskan “Free Counseling (We Serve With Love, We Care With Skill)” untuk menerima konseli yang datang . Sedangkan Tim Laboran dan Volunteer lainnya berkeliling menemui konseli dengan membawa “Secret Letter” yang berisi keterangan nama. No wa, usia, tempat untuk menuliskan beban, masalah, kebingungan yang di rasakan konseli . Dan membagikan “Kartu Nama Rumah Layanan Konseling BKI UINSA” agar masyarakat lebih mudah dalam mengakses konseling online ataupun offline dari Laboratorium BKI UINSA.

Selain memberikan pemahaman mengenai konseling, Tim laboran dan Volunter BKI Uinsa juga melaksanakan konseling baik ditempat konseli bersantai atau dengan membawa konseli datang ke stand. Sebagai tindakan yang berkelanjutan dalam program ini, Secret Letter yang telah terisi juga mendapatkan follow up dengan konseling online atau jika diperlukan tindak lanjut yang lebih, maka bisa juga datang ke Laboratorium BKI FDK UINSA (Lt 1). Hasil dari konselingpun di rekap dalam bentuk form praktik konseling agar rekam konseling tersusun sistematis.

Selama menjalankan program Pengenalan Konseling dan Layanan Konseling saat Car Free Day di Taman Bungkul Surabaya dari pukul 06:15 sampai 10: 15 Koordinator, Tim laboran beserta Volunteer telah melaksanakaan baik konseling individu maupun konseling kelompok, permasalahan yang datangpun beragam mulai dari masalah cinta tidak direstui, perceraian, kuliah salah jurusan, manajemen waktu  kuliah sambil bekerja, Ibu kecanduan permainan hago, trauma untuk membuka hati karena pernah di tinggal nikah bahkan ada juga yang datang untuk sekedar menyapa dan bersua ringan. Dalam kegiatan ini ada beberapa konseli yang memberikan kesan “ Terima kasih ya mbak sudah mau mendengarkan cerita saya, maaf tadi sampek nangis saya lega di tempat seperti ini bisa ada konseling gratis” Jelas salah seorang konseli yang berkonsultasi mengenai kisah cinta yang tidak di restui. “ Saya nggak nyangka mbak bisa ada program konseling gratis seperti ini, saya kira konseling itu kaku ternyata  asyik, membantu sekali semoga kedepannya bisa kesini lagi ya mbak”. Ucap salah satu mahasiswa keperawatan yang menjadi konseli. “Saya merasa lebih lega setelah tadi konsultasi dengan Ibuk, terima kasih “ucap salah seorang Ibu. “Saya kalau denger BK dulu deg-degan takut karena BK yang saya tau itu orangnya galak, tapi sekarang saya justru pengen sering-sering curhat ke mbak-mbaknya yang ramah-ramah” tutur salah satu siswi yang menjadi anggota kelompok dalam konseling kelompok.

Ke depannya gerakan/program ini diharapkan dapat diikuti lebih banyak Mahasiswa lagi.

Konselor adalah sahabat anak, remaja dan keluarga. Layaknya seorang sahabat dia ada untuk menemani, mendampingi di setiap masalah dan tempat berbagi dari hati ke hati.

We Serve With Love, We Care With Skill”

TIM LABORATORIUM-HMP-BKI, FDK- UINSA

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data