MAN PEMALANG JAWA TENGAH PUNGKASI RITME KUNJUNGAN SEKOLAH 2018

- 18 Dec 2018


UINSA Newsroom, Selasa (18/12/2018); Selasa, 18 Desember 2018 MAN Pemalang Jawa Tengah berkunjung ke UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Kunjungan kali ini sekaligus menjadi penutup ritme kunjungan sekolah di tahun 2018. Sebanyak 300 peserta yang terdiri dari siswa dan guru pendamping, memenuhi kursi-kursi Ruang Amphitheater Lt. 2-3 Gedung Twin Towers UINSA.

Mengawali acara, mewakili Kepala Sekolah, Drs. Mudasir Mas’ud, M.Ag selaku Ketua Komite MAN Pemalang dalam sambutan mengucapkan banyak terima kasih kepada UINSA atas penyambutan baik yang telah diberikan. “Maksud kedatangan kami ini tak lain adalah dalam rangka menjalin silaturahmi, kami juga berharap dengan kunjungan kami ini, banyak siswa kami yang diterima untuk melanjutkan studi disini,” papar Drs. Mas’ud.

Memasuki sesi materi, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. H. Saiful Jazil, M.Ag, dalam paparan menyebutkan beberapa beasiswa yang disediakan UINSA. Diantaranya, Beasiswa Tahfidzul Qur’an, Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Prestasi, Beasiswa Supersemar, dan lain sebagainya. “Bagi yang hafal Qur’an 10, 20, dan 30 juz akan mendapatkan beasiswa dari Kementerian Agama. Selain itu, juga ada beasiswa pembebasan biaya UKT dari Rektor, bagi penghafal Al-qur’an minimal 5 juz atau yang minimal bisa membaca kitab kuning,” jelas Dr. Jazil.

Dengan banyaknya macam beasiswa yang telah disediakan UINSA tersebut, Dr. Jazil mengatakan, bahwa biaya  bukanlah menjadi  alasan atau hambatan untuk melanjutkan pendidikan. “Dalam sebuah hadits dijelaskan, bahwa barang siapa yang menempuh perjalanan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah SWT akan memudahkan jalannya menuju surga,” pungkasnya.

Menyambung pemaparan Dr. Jazil, Kepala Bagian Akademik, Drs. Abdullah Rofiq, MM, menyebutkan beberapa jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Di antaranya, jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN, UMPTKIN, dan Mandiri. “Jalur SNMPTN dan SPAN keduanya adalah jalur prestasi, dimana kriteria calon pelamar harus memiliki nilai yang bagus di setiap semesternya, serta memiliki prestasi kejuaran pada bidang tertentu,” jelas Drs. Rofiq.

Selain itu Drs. Rofiq menjelaskan, bahwa sistem pendaftaran SBMPTN pada tahun 2019 berbeda dengan tahun sebelumnya.  “Jika tahun sebelumnya calon pelamar memilih prodi dulu baru mengikuti ujian, maka pada seleksi SBMPTN 2019 mendatang, para peserta diharuskan untuk mengikuti ujian dulu, baru selanjutnya nilainya digunakan untuk melamar di Perguruan Tinggi yang diinginkan,” jelas Drs. Rofiq secara rinci. (Luk-Tri/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data