KUNJUNGAN DESA WISATA PUNGKASI KULIAH SEMESTER GANJIL PRODI ILMU EKONOMI

- 28 Dec 2018

UINSA Newsroom, Jumat (28/12/2018); Desa sekapuk dan Desa Gosari di Kecamatan Ujung Pangkah-Gresik mendapatkan kunjungan dari Mahasiswa Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Ampel Surabaya, Kamis, 27 Desember 2018. Kunjungan ini dalam rangka penutupan mata kuliah di akhir semester ganjil tahun 2018.

Desa Sekapuk menjadi salah satu contoh desa yang mengalami perkembangan sangat cepat. Dalam kurun waktu satu tahun, desa ini berubah menjadi  desa yang maju setelah sebelumnya selalu mendapat predikat desa tertinggal di Kabupaten Gresik. Di Desa Sekapuk dan Desa Gosari para mahasiswa dan dosen mengunjungi perbukitan kapur lahan bekas tambang galian yang sekarang dikelola pemerintah desa setempat.

Abdul Halim, Kepala Desa Sekapuk mengatakan, Desa Sekapuk adalah desa pembangun peradaban. Diakui atau tidak, segala bangunan terdahulu menggunakan batu kapur di bukit Desa Sekapuk. Keunggulan inilah yang mampu dioptimalkan pemerintah setempat untuk meningkatkan potensi desa.

"Dahulu Desa Sekapuk hanya memiliki PADes sebesar tujuh juta perbulan. Sekarang dengan adanya pengembangan yang terus dilakukan melalui swalayan desa, sektor wisata, dan Bumdes, PADes Sekapuk mencapai 290 juta perbulan. Aktivitas penambangan batu kapur yang telah mampu dikelola sendiri oleh Bumdes Sekapuk meningkatkan PADes Sekapuk," ujarnya.

Sementara itu, kunjungan berikutnya adalah Desa Gosari. Tak jauh berbeda dengan Desa Sekapuk, Desa Gosari juga masih dalam proses pembangunan oleh pemerintah desa setempat. Tak hanya bukit kapur, di dalamnya terdapat berbagai spot foto alam yang cocok untuk kaum millenial bersosial media. Dengan pemanfaatan sumber daya alam yang ada tersebut pun memunculkan peluang usaha bagi masyarakat desa sekitar untuk berbisnis.

Mengingat kedua desa tersebut masih dalam proses pembangunan, kedepannya Desa Sekapuk dan Desa Gosari memiliki potensi untuk menjadi desa yang paling maju di Kabupaten Gresik. Achmad Room Fitrianto, dosen pengampu matakuliah Ekonomi Publik FEBI UIN Sunan Ampel mengatakan, Desa Sekapuk dan Desa Gosari menjadi pilihan dikarenakan kedua desa ini memiliki beberapa terobosan dalam proses pembangunan desa.

"Dua desa ini dipilih untuk dikunjungi karena memiliki terobosan yang bagus dalam memanfaatkan lahan galian bekas pertambangan sebagai lokasi wisata yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS)," kata dosen yang sekaligus Kaprodi Ekonomi Syariah ini.

Achmad Room Fitrianto juga menghimbau agar mahasiswa lebih mendalami ekonomi tidak hanya di bangku perkuliahan. "Mahasiswa sekarang saya arahkan untuk lebih memahami ekonomi lokal, dengan para pelaku ekonomi lokal karena mereka yang langsung berhadapan dengan masyarakat," terangnya. Acara kunjungan yang dilaksanakan selama sehari ini diikuti 60 Mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi semester V dengan tujuh dosen pembimbing. (Zaa-Roy)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data