UINSA LAUNCHING BUKU FIQIH LALU-LINTAS DI PESTA CARI AMAN #2

- 10 Jan 2019

UINSA Newsroom, Kamis (10/01/2019); Generasi Muda Semakin Responsif Berkendara menjadi semangat yang diusung UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dalam kegiatan yang digelar dengan menggandeng Yayasan Astra Honda Motor. Kerjasama kegiatan yang memasuki tahun kedua bertajuk, ‘Pesta Cari Aman #2’ ini digelar Kamis, 10 Januari 2019, pukul 09.00-13.00 WIB di Gedung Amphiteater Lt. 2-3 Twin Towers UINSA.

Pesta Cari Aman #2 yang digawangi kepanitiaan gabungan antara civitas akademika UINSA dan Yayasan AHM ini melibatkan sekitar 250-300 peserta. Terdiri dari civitas akademika UINSA, masyarakat umum, semua peserta kompetisi vlog bertema keselamatan berkendara, dinas-dinas terkait, para champion dan public figure, praktisi keselamatan berlalu-lintas dan pengamat, penulis dan Reviewer Buku Saku Fiqih Lalu Lintas, hingga jurnalis. Kegiatan ini diisi dengan seremonial pembukaan, talk-show, pemberian hadiah, Launching Buku, serta hiburan.

Muchammad Helmi Umam, S.Ag, M.Hum., selaku Ketua Pelaksana Kegiatan menjelaskan, perilaku berkendara seseorang menentukan karakternya dalam berlalu-lintas. Sedangkan karakter berlalu-lintas sendiri, menjadi cermin budaya bangsa. “Pesta Cari Aman #2 merupakan kegiatan memupuk semangat terus-menerus untuk menguatkan kesadaran Bangsa Indonesia agar semakin responsif berkendara,” ujar Dosen Fakultas Ushuludin dan Filsafat (FUF) tersebut.

Sebagai upaya meluaskan kampanye beradab dalam berkendara, berbagai kegiatan digelar seperti lomba foto, lomba suporter, hingga peluncuran Buku Saku Fiqih Lalu-Lintas. Lebih lanjut mengenai Peluncuran Buku Saku Fiqih Lalu-Lintas, Helmi menjelaskan, bahwa buku tersebut mengajak menyadari pentingnya aturan. “Aturan faktanya sudah ada, aturan harus ditaati, dan jika ditaati atau tidak ditaati, ada konsekuensi masing-masingnya,” tegas Helmi.

Helmi juga menyampaikan, Buku Fiqih Lalu Lintas menggambarkan bahwa safety riding bukan masalah keduniaan semata. Ataupun sekedar skill berkendara dan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas, melainkan ada perintah agama di sana. Dalam kesempatan berbeda, Rektor UINSA, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA, Ph.D. menyampaikan, terbitnya Buku Fiqih Lalu Lintas merupakan salah satu ikhtiar UINSA untuk semakin peduli dengan berbagai dimensi kemasyarakatan pada umumnya. ”Melalui buku kecil ini, kami berharap bahwa kesadaran berkendara secara baik juga memiliki nilai ibadah,” ujar Rektor.

Sebagaimana juga disampaikan, Wakil Ketua Yayasan AHM, Ahmad Muhibbuddin, bahwa penyampaian pesan keselamatan berkendara melalui telaah akademis menggunakan perspektif nilai-nilai relegius baru pertama kali dilakukan. “Terobosan ini diharapkan dapat menjadi modal baru bagi para penggiat safety riding untuk terus mengingatkan para pengguna jalan akan pentingnya berkendara aman dan berkontriusi menciptakan kenyaman di jalan,” ujar Ahmad Muhibbuddin.

“Melalui kegiatan ini kami juga ingin menegaskan, bahwa Pesta Cari Aman #1 sebelumnya bukan sekedar kampanye. Tapi kami serius untuk menguatkan kesadaran masyarakat terutama Pengendara Muslim agar dapat menjadi contoh berkendara yang baik, aman, dan nyaman demi martabat bangsa,” tukas Helmi, Dosen yang sekaligus menjabat Kajur Pemikiran Islam FUF tersebut menutup statemen. (Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data