FISIP UINSA GELAR PELATIHAN PENYUSUNAN JADWAL PERKULIAHAN BERBASIS APLIKASI FET

- 07 Jan 2019


UINSA Newsroom, Senin (07/01/2019); Senin, 7 Januari 2019, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengadakan pelatihan penyusunan jadwal perkuliahan berbasis aplikasi FET. Agenda ini berangkat dari persoalan penyusunan jadwal perkuliahan yang menjadi momok tersendiri bagi tim manajemen FISIP UINSA di hampir setiap pergantian semester.

Narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan ini adalah pakar IT sekaligus Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UINSA, M. Aris Fanani, M.Kom. Pelatihan ini juga dihadiri Dekan FISIP UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad.Dip.SEA, M.Phil, Ph.D beserta jajaran tim manajemen fakultas.

Di awal berlangsungnya pelatihan, Prof. Muzakki mengungkapkan betapa rumitnya penyusunan jadwal perkuliahan di FISIP UINSA dalam beberapa semester terakhir. Pasalnya, berdasarkan pengalaman di beberapa semester sebelumnya, adanya crash jadwal perkuliahan seringkali terjadi. Mengingat susahnya menyesuaikan jadwal antara dosen dan mahasiswa, serta ketersediaan ruang kelas.

Karenanya, dengan bantuan aplikasi FET, penyusunan jadwal perkuliahan dapat diselesaikan hanya dalam hitungan menit. Aris menyampaikan, hal yang perlu dipersiapkan dalam menunjang penggunaan Aplikasi FET adalah sejumlah file dalam format CSV yang meliputi data tentang dosen, mahasiswa, mata kuliah, ruangan, dan aktivitas. “Ketika semua file tersebut kemudian diimpor ke dalam aplikasi FET, maka secara otomatis jadwal perkuliahan akan tersusun dengan sendirinya. Tidak hanya itu, aplikasi FET juga bisa mengakomodasi jadwal tertentu yang dikehendaki, sehingga para dosen pun bisa dengan leluasa mengatur jadwal mengajarnya,” ujar Aris.

Bagi Tim Manajemen FISIP UINSA, persoalan dalam menyusun jadwal perkuliahan justru menjadi tantangan tersendiri untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Oleh karena itu, penyusunan jadwal perkuliahan berbasis aplikasi FET ini menjadi jawaban persoalan tersebut. “Terselenggaranya pelatihan ini sekaligus menunjukkan bahwa FISIP UINSA mengadopsi kemajuan teknologi sebagai upayanya dalam menyongsong revolusi industri 4.0.,” tegas Aris mengapresiasi. (Riris/FISIP)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data