LPTK UINSA GELAR PPG DALJAB TAHUN 2018

- 19 Dec 2018


UINSA Newsroom, Rabu (19/12/2018); Setelah cukup lama vakum, kegiatan peningkatan kompetensi bagi guru pun kembali digelar. Kali ini, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menjadi salah satu dari 16 Perguruan Tinggi yang diberikan amanah Kementerian Agama RI untuk menggelar kegiatan bertajuk, ‘Refresment Instruktur Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2018.’ Kegiatan digelar di Ruang Pertemuan Melati Hotel Utami Sidoarjo, Rabu, 19 Desember 2018.

Kegiatan ini diselenggarakan UINSA melalui Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK). Dekan FTK, Prof. Dr. H. Ali Mas’ud, M.Ag., M.Pd.I., dalam sambutan menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut terselenggara setelah melalui proses yang panjang. Terutama mengingat Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) UINSA masih B. Dimana sebelumnya hanya Perguruan Tinggi dengan Akreditasi A yang bisa menggelar PPG. “Total ada 668 peserta PPG yang akan menjalani Refresment Instruktur yang akan digelar besok di Hall FTK,” ujar Prof. Ali Mas’ud dalam sambutan pembukaan acara.

Sementara itu, Rektor UINSA, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D., sangat mengapresiasi kegiatan yang telah lama hilang tersebut. Kendati dilakukan secara mendesak dan di penghujung tahun, kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik. Rektor juga menyambut baik kegiatan ini yang secara strategis memberikan masukan bagi UINSA yang mana selanjutnya akan dialokasikan penuh dalam kegiatan PPG.

“Secara sosiologis, kegiatan ini didesain untuk mengumpulkan tulang belulang yang berserakan. Mengingat  even-even Fakultas Tarbiyah yang relatif adem ayem ini sangat padat,” ujar Prof. Masdar dalam sambutan. Selain itu, Prof. Masdar juga menganggap, bahwa kegiatan PPG yang digelar UINSA merupakan bagian dari test case dari Kemenag RI.

“Ini merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan Kemenag. Amanah yang harus ditunaikan,” tegas Prof. Masdar. Karenanya, mewakili jajaran Pimpinan UINSA, Rektor berpesan agar senantiasa melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Selain itu, hadir sekaligus memberikan paparan mengenai PPG, Prof. Dr. H. Suyitno, M.Ag., Direktur Direktorat Guru & Tenaga Kependidikan Madrasah (GTK) Kemenag RI. Juga Dr. Makbul Muksir, S.Pd., M.Si., Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Profesi Guru (P4G) LP3 Universitas Negeri Malang.

Prof. Suyitno mengawali paparan dengan menegaskan, bahwa Konsep PPG dan PLPG (Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru) berbeda. Baik dari segi pola rekruitmen, penyelenggaraan, sistem evaluasi, hingga regulasinya. “Penyamaan persepsi ini perlu kita tegaskan agar tidak terjadi khilafiyah (kesalahpahaman) diantara kita,” ujar Prof. Suyitno.

Disamping upaya me-recovery kualitas tenaga pendidik, kegiatan PPG juga secara simultan akan mengevaluasi Perguruan Tinggi mana yang paling sedikit meluluskan guru. “Bagaimanapun LPTK berkewajiban penuh dalam me-recovery kualitas guru melalui PPG. Karena jika produk guru bagus, nantinya input mahasiswa ke Perguruan tinggi juga bagus,” tukas Prof. Suyitno.

Sedangkan Dr. Makbul dalam penyampaian, banyak menjelaskan tentang teknis penyusunan modul pembelajaran di LP3 Universitas Negeri Malang. Dr. Makbul menjelaskan, bahwa penting melakukan bedah SKL (Standar Kompetensi Lulusan). “Para peserta perlu dibekali dengan soal-soal. Selain juga pendalaman materi membahas soal-soal yang diturunkan dari kisi-kisi,” terang Dr. Makbul.

Kegiatan paparan pun dipungkasi menjelang pukul 12.00 WIB untuk kemudian dilanjutkan dengan agenda orientasi pada Kamis, 20 Desember 2018. Bertempat di Hall FTK Lt. 4 pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini sedianya diikuti sekitar 688 peserta dari seluruh Indonesia. (Nur-Chy/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data