KE UINSA, DODIT MULYANTO BERBAGI TIPS #CARIAMAN BERKENDARA

- 11 Jan 2019

UINSA Newsroom, Jumat (11/01/2019); Dibuka tepat pukul 09.00 WIB, kegiatan ‘Pesta Cari Aman #2’ berlangsung meriah dengan kehadiran guest star Dodit Mulyanto. Komedian asal Blitar Jawa Timur ini sengaja diundang untuk berbagi pengalaman selaku pengguna jalan mewakili kaum millennial dalam acara yang digelar berkat kerjasama UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya bersama Astra Honda Motor. ‘Pesta Cari Aman #2’ digelar Kamis, 10 Januari 2019, di Gedung Amphiteater Lt. 2-3 Twin Towers UINSA.

Diiringi joke-joke ringan khas Dodit, komedian yang mulai dikenal luas setelah mengikuti kompetisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) di Kompas TV ini menyampaikan tips dan trik dalam berkendara. Seperti halnya tidak merokok di jalan, membuang sampah atau meludah sembarangan, bertengkar, menerima telepon, mendengarkan musik terlalu kencang, juga bermain game.

“Kita itu sering sok tahu tapi sebenarnya tidak tahu. Contoh: seenaknya memotong jalan. Di jalan itu, jangan mencari pembenaran tapi cari keselamatan. Tertib lalu lintas itu penting,” ujar Dodit mencontohkan kebiasaan pengguna jalan yang mengabaikan rambu lalu lintas. Terutama di waktu-waktu tertentu yang dianggap sepi kendaraan.

Selain Dodit, hadir sebagai narasumber dalam sesi talk show, Penulis Buku Fiqih Lalu Lintas, Dr. H. Muhammad Lathoif Ghozali, Lc., MA., Wakil Ketua Yayasan AHM, Ahmad Muhibbuddin, dan Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Jatim, AKBP Eko Hengky Prayitno. Rektor UINSA, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D., dalam sambutan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut. Hadirnya buku Fiqih Lalu Lintas misalnya, menjadi upaya UINSA mengisi ruang kosong akademis.

“Jangan lihat kecilnya, tapi manfaatnya. Buku ini memang sudah selayaknya lahir dari UINSA, dan Anda adalah orang yang tepat untuk menerapkan dan mengkampanyekan berkendara yang baik. Karena Berkendara itu tidak hanya urusan duniawi semata tapi juga berkaitan dengan sesuatu yang sakral,” ujar Prof. Masdar.

Rektor juga menegaskan bahwa dalam seruan berkendara yang baik, terdapat aspek hakiki Ke-Tuhanan, Hifdzun Nafs (Keselamatan diri). Bukan saja diri sendiri, tapi juga orang lain. “Buku ini mencoba untuk menjembatani sesuatu yang normatif dengan yang empiris. Sehingga bagaimana kita dapat menjadi pelopor utama dalam kampanye berkendara yang baik dan benar,” tegas Prof. Masdar.

Semangat tersebut sejalan dengan komitmen Yayasan AHM dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara. Ahmad Muhibbuddin menjelaskan, bahwa berkendara bukan saja tentang selamat di jalan, tapi juga bagaimana seseorang memiliki skill safety riding. “Sesuatu yang millenial tetap harus memperhatikan keselamatan. Pengendara millenial itu, naik motor tapi tetap ganteng,” ujar Ahmad Muhibbuddin disambut tepuk tangan peserta yang hadir.

Sementara itu, kaitannya dengan peluncuran Buku Fiqih Lalu Lintas, Dr. Lathoif menyampaikan, bahwa buku tersebut lahir sebagai hasil diskusi civitas akademika UINSA tentang pentingnya panduan berkendara dalam Islam. “Selama ini orang berkendara hanya sebatas rutinitas. Tapi melalui buku ini dijelaskan, bahwa berkendara dengan niatan yang baik dan didasari nilai-nilai keagamaan akan bernilai pahala,” tegas Dr. Lathoif

Pada kesempatan ini, juga diumumkan para peraih juara kompetisi vlog. Antara lain Vlog Competition Kategori Umum, Juara 1 Mohamad Gigih Prayogo Adjie; Juara 2 Edwina Attahiya Soebagyo; Juara 3 Linda Amalia. Selanjutnya Vlog Competition Kategori SMA, Juara 1 Devita Riana Maghfiroh, SMAN 2 Bondowoso; Juara 2 M. Ikhsanudin, SMAN 3 Sidoarjo; Juara 3 Irsyadul Ibad, SMAN 3 Jombang. Masing-masing kategori juga memberikan hadiah bagi Video Favorit yang diraih Mohamad Gigih Prayogo Adjie (Umum) dan M. Ikhsanudin (SMA). Termasuk juga beberapa hadiah hiburan bagi akun twiter terbaik yang memposting foto terkait kegiatan ‘Pesta Cari Aman #2.’ Total hadiah yang diraih peserta adalah Juara 1 5juta rupiah, Juara 2 4juta rupiah, Juara 3 3juta rupiah, dan Juara Favorit 1,5juta rupiah. (Nur-Chy/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data