UINSA LEPAS 1573 MAHASISWA KKN INTEGRATIF GELOMBANG I TAHUN 2019

- 14 Jan 2019

UINSA Newsroom, Senin (14/01/2019); Pertengahan pertama Bulan Januari 2019, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya memberangkatkan sebanyak 1573 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Integratif Gelombag I Tahun 2019 ke dua kabupaten, Madiun dan Bojonegoro. 40 orang dari jumlah tersebut merupakan Mahasiswa UIN Banjarmasin yang ikut serta dalam program KKN UINSA. Prosesi pelepasan Mahasiswa KKN digelar Senin, 14 Januari 2019 di Halaman Gedung Twin Towers UINSA Pukul 07.00 WIB.

Dalam program KKN kali ini, terdapat tiga pendekatan KKN yang digunakan. Yakni PAR (Participatory action research), ABCD (Asset Based Community Development), dan CBR (Community-Based Research). Total peserta KKN dari UINSA terbagi antara lain 48 Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), 76 Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), 564 Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), 121 Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF), 492 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), 106 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), 50 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 71 Fakultas Sains dan Teknologi (FST), dan 5 Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK).

“Total Peserta KKN 1573 orang. 613 Laki-laki, 960 Perempuan. Semuanya tersebar di 10 Kecamatan dengan 88 Desa,” ujar Elok Maria Ulfah, M.PSDM., salah satu staf Lembaga Penelitan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UINSA. Elok juga menjelaskan, bahwa Mahasiswa KKN ditempatkan di empat kecamatan di Kabupaten Madiun, yaitu Kecamatan Jiwan, Balerejo, Gemarang, dan Saradan. Sedangkan di Bojonegoro, terdapat enam kecamatan yakni Kecamatan Gondang, Kepuhbaru, Ngasem, Sekar, Bubulan, dan Temayang.

“Masing-masing kelompok terdiri dari 17-18 Mahasiswa. Dimana dua diantaranya merupakan mahasiswa UIN Banjarmasin yang menjalin kerjasama di bidang pendidikan dengan UINSA,” terang Elok menambahkan.

Selain itu, Prof. Dr. H. Sahid HM, M.Ag., M.H., Ketua LP2M UINSA dalam sambutan menjelang pelepasan Mahasiswa KKN menyampaikan pesan, agar mahasiswa senantiasa berkoordinasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sehingga kegiatan dapat berjalan lancar. Tak lupa, pesan agar senantiasa memakai almamater dalam kegiatan untuk menunjukkan identitas. “Laporan KKN harus dilaporkan oleh masing-masing orang sehingga kita bisa mengetahui setiap permasalahan yang dihadapi di lokasi KKN,” ujar Prof. Sahid mengingatkan.

Tak lupa, sambutan dari Rektor UINSA, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D., yang menyampaikan harapan agar Kegiatan KKN senantiasa diberikan kelancaran dan kesuksesan. Tiga metode yang dipakai dalam KKN, menurut Rektor menjadi keistimewaan program KKN UINSA. Dengan adanya metode tersebut, Rektor menegaskan, mahasiswa harus menjadi agen pemberdayaan masyarakat. “Bukan merubah, tapi bagaimana membawa potensi yang ada di masyarakat ke arah yang lebih baik,” tegas Prof. Masdar.

Dua pesan utama yang disampaikan rektor kepada Mahasiswa KKN antara lain, agar menjaga kesehatan dan nama baik diri sendiri serta almamater. Kesehatan, menurut Rektor, menjadi modal utama agar bisa melaksanakan Kegiatan KKN dengan sepenuh hati, antusias, dan total. “Masing-masing harus saling menjaga satu sama lain. Serta ingat, untuk senantiasa menjaga nama baik diri dan almamater. Tunjukkan bahwa Mahasiswa UINSA memiliki karakter yang berbeda, lebih unggul dari mahasiswa lain,” ujar Prof. Masdar.

Memungkasi sambutan, Rektor juga mengingatkan kembali tentang Tagline UINSA; Building Character Qualities: for the Smart, Pious, Honorable Nation.Smart, cerdas. Mahasiswa UINSA harus cerdas. Cerdas cara berpikirnya, komunikasinya. Pious, saleh. Saleh dalam keagamaan, pribadi, maupun akhlak. Serta Honorable,  bermartabat. Bermartabat instansinya, bermartabat mahasiswanya,” tukas Prof. Masdar. (Nur-Alf/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data