UINSA TERIMA KUNJUNGAN MA MAARIF NU SIDOMUKTI GRESIK

- 09 Jan 2019

UINSA Newsroom, Kamis (09/01/2019); Mengawali ritme kunjungan di awal tahun, MA Maarif NU Sidomukti Gresik menggelar kunjungan silaturahim ke UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Rabu, 09 Januari 2019. Bertempat di Gedung Amphiteather Lt. 2-3 UINSA, rombongan berjumlah 70 orang ini disambut langsung Kepala Biro Administrasi Akademik, Kelembagaan dan Kerjasama, Drs. H. Syamsul Bahri, M.Pd.

Mendampingi sekaligus menyampaikan pemaparan, Drs. Abdullah Rofiq Mas'ud, MM., Kepala Bagian Akademik dan Hj. Yuliati Bararah, S.Ag., Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni. Hadir pula dalam kegiatan ini, Kepala Bagian Kerjasama Kelembagaan dan Humas, Emy Tyartiani, SE, MM., dan Kasubbag Humas dan Informasi, Dra. Alful Laila,MM.

Khusnul Faizin, M.A., Kepala Sekolah MA Maarif NU Sidomukti dalam sambutan menyampaikan, bahwa tujuan digelarnya kunjungan ke UINSA tak lain adalah guna silaturahmi sekaligus ngangsu kaweruh terkait penerimaan mahasiswa baru. Mengingat telah banyak alumni MA Maarif NU Sidomukti yang masuk ke UINSA pada tahun sebelumnya. “Nah, adik-adiknya ini nyusul ingin lebih mantab lagi kuliah dan supaya bisa mengenal UINSA dengan lebih dekat,” ujar Khusnul Faizin, M.A.

Sementara itu, Kabiro AAKK dalam pemaparan selayang pandang UINSA mewakili Rektor menyampaikan, bahwa UINSA terus berbenah dari berbagai aspek, khususnya insfrastruktur. Pembangunan kampus dua misalnya, telah memasuki proses pengurukan dan segera akan berlanjut pada pembangunan gedung. “Dimulai dengan fisik yang bagus, Insyaallah isi didalamnya juga bagus,” ujar Drs. Syamsul.

Diceritakan pula, bahwa UINSA memiliki sejarah besar sebagai kampus tua di Jawa Timur. Bahkan, ketika masih berstatus IAIN, UINSA memiliki cabang di Jember, Tulungagung, Ponorogo, hingga Kalimantan dan NTB. “Seiring dengan otonomi pendidikan, masing-masing cabang sekarang berdiri sendiri sebagai STAIN, IAIN, maupun UIN,” tegas Drs. Syamsul.

Lebih detail terkait gambaran proses pendidikan di UINSA, Drs. Rofiq menjelaskan tentang berbagai fakultas dan program studi (Prodi) di UINSA. Tak ketinggalan, berbagai fasilitas insfrastruktur dan akademik yang ada. “Secara garis besar kita memiliki 3 jalur masuk. Untuk Prodi Umum melalui SNMPTN dan SBMPTN. Untuk Prodi Keagamaan melalui SPANPTKIN dan UMPTKIN. Terakhir ada Jalur Mandiri yang menawarkan seluruh prodi, baik umum maupun keagamaan, tapi kuotanya sedikit,” terang Drs. Rofiq.

Disampaikan pula dalam kesempatan ini, tentang Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diberlakukan bagi mahasiswa. Hj. Yuliati tak lupa juga menyampaikan berbagai prestasi mahasiswa baik di tingkat nasional maupun internasional. Penjelasan terkait beasiswa juga menjadi salah satu materi paparan yang cukup menarik. “Kita punya banyak tawaran beasiswa. Ada Bidikmisi, Tahfidz, Bibit Unggul, dan lain-lain,” ujar Hj. Yuliati.

Usai paparan, dilanjutkan dengan tanya jawab bersama siswa dan dewan guru. Khususnya terkait teknis penerimaan mahasiwa yang saat ini memasuki masa pengisian PDSS (Pusat Pangkalan Data Siswa dan Sekolah). Acara kemudian ditutup dengan pemberian cindera mata serta foto bersama. (Nur-Tri/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data